-->

Cara Mudah Merawat Ikan Arwana Dalam Akuarium

Ikan Arwana
Ikan Arwana Golden varietas cross back
Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias dari spesies ikan air tawar yang mudah untuk budidaya dan memiliki harga jual yang cukup tinggi, sehingga banyak digemari oleh pecinta ikan hias. Keindahan warna, bentuk tubuh dan gerak-gerik ikan ini menjadi daya tarik tersendiri.

Dikutip dari Field Guide to the Freshwater Fishes of Australia (2002) karya G.R. Allen dan kawan-kawan, arwana merupakan ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae yang sudah ada sejak zaman Cretaceous (zaman Kapur), periode terakhir dari era Mesozoikum (252-65 juta tahun lalu). Jadi, ikan arwana dapat dikategorikan sebagai ikan purba.

Populasi dan persebaran ikan arwana terdapat di berbagai seluruh belahan dunia, dari Amerika Selatan, dari Amerika Selatan, Afrika, Asia, bahkan Australia. Ikan arwana yang banyak terdapat di Indonesia termasuk dalam kategori arwana Asia yang punya ciri-ciri tersendiri.

Ciri khas ikan arwana Asia antara lain bentuk badannya yang panjang, letak sirip dubur yang jauh di belakang badan, dan umumnya berwarna perak. Ikan arwana Asia, sering dikaitkan dengan kisah mitologi naga dalam tradisi masyarakat Tionghoa sehingga sering disebut pula sebagai “ikan naga”.

Cara merawat ikan arwana di dalam akuarium merupakan salah satu syarat yang harus diketahui oleh para pecinta ikan hias purba ini, dan tentunya butuh perawatan khusus untuk ikan ini agar ikan tetap sehat dan tetap lincah juga enak dipandang. Untuk merawat dan budidaya salah satu ikan air tawar ini termasuk mudah tidak butuh perawatan yang rumit.

Selain itu perawatan ikan arwana sangat mudah sehingga siapapun yang gemar memelihara ikan hias tentu bisa melakukan ternak ikan arwana dengan mudah.

Jenis-jenis Ikan Arwana

Ikan Arwana memang dapat diperjual belikan, namun ada beberapa jenis arwana yang memang sudah langka dan dilindungi akibat dari perburuan dan faktor lainnya. Dikutip dari website resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan Sebelum lebih lanjut mengetahui cara memelihara dan merawat ikan arwana, kita akan mengenal dan mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis ikan arwana agar kemudian bisa menyesuaikan dengan akuariumnya. Diantaranya ikan arwana yang terkenal adalah:

1. Arwana Super Red

Ikan ini berasal dari berbagai tempat di Provinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Super Red. Ikan ini memiliki latar sisik yang hitam mengkilat, namun kemudian samar-samar kemerahan.

Ciri-ciri umumnya adalah warna merah pada sirip, bibir, serta sungut, saat masih muda. Menjelang dewasa, warna merah juga akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya sehingga badan ikan akan terlihat mencolok namun indah.

Ikan Arwana Super Red

2. Arwana Golden Cross Back

Ikan Arwana Golden varietas cross back merupakan bagian dari varietas arwana Golden. Varietas ini dijumpai di berbagai tempat di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor. Ikan ini berlatar asli hitam dan memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya. Varietas ini harganya relatif lebih mahal bahkan paling tinggi dibandingkan lainnya karena termasuk jarang ditemui.

3. Arwana Red Tail Golden

Ikan arwana ini merupakan verietas dari arwana Golden dan sering disebut sebagai Arwana Golden Indonesia (Indonesian Golden Arwana). Varietas ini dijumpai di daerah Mahato, Riau. Berbeda dengan Cross Back Golden (CBG), warna emas pada verietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung namun hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut)

Ciri khas ikan Arwana Red Tail Golden adalah paduan warnanya yang terdiri dari hijau, biru, dan kuning keemasan, serta sedikit warna merah. Harga ikan jenis ini paling murah adalah Rp 2 juta, namun bisa lebih mahal tergantung ukuran dan perpaduan warnanya.

Arwana Red Tail Golden

4. Arwana Bandjar Red

Jenis ikan Arwana Banjar berhabitat di wilayah Kalimantan Selatan, terutama di Banjarmasin. Ikan ini memiliki kesan warna merah namun tidak setegas Arwana Super Red. Ciri yang paling menonjol dari ikan Arwana Banjar adalah siripnya yang berwarna oranye dan ekor kekuningan.

Arwana Bandjar Red

Cara Mudah Merawat Ikan Arwana

Pemilihan Akuarium

Pemilihan aquarium untuk ikan arwana hal yang penting ketika akan memeliharanya, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa dalam pemeliharaan media harus disesuaikan dengan jenis ikan yang akan dipelihara, dari latar akuarium, jenis dan bentuk akuarium, perpaduan warna dan juga lampu penerangan akuarium. 

Hal yang paling penting lainnya adalah ukuran arwana, pertimbangan pertumbuhan ikan juga harus diperhatikan, jangan memilih akuarium yang ukurannya terlalu kecil dan sempit, sementara kemungkinan pertumbuhan ikan akan sangat cepat, hal ini akan menyebabkan ikan susah gerak dan sulit bergerak, dan keindahan arwana akan terbatas. 

Selain itu, perangkat atau alat-alat pelengkap akuarium harus disediakan, diantaranya adalah :
  • Aerator
  • Lampu
  • Filter
  • Saringan
  • Thermometer
  • Alat pengukur ph
  • Alat pembersih akuarium bisa dibuat sendiri
  • Hiasan Akuarium
  • Kerikil atau batu apung dan karang hiasan

Pemberian Makan Pada Ikan Arwana

Jenis-jenis makanan yang baik untuk ikan arwana diantaranya adalah :
  • Aneka ikan hidup; bisa menggunakan ikan mas kecil, guppy, molly dan ikan kecil lainnya, namun yang harus diperhatikan adalah berikan ikan hidup dan ikan terbebas dari penyakit dan virus, biarkan ikan arwana memangsa ikan itu didalam akuarium.
  • Jangkrik, jangkrik bisa menjadi santapan yang baik untuk arwana
  • Pemberian makanan pada arwana bisa dilakukan 3-4 kali dalam sehari, lakukan variasi makanan, selain ikan hidup dan jangkrik arwana juga bisa diberi makan dengan kelabang dan kadal kecil, kecoa juga udang.

Kualitas Air

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kualitas air, penggantian air harus diperhatikan dan dijadwal, mengukur ph air juga harus dilakukan jangan sampai air terlalu masam, akibat lamanya penggantian air, dan kualitas air kotor karena bekas makanan dan kotoran ikan arwana. Sebaiknya, sebelum melakukan penggantian air, air baru diendapkan terlebih dahulu.

Demikian cara mudah ternak ikan arwana, dan ikan ini adalah termasuk ikan dengan harga mahal, harga ikan arwana sangat mahal, sehingga ini juga menjadi peluang untuk membudidaya ikan arwana.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Merawat Ikan Arwana Dalam Akuarium"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel