-->

Tips Memulai Memelihara Ikan Hias di Akuarium Bagi Pemula

Daftar Isi [Tampil]
Jika anda baru akan memulai memelihara ikan hias di akuarium khususnya air tawar sebagai penghias rumah, kantor atau di kosan anda pada artikel kali ini akan memberikan informasi lengkap apa saja yang perlu di persiapkan dalam proses memulai memelihara ikan hias di akuarium.

Akuarium Air Tawar

Menentukan Bahan Akuarium dan Ukuranya

Aquarium sebesar apa yang anda butuhkan untuk ikan hias air tawar?
Ya, ukuran dari aquarium sangat menentukan jenis ikan dan konsep dari aquarium anda nantinya. Mulai berpikir dibagian ruang mana anda akan menyimpan aquarium ikan hias air tawar untuk anda nikmati nantinya.
 
Bentuk, bahan dan merk dari aquarium sangat menentukan harga yang juga akan berhubungan langsung dengan budget anda. Akan sangat bijak ketika anda telah menentukan besaran anggara yang akan anda keluarkan untuk sebuah aquarium ikan hias air tawa.

Pemilihan Jenis Aquarium

Berikut beberapa pilihan aquarium yang biasa tersedia di toko ikan hias air tawar :
 

1. Akuarium Kaca

Aquarium jenis ini bisa dapat anda dapatkan di toko ikan hias air tawar di kota anda atau anda dapat memesan langsung pada toko kaca terdekat agar ukurannya dapat disesuaikan dengan yang anda mau. Harga bervariasi mulai dari Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 250.000
Akuarium Kaca

2. Akuarium Akrilik

Aquarium berbahan akrilik biasa dipilih karena bobot dari aquarium tersebut ringan sehingga dapat memudahkan ketika membersihkan dan aquarium berbahan kaca ber-merk biasa dipilih karena lebih cenderung kepada unsur estetika, saya pikir estetika memang harus menjadi alasan utama karena itu alasan anda ingin memelihara ikan hias air tawar di tempat anda. Harga aquarium ini bervariasi mulai dari Rp. 85.000 untuk berbahan akrilik dengan merk GEX sampai dengan Rp. 2.000.000 untuk merk Nisso.

Beberapa merk aquarium yang baisa terdapat di toko ikan hias air tawar terdekat :
  1. Nisso
  2. Gex
  3. BOYU (ace hardware)
 
Akuarium Akrilik


Akuarium Akrilik Merk Gex

Berapa ukuran yang ideal untuk sebuah aquarium?

Pertanyaan yang mendasar dan harus dimulai dari di bagian ruang mana anda akan menyimpan aquarium ikan hias air tawar. Ukuran aquarium yang ideal disesuaikan dengan jumlah ikan hias air tawar yang akan anda pelihara di dalam aquarium tersebut.
  1. Ikan berukuran < 5 cm membutuhkan air sebanyak 5 Liter air / ekor
  2. Ikan berukuran < 8 cm membutuhkan air sebanyak 7 Liter air / ekor
  3. Ikan berukuran < 15 cm membutuhkan air sebanyak 8 Liter air / ekor
  4. Ikan berukuran > 15 cm membutuhkan air sebanyak 25 Liter air / ekor
  5. Bagaimana cara menghitung kapasitas aquarium?
Anda dapat menentukan ukuran aquarium anda dengan menentukan kapasitas air yang akan anda gunakan atau dengan menghitung kapasitas air di aquarium yang telah anda beli.
 

Memilih dan Menentukan Filter Akuarium

Ada beberapa jenis filtrasi yang dapat digunakan untuk memelihara ikan hias air tawar di aquarium dan jenis filtrasi disesuaikan dengan kapasitas dari aquarium juga anggaran yang anda sediakan, semakin besar aquarium anda akan membutuhkan sistem filtrasi yang semakin canggih dan otomatis mahal harganya.

1. Hang On Back FIlter

Filter jenis ini biasanya diletakkan dengan cara di gantung dibagian belakang aquarium ikan hias air tawar. Juga biasanya digunakan untuk aquarium dengan kapasitas air yang kecil. Harga berkisar Rp. 20.000 - Rp. 100.000


Hang On Back Filter

2. Internal Filter

Filter jenis ditempatkan di dalam aquarium, semua proses filtrasi dengan filter jenis ini dilakukan di dalam aquarium. Harga berkisar antara Rp. 25.000 - Rp. 100.000


Internal Filter

3. Top Filter

Filter jenis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Power Head dan Top filter, Power Head berfungsi untuk menyedot dan mengalirkan kembali air yang sudah disaring di top filter ke dalam aquarium. harga berkisar antara Rp. 35.000 - Rp. 300.000.

Top Filter

Aplikasi Top Filter

4. External Filter / Canister Filter

Filter jenis ini biasa digunakan untuk aquarium ikan hias air tawar yang berukuran sedang dan besar. Filter jenis ini bisa dikategorikan ke dalam filter profesional atau yang paling canggih karena anda tidak perlu direpotkan dengan untuk membersihkan filter. cara kerja filter jenis ini sama halnya dengan cara kerja mesin penyedot debu. Harga berkisar antara Rp. 800.000 - Rp. 5.000.000.
External atau Canister Filter

Jenis Ikan Hias Apa Yang Mudah di Pelihara

Untuk hal ini sepertinya lebih kepada hal selera dari masing-masing. Tapi saya akan merekomendasikan beberapa jenis ikan hias air tawar yang sesuai
 

1. Ikan Neon Tetra


Ikan Neon Tetra

2. Ikan Guppy

Ikan Guppy

3. Ikan Mas Jenis Komet

Ikan Komet

4. Ikan Mas Koki

Ikan Koki

Langkah Terakhir Adalah Memulai Memelihara Ikan Hias di Akuarium

  1. Pilih bentuk dan ukuran serta merk yang sesuai dengan selera juga anggaran anda.
  2. Rencanakan berapa banyak ikan hias air tawar yang akan anda beli.
  3. Pilih filter yang sesuai dengan rencana ukuran dan ikan yang akan anda beli. Usahakan minimal anda memiliki filter dengan kekuatan minimal 2 kali dari jumlah kapasitas air pada aquarium anda, biasanya tertera pada bagian belakang kotak filter. Contoh: 250L/H (filter bertenaga 250 liter air per jam).
  4. Setelah anda membeli aquarium dan filter yang sesuai, maka hal pertama yang harus anda lakukan untuk memelihara ikan hias air tawar di aquarium adalah dengan memasukan air terlebih dahulu ke dalam aquarium kurang lebih selama 24 jam sebelum ikan dimasukan agar terjadi sirkulasi air dan meningkatkan jumlah oksigen larut dalam air.
  5. Bila anda menggunakan air PAM atau PDAM anda harus mengendapkan air terlbih dahulu sebelum digunakan ke dalam aqurium, caranya dengan memasukan air yang akan digunakan ke dalam ember atau bak selama beberapa jam dan kemudian anda memasukan bagian atas air ke dalam aqurium, sebab bagian bawah air mengan chlorine atau kaporit yang tidak baik untuk ikan.
  6. Setelah sirkulasi dirasa cukup, barulah anda mulai berburu ikan yang sudah anda rencakan untuk dimasukan ke dalam aquarium ikan hias air tawar anda.
  7. Pemberian pakan harian untuk ikan sebaiknya tidak terlalu banyak untuk menjaga kualitas air.
  8. Setelah anda mulai menikmati aqurium baru anda, selanjutnya anda harus melakukan perawatan aqurium anda dengan cara mengganti 20% - 50% jumlah air yang ada pada aquarium anda setiap satu atau dua minggu dan jangan lupa untuk memerika kebersihan filter anda apa perlu dibersihkan atau tidak.
Kira-kira itu yang perlu diketahui untuk memelihara ikan hias air tawar di aquarium. Semoga anda merasa mudah dalam memulai memelihara ikan hias air tawar di aquarium. Sehingga dapat mengurangi stress atau mungkin akan menjadi hobi baru anda.
 
Masih bingung untuk memulai?
 

Berikut rekomendasi spesifikasi aquarium untuk pemula :

  1. Aquarium akrilik merk GEX ukuran 45 cm x 30 cm x 30 cm harga sekitar Rp. 90.000
  2. Filter canister merk Resun CY 20. (beli online) harga Rp. 185.000
  3. Ikan Guppy harga per ekor Rp. 3.000
  4. Lampu aquarium harga Rp. 30.000
Jadi tunggu apa lagi, segera mulai memelihara ikan hias air tawar di akuarium.

Demikianlah artikel dari Tips Dasar Memulai Memelihara Ikan Hias di Akuarium. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan anda seputar dunia ikan hias.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memulai Memelihara Ikan Hias di Akuarium Bagi Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel