13 Tips Traveling Murah Untuk Kamu yang Minim Budget

Kamu hobi jalan-jalan  namun belum bisa mengatur keuangan perjalanan sehingga setiap perjalanan selalu terasa boros? Kalau begitu, ini bacaan yang tepat untuk kamu. Kali ini saya akan memaparkan tips-tips yang bisa kamu terapkan saat melakukan traveling agar perjalanan kamu murah meriah. Murah meriah bukan berarti kamu pelit dan ngga bisa have fun di jalan lho ya. Tapi lebih ke melakukan trik-trik khusus agar perjalanan tetap fun dan maksimal namun biaya yang kamu keluarkan sedikit. Yaudah ngga usah berlama-lama, silakan disimak langsung ya ini tips-tipsnya. Semoga  bermanfaat.

1. Hubungi Teman

Ini trik yang jitu sekali. Iya, hubungi temen kamu yang memang tinggal di daerah yang ingin kamu kunjungi. Mereka akan dengan senang hati akan menemani kamu jalan-jalan kok. Bilang saja lagi pengen jalan-jalan atau modus mau silaturahmi hehe. Jika ke luar negeri, jangan lupa juga hubungi teman-teman kamu yang tinggal atau sedang belajar disana. Biasanya teman yang kita hubungi akan mengajak kita menginap di rumahnya. Selain itu, biasanya temen-temen kamu juga akan negebayarin kamu makan selama disana lho :)

2. Tidur di Tempat Umum atau bawa tenda

Ini juga trik jitu agar traveling murah, tidur di tempat umum. Tempat-tempat yang bisa kamu gunakan untuk tidur seperti SPBU, mesjid, terminal dll. Di SPBU kamu bisa tidur di musholla atau di terasnya. Nah untuk mesjid, ngga semua mesjid ngebolehin kita tidur, biasanya mesjid-mesjid besar ngga boleh. Jadi kamu bisa cari mesjid-mesjid yang agak kecil. Dan, jangan lupa izin dulu sama pengurus mesjidnya ya.

3. Makan yang Murah

Saat traveling jangan makan di restoran mahal, itu pemborosan namanya kecuali memang worthed dan menyediakan makanan khas daerah tersebut. Carilah tempat makan yang murah-murah aja. Senin-Kamis puasa aja, biar lebih hemat :)

4. Numpang

Di luar negeri kegiatan menumpang atau hitchhiking udah umum dilakukan. Kamu bisa menumpang mobil-mobil pribadi di jalan ataupun mobil pengangkut barang seperti truk. Kamu juga bisa meminta tumpangan dari pengendara motor. Jadi, usahakan penampilan kamu yang agak rapi dan bersih, kalau urakan si calon pemberi tumpangan malah curiga. Dengan menumpang, pengeluaran untuk transportasi akan lebih  kecil.

5. Naik Angkutan Non AC

Sepertinya tidak mungkin jika kamu menumpang terus, ada kondisi dimana kamu harus naik angkutan juga. Nah, jika naik angkutan seperti bus, pilihkan tiket yang ekonomi atau non AC.

6. Cari Penginapan Murah

Jika tidak ada temen yang bisa kamu “manfaatin” untuk menginap atau tidak ada tempat umum yang aman untuk kamu menginap, maka tida ada pilihan lain selain mencari penginapan. Carilah penginapan-penginapan yang murah meriah. Saran saya, gabunglah ke forum-forum atau fan page para traveler, kamu bisa nanya-nanya soal tempat penginapan murah yang recommended sama mereka.

7. Jangan Hari Libur

Nah yang ini juga penting, hindari traveling saat hari libur, baik hari minggu ataupun hari libur panjang. Biasanya ktika hari libur tempat-tempat wisata berbayar memasang harga yang lebih mahal dari biasanya. Jika kamu tidak punya waktu lain, bisa dengan memilah-milah tempat wisata berbayar yang paling layak dikunjungi saja.

8. Jangan Lupa Survei

Jangan lupa cari tau tentang tempat yang ingin kamu datangi. Cari tau tentang wilayahnya, transportasi kesana, makanan khas, wisata alam, wisata budaya dan lainnya. Pokoknya catat semuanya yang menurut kamu perlu.

9. Bikin Road Map dan Planning

Bikinlah road map yang jelas traveling ini akan ke daerah A, kemudian ke tempat B, C dan seterusnya. Susun juga planning yang jelas di daerah  atau tempat tersebut ingin melakukan apa saja, berapa estimasi biaya, menginap dimana dan lain sebagainya.

10. Pilih tiket yang paling murah

Sebelum melakukan sebelumnya cek dulu ketersediaan tiket promo. Banyak lho maskapai yang menyediakan tiket promo, tentunya jangan mencari pada saat hari libur. Sebaiknya pesan lah tiket 3 atau 4 bulan sebelum keberangkatan. atau sebaiknya memesan tiket tahun yang akan datang, akan lebih baik tentunya hehe.


Semoga bermanfaat
#KeepBloging