-->

14 Jenis Ikan Hias Air Laut Langka dan Unik

Daftar Isi [Tampil]
Jenis Ikan Hias Laut Langka – Banyak jenis satwa yang sudah langka diakibatkan oleh perburuan manusia dan juga oleh faktor alam yang menyebabkan mereka berhenti untuk berkembangbiak dan reproduksi. Jenis satwa langka dapat kita ketemukan di buku-buku dan juga media lainnya. Ada juga binatang yang masih ada namun jumlahnya sudah bisa dihitung dengan jari alias sudah menjadi binatang yang langka. Demikian halnya untuk hewan laut.

Berikut ini adalah yang termasuk ke dalam jenis ikan hias laut langka, dan beberapa merupakan jenis ikan laut yang keberadaannya sudah ada sejak jaman prasejarah.

1. Ikan Laut Langka Goblin Shark



Ikan hias laut langka ini dikenal juga sebagai "Mitsukurina Owstoni" nama lain hiu laut dalam langka yang hidup di lepas pantai negara-negara seperti Afrika Selatan, Jepang, Australia serta Amerika Serikat pada kedalaman di kisaran 200-500 mtr.. Sewaktu waktu makhluk-makhluk tersebut menarik diri dan condong hidup di perairan cukup dalam, ikan hias laut langka ini dikenal juga mempunyai kekuatan untuk eksis di kedalaman laut yang lebih ekstrim, kurang lebih 1000 meter.
 
The Goblin Shark condong untuk mencari makan di kehidupan laut dalam seperti cumi-cumi, ikan dan kepiting. Walau ada juga masalah yang kita dapatkan dari ikan hias laut langka ini, yaitu perincian data untuk makan mereka serta pemberitaan agak terbatas, terlebih dalam masalah yang paling akhir.
 
Ciri-ciri dan karakteristik yang paling membedakan mengenai hiu ini yaitu hidung panjang yang jauh lebih besar dari pada spesies lain ikan hiu. Warna Shark Goblin juga tidak sama dengan sebagian besar hiu serta sesungguhnya ikan hias laut langka ini memiliki warna merah muda.
 

2. Ikan Laut Langka Colossal Squid



Kerapkali ikan hias laut langka ini dijadikan sebagai makhluk dalam film horor serta narasi maritim Jepang. The Colossal Squid yaitu tak ada kekeliruan, ini (spesimen laut yang dalam) makhluk laut mengerikan yang bisa tumbuh sampai ukurannya mencapai kurang lebih 14 mtr. (46 kaki) serta dipercaya sebagai spesies cumi-cumi paling besar yang pernah ada (atau sekurang-kurangnya yang selama ini diketemukan). The Colossal Squid juga terkadang disebut juga Giant Squid atau Cranch Antartika.
 
Makhluk laut langka Ini mengagumkan dan bukan sekedar cumi-cumi atau seperti ikan hias laut langka lainnya, mempunyai pengisap menempel pada tentakel namun kait tajam yang memberi rasa 'horor seperti di film'.
 
Penemuan pertama dari Squid Colossal berlangsung pada th. 1920 saat paus sperma dipotong secara terbuka dan dalam, ketika itu manusia dan dunia takjub dengan melihat beberapa bekas cumi-cumi yang manusia belum pernah lihat yang seperti itu.
 
Sekitar bln. Februari 2007 spesimen makhluk laut langka ini yang berukuran paling besar diketemukan serta lantas pada tahun yang sama spesimen ini lalu dipelajari secara detil. Apa yang mereka dapatkan yaitu kalau ternyata makhluk ini 1/2 ton lebih kecil dari pada beberapa bekas yang diketemukan dalam ikan paus sperma.
 

3. Ikan Laut Langka Chimaeras

http://travellinkinfo.com 
Tak perlu bingung dengan makhluk mitologi yang bernama 'Chimera', makhluk laut ini yaitu termasuk ikan hias laut langka yang berada pada laut dalam yang mengintai di kedalaman ekstrim samudera. The Chimaera di ketahui ada di kedalaman sekitar 2500 mtr. (8. 500 kaki) serta tumbuh sampai berukuran 1, 5 mtr.
 
Makhluk yang menarik yg banyak orang belum pernah mendengar mengenai ikan hias luat langka ini yaitu hewan ini punya keluarga yang sama juga dengan ray serta hiu. Alih-alih mempunyai sisik dan mempunyai kulit halus, dengan tulang belakang berbisa yang digunakan untuk perlindungan.
 

4. Ikan Laut Langka Black Swallower

 
Seekor ikan yang menarik serta bisa dijadikan ikan hias laut langka yang hidup di kedalaman hingga 500 mtr. 1, apa yang menjadikan ikan ini unik yaitu kenyataan kalau tak seperti banyak ikan laut dalam lain yang membutuhkan dingin, keadaan gelap Black swallower juga menjadikan perairan tropis yang hangat bisa menjadi tempat tinggalnya.
 
Sedikit yang di ketahui mengenai makhluk ini, tetapi ikan hias laut langka ini dapat tumbuh hingga sepanjang 25 cm serta mempunyai kekuatan untuk memakai bioluminescence. Feature yang membedakan dari Black swallower yaitu kekuatan untuk meregangkan perutnya 3 kali dari ukuran aslinya untuk beradaptasi dengan mangsa yang semakin besar.
 

5. Ikan Laut Langka Black Lizardfish



Ikan laut yang bisa dijadikan sebagai ikan hias laut langka ini dikenal juga sebagai 'Deep-air greeneye' ikan laut langka ini terdapat cuma di kedalaman ekstrim samudera selatan dunia. Ikan laut langka ini hidup di perairan sekitaran 1.500-3.000 mtr.. Jenis ikan laut ini tumbuh dengan panjang sekitaran 30 cm, berwarna ungu-hitam serta mencari peluang lantai laut dengan mulut gigi setajam pisau cukur.

6. Ikan Laut Langka Hagfish


Menurut catatan fosil, hag sudah ada sepanjang kurang lebih 300 juta th., yang berarti bahwa jenis ikan laut langka ini telah ada saat dinosaurus menggantikan dunia! . binatang ini bisa diketemukan di perairan yang relatif dalam, binatang ini terkadang sering disebut juga sebagai belut lendir, namun mereka tak betul-betul belut, serta sesungguhnya, mereka bahkan juga tidak bisa dikatakan sebagai ikan sekalipun, berdasar sebagian ilmuwan.
 
Jenis hewan laut langka ini merupakan hewan yang begitu aneh dalam segalanya, mereka mempunyai tengkorak namun tak mempunyai tulang belakang, serta mereka mempunyai dua otak. Nyaris buta, mereka makan pada malam hari dari bangkai hewan besar (ikan, paus dan lain-lain) yang jatuh ke dasar laut. “belut lendir ” yaitu nama panggilan untuk hewan laut langka ini yang pada kenyataannya kalau mereka menghasilkan zat Slimey yang bisa mengakibatkan kerusakan insang ikan predator ; sehingga mengakibatkan mereka nyaris tak mempunyai musuh alami.
 

7. Ikan Laut Langka Lancetfish


Lancetfish mempunyai tampilan yang begitu terang sebagai “ikan prasejarah”, dengan gigi yang terlihat sangat tajam pada rahang serta monitor di punggungnya, mengingatkan pada sebagian dinosaurus (meskipun, monitor di lancetfish ini sesungguhnya yaitu sirip punggung) . Bahkan juga nama ilmiah dari ikan laut langka ini mempunyai bunyi seperti nama dinosaurus (Alepisaurus ferox).
 
Panjang predator ini dapat mencapai dua mtr. (6 ’6 “) panjangnya, predator hewan laut langka ini diketemukan di semua samudra terkecuali untuk daerah kutub ; begitu rakusnya, hingga pada umumnya mengkonsumsi ikan kecil serta cumi-cumi, serta juga di kenal sebagai ikan atau predator yang mengkonsumsi kawannya sendiri (spesiesnya).
 

8. Ikan Laut Langka Arwana


Bila dengan ikan hias laut langka ini saya meyakini anda tentu sudah mengetahui, saat ini arwana tengah banyak dikoleksi oleh orang-orang sebagai ikan hias, namun tahukan anda tenyata ikan hias ini adalah termasuk ikan hias air tawar yang sudah ada pada jaman prasejarah, ikan ini telah ada pada periode Jurassic.
 
Hari ini, mereka diketemukan di Amazon, serta di bagian-bagian Afrika, Asia serta Australia. Terkadang disimpan sebagai hewan peliharaan eksotis (mungkin saja untuk anda yang menyukai ikan hias, ikan ini tentu ada pada daftar ikan hias buruan anda), arwana yaitu predator rakus yang mengkonsumsi binatang kecil yang bisa mereka tangkap, termasuk juga burung serta kelelawar bakal dimakannya (mereka dapat melompat sampai 2 mtr. (6 ‘) ke udara) . Di Cina, arwana di kenal sebagai ” ikan naga ” lantaran tampilan mereka, serta ikan hias air tawar ini sering dijadikan sebagai keberuntungan.
 

9. Ikan Laut Langka Frilled Shark



predator ini hidup dilaut dalam, satu diantara hiu yang paling primitif yang masihlah hidup saat ini, predator ikan laut langka ini merupakan peninggalan dari periode Cretaceous, saat dinosaurus menguasai Bumi. Hiu ini tidak sering tampak dalam kondisi hidup, hiu ini bisa tumbuh sampai 2 mtr. (6 ’6 “) (bila diumpamakan jadi semakin besar dari lelaki) serta mereka tinggal di perairan dalam, makanan mereka beberapa besar yaitu cumi-cumi. Mereka tak beresiko untuk manusia, serta Sesungguhnya, hiu ini menggunakan semua hidup mereka tanpa ada lihat manusia. Cuma spesimen yang mati atau sekarat yang umumnya diliat oleh nelayan atau ilmuwan.
 

10. Ikan Laut Langka Sturgeon


Sturgeon adalah jenis ikan hias laut langka yang sudah ada pada awal dinosaurus, sturgeon telah di kenal sebagai satu diantara sumber paling utama kaviar (yang terbuat dari) ; lantaran penangkapan yang terlalu berlebih, ikan ini terancam punah. Spesies sturgeon paling besar bisa tumbuh sampai 6 mtr. (19 ’7 “), mereka mengonsumsi binatang kecil dari dasar laut serta tak beresiko untuk manusia, terkecuali diprovokasi atau diganggu.

11. Ikan Laut Langka Arapaima



Arapaima yaitu kerabat dekat dari arwana, Arapaima Amazon terkadang dikira sebagai ikan air tawar paling besar didunia. Menurut gambaran awal, ikan ini dapat tumbuh s/d 4, 5 mtr., namun saat ini, ikan sebesar itu jarang diketemukan serta arapaimas dewasa saat ini paling panjangnya cuma sekitar rata-rata 2 mtr. (6' 6?) . predator Ini bergerak lambat serta makanannya adalah ikan kecil, atau apapun bila itu kecil akan dikonsumsi langsung dengan mulut lebarnya.
 

12. Ikan Laut Langka Alligator Gar



Ikan ini yaitu predator hebat yang bersisik tebal, diketemukan di AS selatan serta utara dan juga timur Meksiko, merupakan ikan air tawar paling besar di Amerika Utara (walau terkadang mengembara ke laut). ikan ini panjangnya bisa tumbuh sampai 4 mtr. (13 ‘)serta berat mencapai 200 kg (£ 440). Aligator gar, dimaksud sekian lantaran tampilan mereka seperti reptil serta memiliki rahang panjang, bersenjata dengan dua baris gigi tajam.
 

13. Ikan Laut Langka Polypterus Senegalus



Ikan hias laut langka Africa ini kerap disebut juga belut dinosaurus “”, lantaran tampilan mereka seperti reptil serta sirip memiliki punggung bergerigi, mengingatkan pada punggung berduri sebagian dinosaurus ‘. Mereka tak betul-betul belut, namun anggota keluarga bichir. Mereka dapat bertahan keluar dari air untuk periode waktu yang lama sepanjang kulit dari jenis ikan hias laut langka ini tetaplah basah, yang sangat memungkinkan bagi mereka untuk mengembara jauh dari tempat tinggal mereka.
 

14. Ikan Laut Langka Coelacanth



The Coelacanth merupakan jenis ikan hias laut langka yang paling populer dari semua “fosil hidup” serta layak jadi no 1 dalam daftar ikan laut langka, ikan ini merupakan hewan yang semestinya sudah lama punah serta tidak terduga diketemukan masih dalam keadaan hidup. Ikan ini semestinya sudah punah pada periode Cretaceous, berbarengan dengan dinosaurus, namun pada th. 1938, satu spesies hidup tertangkap di Afrika Selatan. Mulai sejak itu, spesies ini sudah banyak dilihat serta difoto, serta spesies Coelacanth ke-2 bahkan juga diketemukan di Indonesia pada th. 1999.
 
Ikan ini merupakan predator besar, serta bisa tumbuh sampai 2 mtr. (6 ’6 “) panjangnya, mereka mengkonsumsi ikan yang lebih kecil, termasuk juga hiu kecil, serta umumnya diketemukan diperairan dalam, perairan gelap. Walau tidak sering di tangkap serta dikonsumsi lantaran rasanya yg tidak enak, ikan yang bisa dijadikan sebagai ikan hias laut langka ini termasuk juga ikan yang nyaris punah.
 
Demikianlah ikan laut langka, yang juga bisa dijadikan sebagai ikan hias laut langka. Sebagian ada yang bisa dijadikan sebagai ikan hias laut yang mudah dipelihara. Terutama apabila kita memiliki kolam atau aquarium yang sangat besar seperti yang ada di seaworld.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "14 Jenis Ikan Hias Air Laut Langka dan Unik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel