13 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan

Wisata, Istana, Medan, Sumatera, Kuliner, budaya
Indonesia terkenal dengan kulinernya yang tidak pernah habis. Setiap daerah memiliki berbagai macam kuliner yang membuat lidah ketagihan saat mencobanya. Tidak terkecuali dengan Medan, kota yang juga menyimpan banyak ragam kuliner yang menggiurkan.

Medan adalah salah satu kota metropolitan yang sangat menarik dan bisa dijadikan tempat liburan. Selain tempat-tempat wisatanya yang asyik, Medan juga dikenal dengan makanannya yang khas. Tidak lengkap rasanya jika perjalanan kamu ke Medan tidak dihidangkan dengan makanan-makanan khas medan yang lezat ini.

Berikut 13 Kuliner Khas Medan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh :

1. Bika Ambon 

Saat mendengar nama kue Bika Ambon, mungkin pertanyaan yang seting terlintas di benak kamu adalah mengapa nama dan asal makanan tersebut berbeda kontras sekali.  Meski memakai nama Ambon, kue ini tidak berasal dari Ambon, satu propinsi di bagian timur Indonesia, tetapi justru berasal dari ibukota Medan, Sumatera Utara. 

Kehadiran Bika Ambon yang berbeda nama dan lokasi asal menuai banyak kontroversi. Bika Ambon yang memang sangat nikmat ini kemudian menjadi sangat populer di Medan dan menjadi fenomenal hingga banyak cerita tentang asal muasal Bika Ambon.

Kawasan yang banyak penjual Bika Ambon adalah Kawasan Jalan Majapahit. Kawasan Jalan Majapahit sangat ramai menjual Bika Ambon sejak 1980-an dan menjadi pusat penjualan Bika Ambon di Medan.  Pada 1970-an, Bika Ambon selalu dihidangkan sebagai kudapan menikmati es krim. 

2. Soto Medan

Soto Medan menjadi makanan khas Medan. Walaupun soto banyak juga di beberapa daerah selain Medan, namun soto dari Medan tentu akan memeberikan citra rasa yang khas dengan sistem masakan khas Medan yang berbeda tentunya dari soto daerah lain. 

3. Mie Goreng dan Nasi Goreng

Mie goreng dan Nasi goreng merupakan makanan favorit orang Medan, berbagai khas dan citra rasa sangat menggiurkan selera. 

4. Durian Medan

Durian telah diakui sebagai buah yang sangat disukai banyak orang. Durian merupakan buah yang sangat istimewa di daerah manapun di Indonesia. Begitu juga di Medan tentunya, namun ada yang berbeda dengan durian asal medan, rasanya yang khas membuat durian medan tidak kalah saing dengan durian lainnya.

5. Pancake medan

Rasa makanan khas medan ini sangat lezat sekali, ciri khas dengan citra rasa yang dikolaborasikan dengan rasa dan aroma durian, telah membuat kue ini menjadi salah satu kue ternikmat yang ada di medan, selain itu, kue ini juga dibuat tanpa bahan pengawet dan dijamin aman.

6. Teh Susu Telur (TST)

TST sangat berguna untuk menambah stamina kamu ketika badan dan tenaga mulai melemah. Rasa susu dicampur teh dan telor ini juga memberikan citra rasa yang berbeda dengan kenikmatan kekentalan susunya yang khas dengan campuran Telur.

7. Bakso daging lembu

Kenikmatan Bakso yang menjadi andalan. Resep Bumbu dan campuran daging Lembu asli dan Halal yang dibalut dengan tepung khas yang membuat makanan ini diburu oleh orang medan khususnya.

8. Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah kue gulung dengan tekstur lembut creamy dan rasa legit. Bolu Meranti sudah menjadi oleh - oleh wajib yang harus dibeli saat berkunjung ke Medan. Bolu Meranti bermula dari resep coba - coba Nyonya Ai Ling. Awal berjualan, Nyonya Ai Ling tidak memiliki toko sendiri dan menitipkan bolu buatannya di toko saudaranya yang terletak di Jalan Meranti. Tidak disangka, kue bolu buatannya laris manis dan mulai banyak pesanan. Sampai akhirnya Nyonya Ai Ling membuka toko sendiri dengan nama Bolu Meranti.

Bolu Meranti memiliki beragam varian rasa mulai dari nanas, keju, stroberi, mocca, kacang sampai blueberry. Bolu dapat bertahan sampai tiga hari di luar lemari es. Selain bolu, tersedia juga jajanan lain seperti lapis legit, kue sus, dan brownies.

9. Pancake Durian

Ini dia jajanan favorit bagi pecinta olahan durian, pancake durian! Berbeda dengan bentuk pancake kebanyakan yang bulat ceper seperti surabi, pancake durian berbentuk seperti dadar gulung. Pancake durian terdiri dari kulit yang terbuat dari adonan tepung dan diisi dengan daging durian yang luar biasa lezat.

Pancake durian tersedia dalam berbagai rasa mula dari original, mocca, coklat. Kesemua varian rasa ini sama-sama nikmat, sekali gigit saja, isi daging durian kan lumer dan lembut di mulut.

10. Teri Medan

Teri Medan juga dijual mentah dan dikemas dalam berbagai ukuran dengan harga 70.000 – 80.000 rupiah per kg. Meskipun berukuran kecil, namun teri ini memiliki banyak penggemar. Teri Medan yang berwarna putih ini biasa dimasak bersama sambal kacang. Sambal teri kacang dengan sepiring nasi hangat akan membuat lidah dan perut terpuaskan sempurna.

11. Kopi Sidikalang

Sidikalang merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 1472 meter di atas permukaan laut. Tanah yang subur ini cocok untuk bertanam kopi dan mampu menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik. Kopi Sidikalang cocok bagi penggemar kopi karena kandungan kafeinnya yang tinggi dan kuat. Kopi ini disebut sebagai rajanya kopi Sumatera. 

12. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk berasal sari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara ini rasanya manis dan gurih. Kacang ini dimasak menggunakan pasir yang membuatnya memiliki rasa yang khas. Teskturnya yang garing dan renyah membuat Kamu tak bisa berhenti mengunyah. Kacang Sihobuk yang dijual dipilih dari kacang kualitas terbaik, sehingga rasanya dapat diandalkan. 

13. Manisan Jambu

Manisan jambu berkhasiat untuk menaikkan trombosit, sehingga baik untuk penderita DBD. Manisan ini dibuat dengan menggunakan jambu Bangkok yang berukuran besar. Rasa yang manis dan segar serta tekstur yang renyah, membuatnya cocok dinikmati di siang hari. Jika dibawa pulang sebagai oleh-oleh, sebaiknya Kamu membeli manisan dalam bentuk yang masih bulat karena mampu bertahan sampai 3 hari. 

Semoga bermanfaat
#KeepBloging