Jejak Kaki Nabi Adam di Puncak Gunung Sri Lanka

Wisata religi, puncak adam, jelajah, gunung
Adam's Peak atau Puncak Adam menjadi salah satu kawasan wisata ziarah yang cukup populer di Sri Lanka. Uniknya, tempat ini diziarahi dan disucikan tak hanya oleh masyarakat dari satu golongan agama.

Tempat ini dikeramatkan oleh pemeluk Islam, Kristen, Budha, Hindu dan suku asli yang ada di Sri Lanka.

Usut punya usut, Adam's Peak begitu disucikan oleh masyarakat setempat lantaran di sini terdapat situs berupa jejak kaki raksasa yang diyakini sebagai jejak kaki Nabi Adam AS.

Alasan ini pula yang melatarbelakangi pemberian nama Adam's Peak (Puncak Adam) pada tempat ini. Adam's Peak terletak di wilayah pegunungan di antara Distrik Ratnapura dan Nuwara Eliya, Provinsi Sabaragamuwa, Sri Lanka.

Puncak gunung ini menjulang tinggi hingga 2.243 meter di atas permukaan laut. Di puncak inilah terdapat sebuah situs berbentuk telapak kaki berukuran sangat besar hingga 180 cm. Masyarakat setempat meyakini telapa raksasa ini merupakan milik Nabi Adam.

Mereka percaya, ketika Nabi Adam diusir dari surga ke dunia, Beliau ditempatkan di puncak gunung ini karena letaknya yang paling dekat dan paling mirip dengan surga. Ya, masyarakat Sri Lanka memang kerap mengibaratkan tempat ini dengan surga lantaran keindahan panorama alamnya yang luar biasa.

Hingga saat ini, situs berupa jejak kaki raksasa itu masih sangat dijaga dan dilindungi di Adam's Peak. Tempat ini juga tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan yang ingin berziarah atau sekadar penasaran.

Hutan yang mengelilingi puncak dikenal sebagai puncak padang gurun, kemegahan dan perairan yang jatuh dari ketinggian membentuk air terjun yang menakjubkan memiliki daya tarik sendiri bagi beberapa legenda yang telah mengunjungi tempat ini diantaranya Alexander Agung, Marco Polo, Ibnu Battua

Sebuah pemandangan yang sangat mengagumkan di puncak, ada site yang menyerupai tapak besar, yang telah dihormati sebagai site yang sangat dijaga dari jaman dahulu. Ini di identifikasi oleh umat Buddha sebagai tapak Buddha, oleh umat Hindu seperti yang Shiva, dan oleh Muslim sebagai Adam. Kemudian Portugis dikaitkan ke St. Thomas. 

Bagi Anda yang mempunyai kesempatan dan budget untuk wisata, tempat ini bisa menjadi tujuan dari wisata anda.
Photo : travelinceylon

Semoga bermanfaat
#KeepBloging