4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Oleh Penyelam

Diving
Beberapa tahun belakangan, olahraga diving di Indonesia semakin diminati oleh banyak orang. Nampaknya mulai banyak orang yang sadar akan keindahan alam bawah laut tanah air yang tersohor sampai dunia internasional.

Namun begitu, diving bukanlah olahraga biasa yang dapat dilakukan serta merta begitu saja. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan diving.

"Diving adalah olahraga kategori berbahaya dan sangat prosedural. Tapi jika dilakukan sesuai instruksi akan aman. Ketahui dulu tujuan diving, untuk prestasi, rekreasi, untuk teknis, atau apa? Jika rekreasi maka masuklah organisasi selam khusus bidang recreational diving," ungkap Edy Prasetyo, penyelam khusus dokumentasi bawah laut dalam Ekspedisi Saireri WWF Indonesia di Papua, bulan lalu. 

Selanjutnya ada 4 (empat) hal yang harus diperhatikan oleh para penyelam pemula menurut Evi Nurul Ihsan, Monitoring and Surveilance Officer Sumber Daya Laut dari WWF Indonesia, yaitu:

1. Knowledge (pengetahuan)

"Penyelam harus terbuka dengan hal baru. Karena perkembangan dunia selam sangat pesat, jadi harus terus mencari pengetahuan misal tabel diving, kondisi lingkungan penyelaman," kata Evi.

2. Skill (kemampuan)

Menurut Evi, menyelam bukanlah bakat yang dibawa dari lahir, tetapi harus dipelajari. "Semakin sering menyelam maka akan semakin merasakan kenyamanan dalam aktivitas penyelaman," sarannya.

3. Equipment (peralatan)

"Peralatan selam adalah setengah nyawa kita. Setengah nyawa lagi ada di buddy (rekan menyelam),"tutur Evi.

Ia menambahkan diving merupakan olahraga berbahaya dan prosedural. Jadi penyelam harus paham betul dengan peralatan dan harus nyaman ketika dikenakan.

4. Experience (pengalaman)

"Perbanyak jam selam. Sama seperti latihan berkendara ada jam terbang. Ada log book dan juga profil penyelaman yang diisi setiap diving," jelas Evi.
Written by : Silvita Agmasari

Semoga bermanfaat
#KeepBlogging