Liburan Panjang,,,! Kunjungi 5 Negara Bebas Visa

Singapore Botanical Garden
Travellink - Bagi sebagian orang yang menamai dirinya Traveler, tempat tujuan bukanlah hal yang paling utama dari sebuah perjalanan. Karena pengalaman, pembelajaran, pengenalan jati diri, tempaan alam, sampai berkah dan mukjizat semesta, semua terjadi justru dalam perjalanan itu sendiri. Terkadang justrus perjalanan itulah yang mereka cari. “Mereka pergi untuk tersesat” begitulah kira-kira kalimat ajaib yang menjadi acuan.

Oleh sebab itu maka persiapan yang paling krusial ialah mental. Mental yang kuat sangat dibutuhkan untuk dapat melakukan perjalanan panjang yang menantang. Ketika mentalmu sudah bulat terhadap suatu hal, maka segeralah untuk merealisasikan hal tersebut, karena waktu tak pernah mengulang kehadirannya.

Lalu bagaimana dengan segala urusan material dan keperluan lainnya? Karena sering kali hal tersebutlah yang terkadang membebani para traveler untuk melakukan perjalanan ke suatu negara. Salah satunya ialah pembuatan visa yang tidak hanya memakan biaya namun juga waktu dan tenaga.

Berikut 5 Destinasi liburan ke Negara-Negara BEBAS VISA :

1. Thailand

(Bebas visa 30 hari)

Banyak yang berkata bahwa wisata di Thailand hampir sama dengan yang ada di Bali, karena pantai-pantai nya yang mengagumkan. Negeri Gajah Putih ini menyimpan segala keindahan yang sangat patut untuk dikunjungi. Destinasi-destinasi tersebut antara lain: Istana Raja, Pantai Railay, The Grand Palace, Koh Phi Phi, Sunday Walking Street, dan masih banyak lagi.

Koh Phi Phi merupakan Resort terpopuler di Thailand, di sana kamu bisa mendayung perahu kayu kecil atau menyewa kayak. Ini adalah tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Harga tiket pesawat Jakarta – Bangkok berkisar sekitar 1 juta rupiah untuk sekali penerbangan.

Harga hotel di Thailand berkisar antara 700.000 – 1.000.000 rupiah per malam untuk kelas menengah kebawah.

Biaya hidup di Thailand  rata-rata bekisar antara 300.000 rupiah perhari tergantung tingkat penggunaan.

Nah itu semua segelintir informasi bagi kalian warga Indonesia yang ingin melakukan perjalanan ke beberapa negara bebas visa. Semoga bisa membantu.

2. Singapore

(Bebas visa: 30 hari/masa dengan berlaku paspor minimal 6 bulan)

Negara yang sangat dekat dengan Indonesia ini adalah tempat yang sangat pas bagi kamu para traveler pemula. Di samping jarak yang tidak terlalu jauh, sangat banyak orang Indonesia yang ada di Singapura sehingga kemungkinan kita untuk hilang dan kebingungan juga sangat kecil. Bukan hanya Singapura adalah salah satu negara di Asia yang sudah maju, sangat banyak destinasi-destinasi di sana yang menarik seperti Merlion, Sentosa Island, Singapore Botanical Garden.

Ikon negara Singapura yang berbadan ikan dan berkepala singa ini memang menjadi tujuan utama semua pelancong yang berkunjung ke negara Singapura. Taman Merlion Park dibuka untuk umum selama 24 jam setiap hari, dan yang lebih menarik lagi karena di sini biaya masuknya adalah gratis.

Selain itu ada juga Universal Studios, Sentosa Island, Singapore Flyer, Art Science Museum, Southern Ridges, dan masih banyak lagi.

Harga tiket pesawat untuk pergi-pulang (PP) sebenarnya tidak terlalu mahal, apalagi kalau kamu rajin untuk mengecek harga tiket di maskapai-maskapai penerbangan seperti Air-Asia atau Lion Air. Karena biasanya mereka sering mengadakan diskon untuk jadwal penerbangan dalam kurun waktu yang tidak dekat dengan waktu kamu melakukan booking. Kisaran harganya sekitar 300.000 – 1.000.000 rupiah dalam satu kali perjalanan.

Tips
Tips nya sering-seringlah melihat situs web mereka untuk mengetahui informasi jika ada promo dan pesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Harga rate hotel di Singapura juga sangat beragam. Cobalah untuk menelusuri situs-situs web hotel, seperti: BOOKING.COM, AIRBNB, TripAdvisor, TRAVELOKA, Mr.Aladin, dan lain sebagainya.

Untuk mendapat harga murah adalah pergilah pada saat low season atau bukan musim libur, dan pesanlah kamar dengan tipe DORMITORY karena tipe kamar ini biasanya relatif murah karena memang di desain untuk para backpacker (dormitory adalah sistem 1 kamar dengan banyak tempat tidur dan setiap tempat tidur dapat dipesan oleh tamu lain/tipe asrama).

Biaya hidup di Singapura:

Biaya hidup di Singapore sebenarnya tidak jauh berbeda dengan biaya hidup di Indonesia (Jakarta atau Batam) – yang membedakannya adalah biaya perumahan (sewa unit/kamar) yang bagaikan langit dengan bumi. Jadi jika Anda adalah seorang bujangan maka biaya hidup Anda dimulai dari SGD 800/bulan (SGD 26/hari), dan jika Anda membawa serta keluarga dan menyewa sebuah unit maka biaya hidup Anda sekeluarga dimulai dari SGD 2500/bulan (atau sekitar SGD 83/hari). Akhirnya biaya riil hidup di Singapore akan kembali lagi kepada masing-masing individu.”

Sumber informasi biaya hidup: libinuko dot com

3. Maroko

(Bebas visa 2-3 bulan)

Desain arsitektur bagunan-bangunan yang sangat unik inilah yang menjadi ciri khas dan daya tarik Maroko. Objek wisata yang ada di sini antara lain: Casablanca, Quartier des Habous, Old Medina, Masjid The Hassan II, dll.

Masjid The Hassan II, adalah masjid terbesar dan terindah di Maroko yaitu Masjid The Hassan II. Mesjid ini dianggap sebagai mesjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram di Mekkah. Uniknya, mesjid ini bisa dimasuki oleh turis non-muslim.

Harga tiket pesawat dari Jakarta – Maroko tidak menentu, karena sebenarnya tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta – Maroko dan harus melalui transit melalui Dubai (Jakarta – Dubai kurang lebih membutuhkan waktu 7 jam) terlebih dahulu, kemudian baru melakukan perjalanan Dubai – Casablanca, Maroko (sekitar 8 jam).

Harga hotel murah di Maroko berkisar mulai dari 500.000 rupiah. Sedangkan biaya hidup di sana berkisar antara 500 Dirham per hari tergantung tingkat kebutuhan masing-masing pelancong.

4. Jepang

(Bebas visa 15 hari bagi pemegang E-Passport)

Walaupun Jepang bukan salah satu anggota dalam ASEAN, namun untuk pergi ke negara Sakura tersebut kita juga tidak perlu menggunakan visa. Tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Jepang adalah Gunung Fuji, Taman Bunga Sakura (pastikan datang saat musim yang tepat), Shibuya, Tokyo, dan masih banyak lagi.

Ini adalah gunung tertinggi di Jepang, selain bunga Sakura, Gunung Fuji juga kerap kali menjadi maskot negara Jepang.

Harga tiket pesawat PP Jakarta – Jepang menggunakan pesawat kelas ekonomi berkisar antara 5 juta rupiah (harga pasti berubah sesuai musim).

Harga hotel yang paling murah dengan tipe room DORNMITORY yaitu berkisar antara ¥2,000 - ¥3,000 atau antara 250.000 rupiah – 400.000 rupiah.

Biaya hidup di Jepang sekitar 150.000 rupiah dalam satu hari kalau kita bisa berhemat. Namun itu semua tetap kembali pada tingkat komsumtifitas kita.

5. Hongkong  

(Bebas visa 30 hari)

Banyaknya destinasi di Hongkong membuat banyak turis ingin menyambangi negara tersebut, wisata-wisata tersebut antara lain: Disneyland, Ocean Park, Grand Aquarium, The Peak, Stanley Beach, dan lain-lain.

Selain bangunan yang sangat unik, hal yang menarik di sini adalah pertunjukan kembang api yang diiringi dengan alunan lagu-lagu Disneyland yang biasanya diadakan di depan area istana sleeping Beauty setiap harinya.

Harga tiket pesawat dari Jakarta – Hongkong berkisar antara 1.500.000 – 5.000.000 rupiah regantung musim yang kamu pilih saat melakukan pejalanan.

Harga hotel di Hongkong dengan paling murah yakni antara 350.000 – 700.000 rupiah dan pastinya mengikuti musim keberangkatanmu.

Biaya hidup untuk liburan di Hong Kong, uang yang Anda butuhkan adalah sekitar Rp 6,7 juta. Ingat, totalnya 4 hari liburan dan berlaku untuk 1 orang. Bujet ini bisa lebih murah lagi kalau Anda menginap di hotel backpacker dan mengurangi kunjungan ke destinasi berbayar. Anda masih bisa menghemat bujet sebesar 16 persen, atau bahkan lebih. Sumber biaya hidup bisa anda lihat pada web: travel detik

Semoga bermanfaat
#KeepBlogging