5 Tips Packing Oleh-oleh Saat Mudik

Tak jarang pulang ke kampung halaman membawa koper yang berat. Hal ini disebabkan kita harus membawa oleh-oleh untuk keluarga. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita mengemas oleh-oleh tersebut.

Inilah 5 cara yang perlu diingat sebelum kita packing oleh-oleh :

1. Jangan dulu membungkus rapi

Jika kita membawa oleh-oleh sebagai kado untuk teman atau kerabat, lebih baik jangan dulu dibungkus rapi. Di beberapa banadra, tak jarang petugas membuka bungkusan tersebut saat pemeriksaan keamanan.

Alangkah baiknya untuk membungkus oleh-oleh ketika sudah samapi di tujuan. Untuk sementara bungkuslah ala kadarnya, bisa menggunakan kertas atau plastik.

2. Simpan oleh-oleh berharga di kabin

Jika membawa oleh-oleh yang berharga, jangan simpan dibagasi. Bawalah barang tersebut di kabin. Jika ukurannya cukup besar, bawalah satu tas khusus untuk disimpan dibawah kursi pesawat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan cara membawa barang pecah belah

Jika membawa oleh-oleh berupa barang pecah belah seperti piring keramik atau vas, ada cara khusus yang untuk mengemasnya. Bungkuslah barang tersebut menggunakan bubble wrap, kemudian masukkan di dalam baju.

Dengan begitu, kita bisa memasukkannya ke dalam bagasi pesawat. Dengan syarat, tempatkan benda tersebut di tengah-tengah tumpukan baju dalam koper. Sebisa mungkin pastikan seluruh bagian benda tersebut tertutup baju baik di bagian atas, bawah, kiri, dan kanan.

4. Oleh-oleh ukuran besar, kirim via jasa pengiriman

Tak perlu repot membawa oleh-oleh berukuran besar. Daripada membawanya sendiri dan memasukkannya ke dalam bagasi, lebih baik kirim lewat jasa pengiriman. Jika oleh-oleh itu melebihi kapasitas bagasi, kita tidak dikenakan biaya lebih.

5. Ingat, ada barang-barang yang dilarang masuk kabin

Ada beberapa barang yang dilarang masuk kabin. Misalnya mainan yang berbentuk mirip senjata, cairan lebih dari 100 ml, atau benda-benda tajam. Jika membawa oleh-oleh seperti benda-benda tersebut, masukkanlah ke dalam bagasi atau kirim via jasa pengiriman barang
Sumber : Wahyuni Sahara

Semoga bermanfaat
#KeepBlogging