8 Destinasi Wisata Romantis Indonesia Untuk Bulan Madu

Bagi anda yang sedang merencanakan bulan madu (honeymoon), berikut ini beberapa alternatif tempat wisata yang menarik di Indonesia yang sangat cocok dan representatif untuk merayakan hari sakral anda tersebut.

Pilihan obyek dengan kondisi yang tidak terlalu ramai dan memiliki pemandangan panorama yang indah serta tidak menyita fisik yang prima untuk mengelilingi obyek, adalah syarat utama lokasi yang tepat untuk honeymoon. Dan di Indonesia cukup banyak tempat wisata yang direkomendasikan. Bahkan tidak jarang turis asing juga melakukan kegiatan berkesan ini dengan mengunjungi negara kita.

Adapun tempat populer dan menarik yang biasa digunakan sebagai lokasi honeymoon di wilayah Indonesia diantaranya:

1. Pulau Lombok

Pada beberapa kawasan wisata Lombok, ada tempat-tempat yang berkesan sebagai lokasi bulan madu. Pasangan yang sedang dalam suasana bahagia biasanya datang dan menginap di wilayah Senggigi, Gili Trawangan, Gili meno maupun Gili Air. Dan beberapa obyek yang dikunjungi yang tidak menyita waktu serta tenaga diantaranya pantai Tanjung Aan, Kuta Lombok dan Taman Narmada yang sangat indah. Sangat tidak sarankan jika liburan khusus ini diisi dengan mengunjungi Segara Anakan dan Pantai Pink.

Walaupun kedua obyek ini super indah dan terbaik di Indonesia, tetapi menuju ke tempat wisata tersebut butuh tenaga, waktu dan perjuangan yang melelahkan. tentu saja tidak disarankan untuk pasangan yang baru saja menikah.

2. Pulau Bali

Tanah Lot Bali
Tidak semua kawasan di pulau ini yang cocok untuk merayakan bulan madu berdua. Sebagian tempat di Bali sudah terlalu ramai dan menjadi kurang nyaman untuk berduaan. Wilayah Kuta dan Benoa bukan tempat yang cocok menurut kami. Jika anda ingin berbulan madu ke tempat yang nyaman, romantis dan berhawa sejuk, pilihan pertama tentu saja di sekitar pura Ulun Danu di Bratan. Sedangkan alternatif lain yang tidak kalah romantisnya adalah di kawasan Kintamani serta di Bedugul dan Ubud.

Cobalah cek ke travel agent langganan anda. Jika anda menanyakan tentang paket wisata khusus ke Bali terkait merayakan honeymoon, pasti mereka merekomendasikan tempat-tempat indah dan sejuk yang telah kami sebutkan. Jika anda ingin menginap di wilayah Pantai, maka alternatif terbaik bagi anda dan pasangan adalah bermalam di kawasan Dreamland atau pantai Karma. Kedua tempat ini juga dikenal sebagai lokasi pre wedding yang terkenal di Indonesia.

3. Bunaken Manado

Tempat ini menjadi spesial dan seolah sudah dinobatkan menjadi tujuan bulan madu kelas dunia. Sebutan ini tentu ada dasarnya. Obyek wisata di Bunaken dikenal sebagai tempat spesial untuk Pangeran Charles dan Putri Diana saat menikah dulu. Setelah pasangan ini datang ke Indonesia khususnya di Manado, maka banyak pasangan yang mengikuti jejak mereka. Keindahan taman laut bisa dijadikan saksi cinta kalian berdua.
snorkeling di pesisir bunaken

6. Pantai Losari

Tempat romantis yang ada di pulau Sulawesi ini cukup sering dikunjungi oleh pasangan muda yang baru saja menikah. Terutama untuk warga Makassar. Jika sore hari, pantai Losari di Makassar memiliki semburat jingga yang sangat menawan yang dapat dinikmati dari jendela kamar hotel anda. Dan menjelang malam, anda dapat menikmati candle light dinner di resto-resto yang romantis di sepanjang pantai ini. Dan di pagi hari, berenang maupun menyelam berdua di sekitar pulau Salmalona merupakan pilihan yang tepat untuk pasangan muda.

4. Propinsi Babel

Obyek wisata di Bangka dan Belitung sangat direkomendasikan sebagai tempat menjalin kenangan untuk pasangan menikah. Memang, saat liburan panjang (high & peak season), wilayah ini menjadi sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh Indonesia. tetapi jika anda menghindari musim tersebut, ketenangan wilayah ini sangat direkomendasikan untuk merayakan hari spesial bersama pasangan. Anda dapat memilih mengunjungi pulau Bangka saja atau ke pulau Belitung saja. Jika waktu anda cukup panjang, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi keduanya.

5. Kawasan Lembang

Tempat berhawa sejuk ini sejak dulu menjadi tujuan liburan dan lokasi bulan madu warga jakarta. Perjalanan menuju kota Bandung cukup singkat sehingga sangat tepat untuk pasangan menikah yang hanya memiliki waktu merayakan pernikahan dengan durasi liburan pendek. Tempat wisata di Lembang jawa Barat ini juga cukup menarik dan tidak melelahkan untuk kalian berdua. Selain berendam di pemandian air panas di Ciater, berkunjung ke gunung Tangkuban perahu, anda juga wajib mencicipi makanan lezat di pasar apung di kawasan Lembang.

7. Raja Ampat

Walaupun secara total warga negara Indonesia yang datang ke tempat ini tidak banyak dan kebanyakan adalah petualang yang mapan secara finansial, tetapi kepulauan Raja Ampat sudah menjadi tujuan utama pasangan wisatawan asing untuk melakukan honeymoon. Keindahan alam yang masih natural dan suasananya yang sangat tenang, ditambah kemewahan resort yang dijadikan saksi cinta pasangan menikah adalah perpaduan yang sangat ideal untuk merayakan hari bahagia berdua. Jika dana tidak menjadi kendala, kami yakin andapun juga tertarik ke Raja Ampat, dan bisa saja berhari-hari beraktifitas di sekitar resort mewah dengan pemandangan mempesona seperti pada gambar di bawah ini.

8. Pantai Tanjung Lesung

Kawasan Banten memang memiliki banyak pantai menawan dan sering dijadikan sebagai lokasi bulan madu yang cukup dekat dengan kota Jakarta. Tanjung Lesung dipilih sebagai lokasi kenangan untuk pasangan yang baru saja menikah karena sangat tenang dan anda dapat menyelam berdua. Pemandangan alamnya juga tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali maupun Lombok. Memang, biaya menginap di hotel-hotel mewah di tempat ini cukup mahal, tetapi apa salahnya untuk moment yang terjadi sekali seumur hidup dirayakan berdua di tempat seperti itu. Apalagi jika anda sudah mencadangkan dana khusus untuk liburan berkesan penuh kenangan ini.

Demikianlah informasi bagi anda yang sedang mencari tempat berbulan madu di negara Indonesia yang bukan saja direkomendasikan untuk masyarakat domestik, tetapi juga untuk warga negara asing. Romantisme dan keindahan alam adalah obyek yang sangat tepat sebagai saksi cinta pasangan yang baru saja menikah. :D

Semoga bermanfaat
#KeepBlogging