8 Tips Agar Lebih Nyaman Berada di Bandara

Bandara merupakan tempat dimana kita bisa menumpang pesawat terbang ketika kita berpergian ke suatu tempat. Pesawat terbang memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.

Dengan menggunakan pesawat terbang perjalanan jauh yang kita tempuh dapat dicapai dengan tempo waktu yang singkat. Bandara sendiri bisa dibilang stasiunnya pesawat terbang.

Di bandara pesawat terbang hilir mudik di tempat ini. Seiring dengan perkembangan jaman bandara pesawat terbang mengalami perkembangan dimana bukan hanya tempat mendarat dan terbangnya pesawat yang masyarakat gunakan untuk berpergian.


Namun bandara pada jaman sekarang sudah ditunjang oleh sarana dan pra sarana yang memadai yang mampu membuat nyaman masyarakat yang menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi. Berikut 

1. Tiba di Airport setidaknya 2 jam sebelum penerbangan

Sebaiknya Kamu datang ke bandara 2 jam lebih awal dari jadwal keberangkatan pesawat, terutama jika Kamu tidak terbiasa dengan tata letak bandara. Gagal untuk menepati waktu keberangkatan pesawat adalah kesalahan umum yang membuat banyak uang terbuang sia-sia. Jika Kamu memesan pada tiket pesawat lewat layanan yang tidak resmi, tarif tidak dapat dikembalikan. Kamu juga akan dikenakan biaya $ 100 atau lebih untuk mengatur ulang jadwal keberangkatan Kamu.

Banyak masalah sering terjadi di bandara besar, di mana garis antrian hampir selalu lambat bergerak. Hal ini lebih parah terjadi selama liburan, ketika banyak wisatawan pemula memperlambat arus antrian yang harus mereka lalui di pos-pos pemeriksaan keamanan. Dengan tiba lebih awal di bandara, Kamu akan lebih rileks menunggu keberangkatan pesawat.

2. Timbang barang bawaanmu dari rumah

Bandara mempunyai peraturan yang sangat ketat untuk batas berat barang bawaan Kamu. Batas berat ini biasanya sekitar 50 pound atau 23 kg. Jika Kamu melewati batas, mungkin saja Kamu perlu mengeluarkan beberapa barang dari koper. Jangan tunggu memeriksa berat barang bawaan Kamu di bandara dan mendapatkan masalah karena tidak sesuai peraturan. Kamu dapat mengeceknya terlebih dahulu di rumah dengan menimbang koper Kamu di timbangan untuk mengukur berat badan.

3. Tempatkan dokumen-dokumen penting dalam satu folder

Jika Kamu akan kuliah di luar negeri atau hanya melakukan beberapa pekan bepergian, Kamu harus menyimpan salinan paspor, visa, tiket pesawat, info hotel, dll yang harus dibawa saat Kamu terbang. Tempatkan semua dokumen perjalanan Kamu dalam satu folder agar mudah dicari. Simpan dokumen-dokumen Kamu dengan baik karena sering menjadi sasaran pencurian.

4. Saat melewati pemeriksaan, bersiaplah untuk melepas jaket, sabuk, dan sepatu

Anda mungkin harus melepas jaket, sabuk, dan sepatu di check-in counter ketika melewati pemeriksaan keamanan sebelum Kamu masuk ke pintu gerbang dan ketika naik ke pesawat. Pemeriksaan keamanan lebih mudah dilakukan apabila Kamu mengenakan pakaian simpel di bandara. Sebaiknya Kamu juga menyiapkan paspor dan tiket pesawat di tempat yang dapat diakses dengan mudah saat pemeriksaan.

5. Bersiap untuk mengeluarkan laptop dari dalam tas

Jangan menaruh laptop di bawah pakaian cadangan, perlengkapan mandi, buku, games, makanan, dan apa pun yang Kamu miliki di koper Kamu karena Kamu pasti akan diminta untuk membawanya keluar dari tas Kamu untuk pemeriksaan keamanan. Setelah diperiksa, petugas biasanya meletakkan laptop Kamu di sebuah kotak yang terpisah dari sisa barang-barang Kamu lainnya.

6. Pakailah jaket yang memiliki kantong

Alih-alih melemparkan semua yang Kamu miliki di saku celana Kamu (misalnya uang, dompet, kunci, dan telepon) sebaiknya Kamu memasukan semuanya di kantong jaket. Dengan cara ini, Kamu tinggal mengambil jaket Kamu dan mengosongkan kantongnya saat pemeriksaan. Hindari gesper sabuk besi dan banyak uang koin karena akan menimbulkan masalah saat melewati detektor logam. Semakin barang logam yang Kamu bawa, semakin lama pula proses pemeriksaan melewati detektor logam yang harus Kamu jalani.

7. Jangan membawa barang-barang yang dilarang ke airport

Ada peraturan yang berbeda di setiap negara mengenai larangan barang bawaan di bandara. Sebaiknya Kamu memeriksa peraturan tersebut sebelum Kamu mulai mengemas barang-barang bawaan Kamu. Di Amerika Serikat, kontainer boleh tidak lebih berat dari 3 ons dan harus dimasukkan ke dalam kantong plastik ukuran standar 1 liter. Di kebanyakan negara Eropa, batas tersebut adalah 100ml (dekat dengan 3 ons) dan sama seperti di Amerika Serikat, semua kontainer harus muat dalam kantong plastik ukuran standar 1 liter.

8. Berpakaian dengan nyaman dan sopan

Ketika Kamu sampai ke keamanan, bersiaplah untuk melepas sepatu, ikat pinggang, topi, jaket, dll. Kecuali Kamu mengenakan sepatu kets atau sepatu boots, Kamu mungkin akan diminta untuk melepas apa pun yang Kamu pakai di kaki Kamu.

Lebih baik menunggu sampai Kamu diminta untuk melepas sepatu Kamu, tapi Kamu harus selalu siap. Sebaiknya jangan memakai ikat pinggang Kamu karena gesper ikat pinggang berbahan dari logam sehingga akan membunyikan alarm. Jaket Kamu juga harus segera dilepas setelah Kamu sampai ke keamanan. Gunakanlah pakaian yang sopan sehingga Kamu akan merasa nyaman selama berada di bandara dan di pesawat.

Semoga bermanfaat
#KeepBlogging