9 Tips Mendapatkan Makanan Enak Di Pesawat

Saat kamu memutuskan traveling atau perjalanan dinas dengan transportasi udara, pernah gak sih pilihan makanan ada di benakmu? Akui saja! Selain soal harga, kenyamanan, kursi, dan reputasi penerbangannya, fasilitas berupa makanan pasti pernah kamu pertimbangkan.

Menghabiskan waktu berjam-jam di udara dan melewati jam makan siang ataupun malam, siapa sih yang tidak kepikiran untuk makan? Kalau ini diabaikan, bisa-bisa kamu sakit di atas sana. Perjalananmu pun kurang nyaman dinikmati. Untuk panduan memilih makanan enak di pesawat, berikut tips mendapatkan makanan enak di pesawat:

1. Kalau ada pilihan nasi atau mie, pilihlah mie

Kamu yang tidak bisa lepas dari nasi, mungkin harus memperhatikan ini. Meskipun nasi lebih mengenyangkan, namun di atas udara, perutmu lebih mudah mencerna mie. Ini karena tekstur mie yang lebih basah.

2. Kalau bisa, pesan menu via online supaya bisa dipersiapkan sebelumnya oleh pihak airlines.

Maskapai penerbangan tertentu, misalnya AirAsia, sudah menyediakan layanan pesan makanan sebelum hari keberangkatan. Keuntungan pemesanan ini, kadang maskapai memberikanmu diskon pembelian. Saat sudah berada di pesawat pun, makanan favoritmu pasti tersedia dan disajikan lebih dahulu. Enak, kan?

3. Mintalah pramugari tepat waktu mengantar menu makan

Kamu yang tidak boleh makan telat, harus banget meminta makanan siap tepat waktu! Jika perlu, mintalah sebelum pramugari menawarkan. Gawat banget kalau maag, masuk angin, atau sakit kepala kumat di pesawat gara-gara telat makan. Sedangkan itu, kamu harus melalui perjalanan berjam-jam di udara

4. Tanyakan kandungan apa saja dalam menu pada Maskapai penerbangan 

Kebanyakan menu yang ditawarkan dalam pesawat, sudah diolah dan dimasak ketika masih ada di daratan. Setelah itu, menu dikemas dan disimpan dalam pesawat. Ketika penumpang ingin makan, menu tadi tinggal dihangatkan saja dengan oven. Bukan dengan kompor atau api terbuka. Prosedur ini sengaja dilakukan demi keamanan perjalanan.

Jika kamu memang punya alergi atau pantangan, lebih baik tanyakan kepada pramugari yang bertugas. Jika masih bisa memodifikasi makanan sebelum dihangatkan, mintalah hal tersebut. Dengan demikian, kamu tidak akan merugi.

5. Utamakanlah gizi yang kamu terima dari makanan tersebut

Kadang, penampilan yang cantik disesuaikan dengan kelas penerbangan kamu. Jika kamu naik kelas ekonomi, ya jangan harap mendapat menu-menu ala restoran atau hotel berbintang lima. Lebih baik, utamakan pilihan menu yang mencukupi kebutuhan gizi. Ada nasi (atau sumber karbohidrat lain), sayur, lauk utama (dan lauk pendamping jika dibutuhkan), serta minum. Penampilan soal belakangan, deh!

6. Pastikan juga besarnya porsi cukup untuk mengenyangkanmu

Karena kamu gak mungkin mampir turun ke daratan di tengah perjalanan, pastikan menu yang dipilih membuatmu kenyang. Sehingga, kamu tidak perlu bolak-balik pesan makanan dan bolak-balik membayar. Kan lebih efisien.

7. Pilihlah menu dengan rasa gurih atau mengandung rempah.

Hal ini sudah diteliti oleh para ilmuwan, lho! Dikutip dari situs BBC Indonesia, ketika kamu terbang dengan ketinggian 30.000 kaki, selera makanmu akan berbeda dengan saat masih di darat. Fungsi lidah dan hidung melemah karena kurangnya kelembapan udara dan rendahnya tekanan udara.

Di saat seperti itulah, rasa asin dan manis akan hilang. Justru yang akan dominan adalah rasa gurih (umami) dan cita rasa yang dihasilkan dari makanan berempah. Karenanya, pilihan menu dengan rasa gurih dan berempah tidak akan salah.

8. Pakailah penutup telinga saat makan

Suara bising dari mesin pesawat juga mempengaruhi kenikmatan makanmu, lho! Coba bayangkan! Ketika kamu ada di resto dengan nuansa tenang, pasti makanmu terasa nikmat dan lahap. Tapi bagaimana jika kamu makan di tempat yang terlalu ramai? Selera dan fokusmu makan pasti berubah juga kan? Makanya, siapkan penutup telinga sebelum kamu naik ke atas pesawat.

9. Cek kenikmatan makanan dari maskapaimu dari dunia maya. Misalnya di situs Airline Meals.

Jika ingin menu yang nikmat dari pesawat yang kamu tumpangi, tidak ada salahnya mensurvey terlebih dahulu maskapainya sebelum pesan tiket. Kini, sudah ada situs khusus yang membahas khusus tentang ini. Ada banyak sekali review tentang menu dari seluruh maskapai penerbangan di dunia. Baik itu kelas ekonomi hingga kelas VIP sekalipun.

Semoga bermanfaat
#KeepBlogging