Sumber Air Panas Ajaib Aiq Kalak di Gunung Rinjani

Travellink - Jika berkesempatan mengunjungi Gunung Rinjani, tak ada salahnya jika mampir ke Aiq Kalak. Tempat ini bisa diakses dari Segara Anak, danau kawah yang jadi ciri khas Rinjani. Mata air panas ini juga termasuk situs penting bagi suku Sasak.

Secara harfiah, Aiq Kalak atau Aik Kalak berarti air panas. Mata airnya terbagi menjadi beberapa kolam air panas berwarna kecoklatan. Tak kalah indah dari Terme di Saturnia yang ada di Italia. Salah satu sumber air panas bernama Pangkereman Jembangan. Sesuai namanya yang berarti tempat untuk mencelupkan kaki, kolam ini biasa digunakan untuk berendam.

Airnya yang mengepulkan uap hangat dikenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain encok dan penyakit kulit. Warga sekitar yakin berendam di Aik Kalak bisa menajamkan kelima panca indera, menyejukkan jiwa, serta menjadikan awet muda. Mereka bahkan membuat obat tradisional dari air di sini. Air panas yang berkhasiat dicampurkan dengan santan kental dan jadilah Siu Satunggal, minyak mujarab yang mampu menyembuhkan seribu macam penyakit.

Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan, kabarnya aliran Aiq Kalak bisa digunakan untuk menguji kesaktian pusaka. Pada waktu tertentu, keris, tombak atau senjata kuno lainnya dicelupkan ke Aiq Kalak. Jika berubah menjadi lengket, berarti pusaka tersebut tidak memiliki kesaktian. Namun jika senjata tersebut semakin bersih dan berkilau, berarti kesaktiannya sudah terbukti.

Boleh percaya atau tidak, yang pasti eksotisme Aiq Kalak akan mempesona siapa saja yang memandangnya. Sumber : Tantri Setyorini

Semoga bermanfaat
#KeepBlogging