Camping Keluarga...? Mengapa Tidak !!

Camping Keluarga
Ingin punya liburan seru, tak terlupakan namun hemat biaya? Coba lakukan camping keluarga!

Jika musim liburan akan tiba dan saatnya kita bebaskan anak-anak dari tugas, ulangan dan segala kegiatan yang ada hubungannya dengan sekolah.

Anda ingin menghadiahi anak-anak sesuatu sebagai penghargaan atas kerja keras mereka selama ini dalam hal akademis, namun tak punya ide mengenai tempat atau aktivitas liburan yang berkesan untuk mereka. Mengapa tidak mencoba melakukan sesuatu yang baru bersama anak ? Camping keluarga, misalnya.

Camping keluarga kami rekomendasikan sebagai aktivitas pengisi liburan yang tepat dan mengasyikkan untuk seluruh keluarga.

Mendirikan tenda bersama, menata bagian dalam tenda, belajar memasak, berbagi makanan dengan anggota keluarga lain adalah sebagian kecil hal-hal yang dapat dipelajari anak dalam camping keluarga. Ia akan belajar bagaimana cara bekerja sama dengan orang lain untuk suatu tujuan.

Anda juga dapat mengenalkan cara-cara hidup bersahabat dengan alam dan pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar melalui kegiatan ini.

Mungkin Anda suka camping semasa belum menikah, tapi menurut Anda camping keluarga dengan membawa anak-anak bukanlah ide bagus karena pasti ribet. Di rumah saja mereka sudah merepotkan Anda, apalagi jika diajak menginap di luar ruangan!

Eits, jangan putus asa dulu. Bukan tidak mungkin anak-anak malah menyukainya, dan itu sangat tergantung dari keberhasilan camping perdana yang Anda adakan.

Tak perlu khawatir seandainya Anda belum berpengalaman dalam menyelenggarakan camping keluarga, karena kami punya beberapa tips agar acara Anda sukses dan mengasyikkan:

1. Sosialisasikan

Sosialisasi tentang camping keluarga penting agar anak tidak merasa kecewa dengan apa yang akan ditemui dan dialaminya nanti di lokasi perkemahan.

Jika mereka tampak tidak tertarik, tunjukkan gambar-gambar tenda untuk berkemah dan ajak mereka membayangkan bagaimana rasanya tidur dalam tenda.

2. Pilih lokasi

Camping keluarga tentu sedikit berbeda dengan camping yang Anda lakukan bersama teman-teman semasa sekolah atau kuliah. Jangan pilih medan yang terlalu berat untuk dijangkau seperti di dalam hutan, misalnya. Sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota dan suasananya tidak terlalu sunyi.

3. Survey lokasi.

Survey lokasi penting agar Anda tak kesulitan mencari toilet atau air untuk keperluan memasak. Dengan melakukan survey Anda dapat memutuskan jenis tenda dan peralatan apa saja yang harus Anda bawa untuk camping keluarga.

4. Lama berkemah.

Rencanakan dengan seksama berapa hari camping akan dilakukan, karena ini penting untuk menentukan peralatan apa saja yang harus Anda bawa.

Sedangkan peralatan yang perlu dibawa saat camping keluarga adalah:

- Pakaian ganti, jaket, jas hujan, topi
- Peralatan mandi
- Senter dan LED
- Air minum dalam kemasan
- Peralatan memasak seperti panci untuk memasak nasi, nesting, kompor spiritus atau kompor    paraffin
- Peralatan makan
- Sleeping bag dan selimut
- Losion anti nyamuk
- Sepatu untuk hiking, sandal karet dan kaos kaki
- Bahan makanan, antara lain  beras, makanan kaleng (sarden dan kornet) dan sayur-sayuran  yang tahan lama (wortel, buncis, kentang dsb.)
- Cemilan
- Obat-obatan
- Korek api
- Kamera untuk keperluan dokumentasi

Selamat camping bersama keluarga...!!!


Semoga bermanfaat
#KeepBlogging