Tips Lengkap Menyusun Anggaran Liburan Keluarga

Keluarga
Ingin liburan dengan keluarga...! Baiknya anda segera merencanakan dan menyusun anggaran liburan sekeluarga. Apalagi bila Anda merencanakan untuk menggunakan transportasi udara atau kereta api; memesan tiket jauh-jauh adalah pilihan yang terbaik.

Merencanakan dengan matang anggaran liburan tidak hanya bermanfaat agar tidak melebihi budget. Namun juga membuat liburan dapat kita dinikmati dengan maksimal.

Jangan lupa, susun anggaran sesuai dengan dana yang telah tersedia. Jangan masukkan tambahan dana dari bonus tahunan, bila uang belum masuk ke dalam rekening.

Agar bisa menikmati liburan dengan maksimal tanpa kawatir mengganggu dana harian, mari kita lihat pos pengeluaran beserta besarannya yang harus ada dalam anggaran liburan sekeluarga. 

Besaran anggaran liburan sekeluarga

Besar anggaran liburan untuk setiap keluarga tentulah bervariasi; tergantung dari tujuan atau malah alokasi dana yang ada.

Namun yang pasti, anggaran liburan tidak boleh menyinggung pos dana keperluan sehari-hari, terlebih pos dana darurat dan pendidikan anak.

Tidak perlu memaksakan diri untuk ke luar kota, jika memang anggaran yang tersedia belum mencukupi. Cobalah ide aneka pengisi liburan dari artikel kami yang terdahulu.

Dan jika saat ini sudah mempersiapkan dana untuk liburan akhir tahun ini, berarti saatnya untuk menghitung besaran pos-pos dana keperluan liburan.

Berikut tips lengkap menyusun anggaran liburan

1. Anggaran transportasi

Biaya transportasi termasuk salah satu biaya utama dalam anggaran liburan. Besar untuk anggaran ini bisa mencapai 25% dana liburan. Anda dapat berlangganan newsletter dari agen penjual tiket, maskapai penerbangan yang biasanya menawarkan harga tiket diskon untuk perjalanan 2-3 bulan yang akan datang.

Untuk menghindari kehabisan dana untuk tiket pulang, belilah tiket pulang-pergi di depan.

2. Biaya menginap

Akomodasi memang salah satu biaya yang tidak dapat dihindari selama liburan. Biaya menginap bisa Anda anggarkan sekitar 20%.

Ada beberapa cara untuk mengurangi biaya penginapan. Seperti memanfaatkan feed dari pelbagai situs perjalanan yang bekerja sama dengan aneka hotel atau tempat penginapan. Menggunakan layanan agen travel besar juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penginapan yang murah.

Layanan internet kini juga membuat peluang mendapatkan aneka diskon liburan lebih besar. Untuk itu luangkan waktu untuk membaca review dari para traveler sekaligus mencari promo akomodasi yang murah.

3. Anggaran makan

Pada umumnya, anggaran makan mengambil 15% dari dana yang anda sediakan. Jika ingin sedikit berhemat, cobalah mencari penginapan dengan model guest house yang biasanya menyediakan fasilitas dapur untuk memasak beberapa makanan ringan.

Namun bila anda tidak dapat menemukan penginapan dengan fasilitas serupa, jangan lupa untuk menambahkan satu hari biaya makan pada pos dana ini.

4. Anggaran tiket masuk wahana wisata

Beberapa wahana wisata memerlukan biaya untuk memasukinya. Jadi, lebih baik tetapkan dari awal wahana atau daerah wisata mana saja yang hendak dikunjungi. Pilih satu atau dua wahana lain sebagai cadangan bila wahana yang dituju sedang tidak dibuka untuk umum.

Anda dapat menganggarkan biaya tiket ini sebesar 15%.

5. Anggaran belanja cendera mata dan oleh-oleh

Tidak lengkap rasanya jika berlibur dan tidak membawa oleh-oleh untuk saudara atau teman di rumah. Sisihkan dana khusus untuk keperluan ini. Belanja sering kali membuat kita kalap. Jadi dengan menyediakan dana khusus akan meminimalisir kemungkinan mengeluarkan biaya belanja yang berlebih.

6. Anggaran tak terduga

Meski anda sudah memiliki asuransi perjalanan, tetap anggarkan dana untuk biaya tak terduga selama liburan.

Semoga Bermanfaat
#KeepBlogging