10 Tempat Wisata Di Penang Yang Wajib Di Kunjungi

Wisata Penang
Tempat Wisata Di Penang Yang Wajib Di Kunjungi - Penang merupakan pulau yang terletak di barat laut Malaysia. Penang tempat wisata yang disukai selain Johor Bahru dan Kuala Lumpur.

Penang juga dikenal dengan wisata budaya, pantai, kuliner, dan tempat belanja sehingga tidak asing jika Penang banyak dikunjungi oleh turis. Nah Apa saja tempat wisata di Penang yang wajib dikunjungi? Simak ulasan berikut ini :

1. Wisata Penang Hill


Penang Hill merupakan salah satu site wisata Penang yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari Indonesia. Selain memiliki beberapa tempat menarik untuk disambangi seperti Owl Museum, tempat yang dikenal dengan nama Bukit Bendera akan menyediakan udara yang sejuk bagi pengunjung dan menjadi pilihan tempat wisata favorit di Penang.


Penang Hill merupakan kawasan perbukitan, untuk dapat mencapai puncak, pengunjung harus menggunakan kereta Penang Hill Railway. Kereta tersedia dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam. Pemandangan yang indah selama perjalanan sehingga menaiki kereta akan menjadi sebuah pengalaman yang unik.


Pilihan lain dari kereta dengan harga tiket 30 Ringgit, dengan menggunakan jasa taksi, namun penggunaan taksi di daerah ini tidak menggunakan meteran argo. Disarankan untuk lebih dahulu bertanya ke petugas hotel berapa harga yang normal untuk rute yang akan Anda tempuh.



2. Wisata Penang Bridge

Penang Bridge merupakan salah satu jembatan yang paling terpanjang di dunia, dengan panjang lebih dari 13,5 KM. Penang Bridge merupakan sebuah jalan bebas hambatan, yang menghubungkan Seberang Prai di daratan Malaysia dan Bayan Lepas di pulau Penang. Jembatan ini diresmi kan tahun 1985 dan telah menjadi salah satu ikon Malaysia dikarenakan desainnya yang khas. Selain itu, Penang Bridge juga amat berkontribusi dalam pergembangan ekonomi, sosial, dan budaya.


3. Wisata Sri Mahamariamman Temple

Berlokasi di George Town, Penang, Sri Mahamariamman Temple merupakan tempat wisata di Penang yang paling menarik perhatian. Kuil ini adalah kuil Hindu tertua di Penang. Tempat ini menawarkan kemeriahan ornamen kebudayaan India kuno dengan banyak patung dewa-dewi Hindu. Tarif tiket masuk Sri Mahamariamman Temple adalah gratis. Tidak hanya itu Anda juga bebas memotret seluruh sudut Sri Mahamariamman Temple, kecuali area altar utama. Tempat ini buka dari jam 6.30 pagi sampai dengan jam 12 siang, dan dari jam 4.30 sore sampai dengan jam 9 malam.


4. Wisata Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple berlokasi di Air Itam merupakan kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Kuil yang berusia lebih dari 1 abad ini berada di lokasi sebuah bukit yang indah yang mengadopsi gaya kuil di Thailand dengan campuran ornamen khas China yang rumit. Kuil ini dapat di kunjungi dengan menggunakan bus umum dari George Town.


5. Wisata Plaza Gurney

Plaza Gurney merupakan tempat wisata belanja yang selalu ramai dengan pengunjung. Dengan adanya berbagai jenis toko, Anda dapat menemukan berbagai jenis barang mulai dari yang murah sampai dengan yang harga mahal. Pusat belanja yang berada di tepi pantai ini adalah tempat yang sangat pas untuk berburu oleh-oleh.


6. Wisata Fort Cornwallis

Fort Cornwallis merupakan salah satu tempat wisata di Penang yang berusia paling tua. Dibangun pada tahun 1786, Fort Cornwallis adalah sebuah benteng yang berfungsi untuk mempertahankan kekuasaan Inggris walaupun pada akhirnya benteng ini lebih berfungsi sebagai pusat administrasi dari pada sebagai benteng pertahanan. Saat ini Fort Cornwallis masih banyak dikunjungi wisatawan yang sangat ingin melihat peninggalan sejarah Penang, seperti lampu kuno, kapel, penjara, sampai dengan meriam.


7. Wisata Penang Toy Museum

Penang Toy Museum merupakan museum yang unik karena mempunyai koleksi berupa berbagai jenis mainan dari seluruh penjuru dunia. Berlokasi di Jalan Tanjung Bungah, Penang Toy Museum akan membuat anak Anda tidak ingin pulang karena ribuan mainan yang ada di sini. Tarif tiket masuk Penang Toy Museum untuk wisatawan asing adalah 30 Ringgit atau sekitar 110.000 Rupiah.


8. Wisata Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion yang berlokasi di George Town merupakan sebuah museum yang berunsur peninggalan sejarah dan budaya. Dulu, bangunan ini adalah tempat tinggal seorang kaya keturunan China yang menyukai barang-barang bernilai seni berupa perhiasan, furnitur, artifak, dan lain-lain. Tarif tiket masuk Pinang Peranakan Mansion adalah 20 Ringgit, atau sekitar 75.000 Rupiah.


9. Wisata Queensbay Mall

Queensbay Mall berlokasi tidak jauh dari bandara Penang. Mall ini adalah salah satu mall yang paling besar di Penang sehingga tidak perlu diragukan lagi kelengkapan dan pengalaman wisata belanja yang ditawarkannya. Selain berbelanja dan berwisata kuliner, di Queensbay Mall Anda juga dapat bermain di pantai karena mall yang tidak pernah sepi pengunjung ini berlokasi di pinggir pantai.


10. Wisata Cheong Fatt Tze Mansion

Berlokasi di George Town, Cheong Fatt Tze Mansion merupakan sebuah peninggalan imigran China yang dibangun pada tahun 1880 oleh seorang pedagang bernama Cheong Fatt Tze. Rumah ini mempunyai 38 kamar, dibangun dengan mengikuti kepercayaan feng shui. Rumah besar yang mempunyai warna biru ini akhirnya dibeli oleh seorang pengusaha Malaysia supaya tidak dirubuhkan dan tetap terjaga nilai historisnya. Sekarang ini selain sebagai tempat wisata di Penang, Cheong Fatt Tze Mansion juga sering digunakan sebagai tempat pengambilan gambar berbagai jenis film.


Semoga bermanfaat
#KeepBlogging