Pesona Keindahan Wisata "Pulau Burung di Belitung

Pesona Keindahan Wisata Pulau Burung di BelitungDestinasi wisata di Pulau Belitung terutama pantainya mempunyai ciri khas berupa adanya batu granit beraneka ukuran yang tersebar di pinggir pantai maupun di perairan sekitar pantai. Hal inilah yang membuat beda pantai-pantai di pulau Belitung dengan pantai di daerah tempat lain.

Untuk berkunjung menikmati objek wisata di pulau Belitung, anda dapat berwisata dari pulau ke pulau. Banyak pulau-pulau kecil disekitar pulau utama Belitung yang dapat dikunjungi seperti Pulau Lengkuas, pulau pasir, Pulau Kepayang atau Pulau Babi dan pulau Burung.
Pesona Keindahan Wisata Pulau Burung di Belitung

Pulau Burung di Belitung adalah salah satu objek wisata pantai di Belitung, di sekitar lokasi pulau ini terdapat batu granit besar yang bentuknya menyerupai kepala burung yang sedang mengerami telurnya.

Letak, akses jalan atau rute menuju lokasi wisata Pulau Burung di Belitung

Pulau Burung berlokasi tidak jauh dari pulau Lengkuas yang sudah menjadi simbol wisata pulau Belitung yang favorit dengan mercusuar di tepian pantainya. Untuk menuju ke pulau Burung atau pulau Lengkuas ini, anda dapat bergabung dengan trip hooping island yang salah satu tujuannya pasti berkunjung ke pulau Burung ini. Gerbang utama untuk trip hooping island di Belitung dapat melalui pantai Tanjung Kelayang, untuk menuju ke pantai Tanjung Kelayang bisa kita tempuh sekitar 30 - 45 menit perjalanan dari kota Tanjung Pandan dengan kendaraan bermotor. Di pantai ini banyak nelayan ataupun pemilik kapal yang bisa anda sewa untuk mengantarkan anda berwisata dari pulau ke pulau di Belitung. Harga sewa kapal di pantai ini sekitar Rp. 350.000 - Rp. 500.000 (tergantung nego) dengan kapasitas sekitar 8 orang.

Perjalanan kapal dari pantai Tanjung Kelayang menuju pulau Burung sekitar 30 menit perjalanan, sepanjang perjalanan mata anda akan dimanjakan dengan jernihnya air dan beraneka ragam batu granit yang menyebar di perairan yang anda lewati.
Pesona Keindahan Wisata Pulau Burung di Belitung
Keunikan dan keistimewaan Pulau Burung di Belitung

Keunikan dari pulau Burung di Belitung adalah dengan adanya tumpukan batu granit besar di sisi tenggara dari pulau ini yang berbentuk unik menyerupai kepala burung. Menurut masyarakat setempat, nama pulau Burong diambil dari bentuk batu itu. Burong adalah bahasa Belitung untuk burung. Batu granit berbentuk kepala burung ini adalah salah satu trademark pulau Belitung yang terkenal dengan batu granit dengan aneka bentuknya. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, jangan lewatkan kesempatan berfoto dengan latar belakang batu granit berbentuk kepala burung ini.

Perairan disekitar pulau ini sangat jernih, dengan berpasir putih halus dengan suasana yang sangat tenang dan sepi membuat anda merasa tenang dan melupakan hiruk pikuk suasana kota yang sering membuat stress.

Harga tiket masuk dan fasilitas Pulau Burung di Belitung

Tidak ada tiket masuk yang harus kita bayar untuk mengunjungi pulau Burung di Belitung ini, anda hanya memerlukan sewa perahu untuk dapat sampai ke pulau ini, perahu dapat anda sewa full seharian dan akan mengantarkan anda berkunjung ke pulau-pulau kecil di sekitar pulau utama Belitung.

Di pulau Burung ini juga terdapat beberapa bungalow di bawah pepohonan kelapa yang bisa kita gunakan untuk ngaso disekitarnya setelah lelah beraktifitas keliling pulau. Untuk berkunjung ke pulai ini, sebaiknya persiapkan bekal makanan atau minuman karena tidak ada penjual di pulau yang tidak berpenghuni ini.
Pesona Keindahan Wisata Pulau Burung di Belitung

Penginapan atau hotel di sekitar objek wisata Pulau Burung di Belitung

Untuk akomodasi penginapan atau hotel selama berkunjung ke pulau Burung, anda dapat memilih hotel di sekitar kota Tanjung Pandan yang merupakan pusat kota di Belitung. Banyak pilihan hotel di kota tersebut, jika anda menginginkan penginapan atau hotel yang berdekatan langsung dengan pulau Burung, anda dapat memilih Tanjung Kelayang Resort, yang lokasinya berada di tepi pantai Tanjung Kelayang tempat kita menyebrang untuk sampai ke pulau Burung.

Demikianlah ulasan Wisata Bahari dengan pesona Pesona Keindahan Wisata "Pulau Burung di Belitung.

Semoga bermanfaat
#HappyTraveling