Pesona Wisata Pantai Klayar di Pacitan

Wisata Pantai - Pacitan adalah salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang memiliki beberapa lokasi menarik untuk dikunjungi. Objek Wisata di Pacitan dengan pesona keindahannya akan menjadi magnet untuk menarik para wisatawan domestik dan asing untuk dapat berkunjung ke kota kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini. Keindahan alam Pacitan dengan beberapa goanya, seperti goa Gong, goa Tabuhan, dan beberapa goa yang lain membuat kota Pacitan dikenal dengan sebutan kota seribu satu goa. Pacitan juga memiliki beberapa pantai cantik berpasir putih yang dapat membuat para traveller dan pecinta pantai berbondong-bondong berkunjung ke Pacitan untuk menikmati keindahan pantainya.
Pesona Wisata Pantai Klayar di Pacitan
Wisata Pantai Klayar, Pacitan
Pantai-pantai yang ada di Pacitan antara lain, Pantai Srau, Pantai Watukarung, Pantai Banyu Tibo, Pantai Teleng Ria, Pantai Buyutan, Pantai Soge, Pantai Taman, dan Pantai Klayar yang menjadi favorit dan primadona untuk dijadikan destinasi bagi para traveler atau wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

Pantai Klayar adalah salah satu icon wisata bagi kota Pacitan, pantai ini jadi sangat terkenal setara dengan pantai Teleng Ria yang sebelumnya sudah menjadi favorit bagi warga Pacitan karena lokasi pantai Teleng Ria berada di tengah kota, sedangkan pantai Klayar sangat jauh dari pusat kota dan sangat ramai pengunjung disaat hari libur atau weekend

Letak, akses jalan atau rute menuju objek wisata Pantai Klayar di Pacitan

Lokasi pantai Klayar berada di desa Kalak, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan - Jawa Timur, jaraknya sekitar 40 km sebelah barat dari pusat kota Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1 jam, atau sekitar 110 km dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Jalur menuju objek wisata pantai Klayar sangat menantang dengan kondisi jalan yang berkelok - kelok naik turun perbukitan dan kondisi jalan yang sangat sempit untuk dapat dilalui 2 kendaraan mobil yang saling berpapasan. Tidak ada angkutan umum yang melalui rute menuju pantai ini, jadi bila anda yang ingin berkunjung ke sana sangat disarankan untuk menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor untuk sampai di pantai Klayar. Kendaraan bus sangat tidak disarankan karena sempitnya jalan menuju pantai.

Rute jalan dari kota Surabaya menuju pantai Klayar di Pacitan bisa menggunakan jalur antar kota Surabaya - Mojokerto - Jombang - Kediri - Tulungagung - Trenggalek - Ponorogo - Pacitan dengan jarak tempuh lebih dari 8 jam. Sedangkan rute jalan dari kota Yogyakarta menuju pantai Klayar di Pacitan bisa menggunakan jalur Yogyakarta - Wonosari - Pracimantoro - Giribelah - Punung - Pantai Klayar dengan jarak tempuh sekitar 3 jam.
Pesona Wisata Pantai Klayar di Pacitan
Wisata Pantai Klayar, Pacitan
Keunikan dan keistimewaan objek wisata Pantai Klayar di Pacitan
Keindahan pantai Klayar memang tidak diragukan lagi, sebelum anda sampai di lokasi pantai, mata anda sudah dimanjakan dengan pemandangan khas perbukitan dengan hiasan pohon kelapa yang berjejer ditepian jalan. Bahkan sebelum sampai di lokasi pantai, pemandangan pantai Klayar terlihat begitu indah dari atas bukit sewaktu melewati jalanan menurun menuju pantai.

Hamparan pasir putih halus yang membentang luas menjadi nilai lebih diwaktu anda menikmati pantai ini. Pantai Klayar berbatas tebing tinggi di sisi kanan dan kirinya, jika anda menyusuri pantai ke arah kiri sampai ujung, anda akan menemukan batas tebing dengan kumpulan bebatuan atau karang menjulang tinggi yang membentuk formasi seperti patung Sphinx di Mesir jika anda dilihat dari kejauhan, dan disekitar lokasi ini pula terdapat seruling samudera yang menjadi ciri khas pantai Klayar di Pacitan ini. Seruling samudera adalah fenomena dimana terdapat cekungan yang ada dibagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai, saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut akan menyembur ke permukaan melalui celah-celah bebatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana seruling

Artikel terkait : Pesona Pantai Wisata Gili Trawangan di Lombok

Kita juga bisa naik ke perbukitan untuk melihat keindahan pantai Klayar dari atas bukit, tidak terlalu susah untuk naik ke atas bukit karena jalan setapak sudah dibuat untuk memudahkan kita naik ke atas perbukitan. Setelah sampai diatas, pemandangan pantai Klayar begitu indah sekali, nampak laut lepas berwarna biru dengan gulungan ombak yang menepi ke pantai, hamparan pasir pantai terlihat putih bersih, dan para wisatawan terlihat sangat kecil dari kejauhan, bahkan jika anda beruntung dapat melihat view hempasan ombak yang mengehempas karang dan menciptakan bunyi seruling samudera.
Pesona Wisata Pantai Klayar di Pacitan
Harga tiket masuk dan fasilitas Pantai Klayar di Pacitan

Tiket masuk ke pantai Klayar hanya Ro. 3.000 perorang, dengan membayar tiket tersebut anda sudah dapat menikmati keindahan pantai yang ada di Pacitan ini. Sedangkan untuk fasilitas di pantai Klayar, pengelola objek wisata ini sudah menyiapkan lahan parkir yang lumayan luas untuk menampung kendaraan pengunjung, warung-warung kecil di pinggir pantai juga dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan atau pengunjung untuk makan dan minum, toilet untuk bilas atau ganti pakaian juga dengan mudah anda jumpai, sedangkan untuk penginapan atau hotel masih sangat terbatas di objek wisata ini, sebagai alternatif penginapan atau hotel, bila anda memutuskan bermalam di Pacitan, anda dapat menyewa penginapan atau hotel di pusat kota Pacitan.