Pesona Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pesona Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pesona Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi - Banyuwangi adalah kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Disebelah utara Banyuwangi berbatasan dengan kabupaten Situbondo, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan selat Bali, dan sebelah selatan berbatasan dengan samudera Hindia.

Banyuwangi yang terkenal dengan sebutan the sun rise of Java memiliki banyak objek wisata pantai yang bisa membuat Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata di propinsi Jawa Timur. Lokasi wisata di Banyuwangi diantaranya adalah Kawah Ijen yang terkenal dengan blue fire dan kawah hijaunya, Taman Nasional Baluran seperti layaknya padang savana di Africa, Pantai Pelengkung atau G-Land yang dikenal dengan ganasnya ombak yang merupakan surga bagi peselancar berkelas dunia, Green Bay atau Teluk Hijau, dan Pantai Sukamade salah satu pantai yang dikenal dengan objek konservasi untuk habitat penyu. Dan satu lagi yang bisa menjadi ikon objek wisata Banyuwangi adalah pantai Pulau Merah, pantai berpasir putih halus ini dapat menjadi destinasi wisata keluarga jika berkunjung ke Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah atau Red Island merupakan sensasi objek wisata baru yang dimiliki Banyuwangi, Jawa Timur. Pulau kecil yang tidak jauh dari bibir pantai itu menjadi ikon wisata paling menarik perhatian dan paling banyak dikunjungi. Lokasinya yang langsung menghadap samudera Hindia menjadikan pantai ini memiliki banyak keunikan.

Letak, akses jalan atau rute menuju Wisata Pantai pulau Merah Banyuwangi

Lokasi Pantai Pulau Merah berada di dekat pemukiman penduduk di desa Sumberagung, kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Akses jalan ke pantai Pulau Merah terbilang mulus dan beraspal, sehingga menjadikannya destinasi wisata warga Banyuwangi dan penikmat wisata pantai dari berbagai daerah. Pantai Pulau Merah termasuk bagian dari rangkaian pantai di selatan Jawa Timur dapat ditempuh dalam waktu 2.5 jam menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor dari kota Banyuwangi atau sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi. Di sepanjang perjalanan pusat kota Banyuwangi dan hampir di setiap sudut jalan tersedia rambu-rambu penunjuk yang akan mengarahkan anda menuju kawasan wisata pantai Pulau Merah ini.

Keunikan dan keistimewaan Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Nama Pulau Merah dikaitkan pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut.
Pesona Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah mirip Pantai Kuta di Bali, akan tetapi ombaknya lebih bergulung, karena itulah memungkinkan peselancar dapat melakukan manuver dengan teknik tubes. Ombak di Pantai Pulau Merah dipastikan dapat menjadi destinasi peselancar pemula, amatir maupun profesional karena mempunyai ketinggian ombak rata-rata dua meter.

Daya tarik lain dari pantai ini yaitu lokasinya yang berdekatan dengan desa nelayan Pancer. Anda dapat memanfaatkan rumah warga untuk menginap, karena masih belum ada hotel disekitar lokasi wisata ini.

Bagi kalangan penggemar fotografi, sunset Pulau Merah adalah salah satu spot sunset paling bagus di Banyuwangi. Tidak banyak pedagang asongan yang ditemui disini, sehingga pantai ini tampak bersih dan asri. Pada saat liburan tempat ini akan semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing.

Penginapan atau Hotel di sekitar Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Lokasi pantai ini jauh dari pusat kota, sehingga belum ada hotel yang dibangun disekitar pantai ini. Namun jangan khawatir, anda dapat menginap disekitar pantai Pulau Merahdi rumah penduduk yang sengaja disewakan untuk para wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini. Anda dapat menyewa kamar atau homestay di rumah penduduk seharga Rp. 150.000 permalam perkamar, kamarnya lumayan bersih dan satu rumah berisi 3 kamar.

Harga tiket masuk dan fasilitas pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai ini disukai sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik di Banyuwangi, dan merupakan tempat favorit untuk menikmati sunset dan angin khas pantai, berfoto, bermain pasir, berjemur dan sebagainya. Untuk dapat masuk ke lokasi pantai, kita harus membayar biaya tiket masuk pantai Pulau Merah sebesar Rp. 2.500 per orang.

Sebagai tempat wisata untuk umum, pihak pengelola sudah melengkapi pantai ini dengan fasilitas pengunjung, diantaranya tempat parkir kendaraan yang sangat luas, warung atau tempat makan disekitar pantai untuk kebutuhan para pengunjung, payung pantai yang disewakan dan berjejer rapi di tepian pantai, gardu pandang untuk mengawasi semua pengunjung pantai, penginapan atau homestay.

Semoga bermanfaat
#Happytraveling