10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos

10 Objek Wisata Menarik di Vientiane, Laos
10 Objek Wisata Menarik di Vientiane, LaosBanyak sekali objek wisata menarik dan dikenal di Laos yang secara geografis dikurung oleh pegunungan di Asia tenggara. Negara yang sudah lama mengisolasi diri itu kini telah membuka diri dan berbondong bondong wisatawan mulai berdatangan untuk menikmati keindahan alam anugerah Tuhan yang dititipkan disana. Kota kota di negara yang memiliki alam dan peninggalan bangunan sejarah menarik ini terasa santai, bahkan di pusat ibukota Vientiane sendiri terasa seperti sebuah kota tepi sungai paling santai yang sangat mendukung untuk tempat liburan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Laos Diapit oleh Cina, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Myanmar, Laos memang sama sekali tak punya garis pantai, jadi bagi anda seorang traveler atau wisatawan yang menyukai pantai, ini bukan destinasi yang cocok bagi anda. Akan tetapi, negara ini mempunyai pegunungan hijau yang sangat menawan, dan mempunyai objek wisata yang tidak kalah menarik yang bisa dijadikan destinasi luar negeri yang patut dikunjungi. Laos memiliki salah satu kota yaitu Luang Prabang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Walaupun Vientiane berperan sebagai ibukota Laos, suasana di Vientiane tidaklah sesibuk ibukota negara lainnya di Asia Tenggara. Sebaliknya, Vientiane tampak sepi dan santai layaknya tempat-tempat peristirahatan yang tenang sehingga bisa menjadikannya objek wisata bagi anda yang ingin berkunjung ke negara ini. Bagi Wisatawan yang berkunjung ke kota Vientiane, anda dapat berjalan-jalan santai keliling kota, minum dan makan romantis di restoran, atau menyaksikan pemandangan sunset yang indah di tepi sungai Mekong. 

Sebagai ibukota Laos, Vientiane mungkin bisa dikatakan kota kecil. Akan tetapi aktifitas wisata di dalam kota kecil ini tak bisa dibilang kecil. Memang sebagai destinasi wisata, Vientiane mungkin kalah bila dibandingkan dengan kota lainnya, yaitu Luang Prabang. Tetapi beberapa tempat ini layak dikunjungi jika anda berkunjung ke Vientiane.

1. Objek wisata heritage : Stupa Phat Luang

Stupa Pha That Luang terletak di Vientiane, yakni salah satu monumen yang paling signifikan di Laos. Stupa ini mempunyai beberapa teras dengan masing-masing tingkat yang mewakili tahap yang berbeda dari pencerahan Buddha. Pha That Luang di perkirakan didirikan atas reruntuhan kuil khmer sejak abad 16 tersebut, konon sempat hancur oleh invasi Siam sekitar tahun 1828. Menurut sejarah Stupa Pha That Luang, pada tahun 1931 direkonstruksi kembali oleh Perancis.
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos
2. Objek wisata Sungai Mekong
Sungai adalah alat transportasi utama di Laos, karena daerah yang di lalui sungai yang konon terpanjang di Asia Tenggara tersebut memiliki panjang sekitar 4.350 km (2.703 mil). Para traveler mencatat, daerah tersebut mempunyai pemandangan yang sangat mengagumkan, khususnya mulai dari Huay Xai di perbatasan Thailand utara menuju ke Luang Prabang, atau arah sebaliknya.
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos
3. Objek wisata Sejarah : Monumen Patuxai
Monumen Patuxai merupakan icon Kemerdekaan Negara Laos dari Perancis, Patuxai Monument ini di bangun sekitar tahun 1957 Sampai 1968. Bagi anda yang ingin mengambil moment foto sebaiknya tempat ini menjadi arsip kelengkapan perjalanan anda saat berada di Laos. Anda akan Banyak menemukan banyak wisatawan asing berfoto di Monumen bersejarah ini. Untuk bisa naik sampai ke atas monumen biayanya murah hanya 3000 LAK.
4. Wisata belanja : Talat Sao Shopping Mall
Bagi anda yang gemar berbelanja tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata belanja untuk oleh-oleh atau untuk keperluan anda. Harga kaos i love laos dan i love vientiane dengan harga sekitar 15.000 - 20.000 lak. 
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos
5. Objek wisata : Buddha Park
Walau tidak terletak di kota vientiane, namun objek wisata ini berada sekitar 15 km dari pusat ibukota Laos. Tarif masuk objek wisata budha park cukup murah 5000 Lak. Bila anda mempergunakan motor jadi ada biaya tambahan parkir 3000 lak. Namun tidak ada sesuatu yang istimewa di dalam objek wisata ini, hanya budha tidur ala thailand, dan kepala budha dengan kaki cumi-cumi yang menjadi maskot laos.
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos
6. Objek wisata sejarah : Museum Polisi Laos
Dibangun sebagai museum nasional yang menyoroti revolusi tahun 1970-an yang terletak di sebuah bangunan kolonial Perancis. Pada tahun 2007, Amerika Serikat mendonasikan dana untuk membantu pengembangan museum.  Museum ini, yang dasarnya dibangun pada tahun 1925 sebagai tempat tinggal gubernur Perancis, menyajikan sejarah Laos, menyoroti perjuangan rakyat Laos untuk membebaskan negara dari penjajah dan kekuatan imperialis. Letak objek wisata ini di Samsenthai jalan, seberang Balai Budaya.
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos
7. Objek wisata : Wat Sisaket
Wat Si Saket merupakan Sebuah bangunan yang tidak terlalu besar dan merupakan sebuah museum. Anda tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar didalam ruangan objek wisata ini. Tetapi boleh mengambil gambar di luarnya.
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos
8. Objek wisata : Wat Si Muang
Wat Si Muang merupakan tempat sembahyang, ada beberapa orang lokal melakukan sembahyang disini. Bila anda ingin mengetahui nasib alias ramalan, objek wisata ini dapat dijadikan tujuan. Namun disarankan untuk membawa pemandu yang mengerti bahasa lokal untuk mengetahui ramalannya.
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos
9. Objek wisata : That Dam (Black Stupa)
That Dam (Black Stupa) merupakan bangunan yang mirip puncak wat berwarna hitam. Namun tidak banyak orang berkunjung ke objek wisata ini karena posisinya yang di tengah-tengah jalan (bundaran). Namun untuk sekedar duduk-duduk dan menikmati sore di bangku taman, tempat ini bisa menjadi pertimbangan. Selain dari itu ada sebuah kafe yang cukup modern di dekat sini.
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos
10. Objek wisata belanja : Night Market
Lokasi Night Market di Vientiane terletak dekat sungai Mekong. Ada baiknya anda mengunjungi dikala senja sambil menikmati matahari terbenam di tepian sungai Mekong. Jika suka jogging, tempat ini juga bisa jadi tujuan anda.
10 Objek Wisata Heritage Dan Sejarah di Vientiane, Laos

Semoga bermanfaat
Keepblogging