8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta

8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta
Spot Diving, Kepulauan Seribu Jakarta
Wisata Jakarta - Objek Wisata Kepulauan Seribu memiliki pesona tersendiri buat pencinta snorkeling dan diving. Kepulauan yang berada di teluk Jakarta ini menyimpan banyak hal yang menakjubkan di kehidupan bawah lautnya, dari ratusan jenis terumbu karang, ribuan jenis hewan-hewan dan biota laut sampai harta karun yang masih terpendam di perairaan Kepulauan seribu Jakarta. Hal inilah yang menjadikan Pulau Seribu dijuluk menjadi salah satu "surga bawah laut" yang ada di Indonesia.

Masyarakat Jakarta tak perlu jauh-jauh ke luar daerah, atau bahkan ke luar negeri, untuk snorkeling dan diving di tempat-tempat menawan. Karena di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, setidaknya ada 8 tempat snorkeling dan diving yang bisa Anda datangi.

Lihat Juga :
Berikut 8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta. Cocok untuk dikunjungi saat hari libur atau akhir pekan bersama:

1. Destinasi Spot Diving Pulau Semak Daun
8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta
Pulau Semak Daun, Jakarta. Pict: JejakPiknik
Semak Daun adalah salah satu pulau pilihan untuk snorkeling. Pulau ini tidak berpenghuni, cuma ada hamparan pasir dan pepohonan. Perairannya biru jernih, dan dangkal.

Selain snorkeling, anda juga dapat bermain di tengah hamparan pasir yang putih. Banyak turis yang mendirikan tenda lalu berkemah sampai pagi hari. Namun ingat, anda harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

2. Destinasi Spot Diving Pulau Pari
8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta
Pulau Pari Jakarta, Pict. wisatapulaupari

Pulau Pari disebut menjadi salah satu pulau "perawan" di Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki hutan bakau yang dapat dijelajahi wisatawan, selain dari aktifitas snorkeling di perairan penuh ikan dan terumbu karang.
Pulau Pari dijadikan sebagai areal Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Selain aktifitas snorkeling dan menjelajah hutan bakau, anda juga bisa bersepeda keliling pantai. Duduk di tepian pantai, mendengar deburan ombak, dan melihat pesona terbenamnya matahari senja.



3. Destinasi Spot Diving Pulau Kayu Angin Genteng
8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta
Wisata Pulau Kayu Angin Genteng Pict. Tribunnews
Pulau Kayu Angin Genteng adalah salah satu site favorit untuk snorkeling dan diving di Pulau Seribu. Pasir putih yang terhampar akan merayu Anda untuk dapat menjelajah lebih jauh. Di bawah lautnya pun tidak kalah indahnya, berbagai jenis ikan-ikan menari di antara sela karang dan tumbuh-tumbuhan laut. Pulau ini dekat dengan Pulau Macan, sehingga Anda dapat menginap di Pulau Macan dan kemudian melakukan aktivitas snorkeling dan diving di Pulau Kayu Angin Genteng tersebut

4. Destinasi Spot Diving Pulau Sepa
8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta
Wisata Pulau Sepa, Pict. Pulauseribu-resort
Sepa disebut pulau yang punya pasir terbaik di Kepulauan Seribu. Pulau yang tidak terlalu luas ini juga memiliki perairan jernih dan bersih, sehingga sangat cocok untuk snorkeling. Anda dapat melihat banyak biota laut terutama ikan hias warna-warni.

Di dermaga Pulau Sepa, anda juga dapat memancing ikan. Hal ini memang sering dilakukan warga sekitar. Anda bisa memancing sembari berbincang dengan warga lokal yang ramah.

5. Destinasi Spot Diving Pulau Ayer
8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta
Wisata Pulau Ayer Pict. Pulauseribu-resort
Pantai-pantai di Pulau Ayer juga menjadi site snorkeling pilihan turis. Pulau ini masih sangat natural, namun jangan khawatir, tempat ini sudah ada penginapan yang dapat dijadikan tempat bermalam. Bahkan sudah ada cottage yang bernuansa etnik Papua.

Di pulau ini juga hidup biawak dengan berbagai ukuran. Namun jangan takut, mereka tidak berbahaya asalkan anda tidak menganggunya.

6. Destinasi Spot Diving Pulau Pramuka
8 Destinasi Spot Diving Dan Snorkeling Terbaik Di Kepulauan Seribu Jakarta
Wisata Pulau Pramuka, Pict. Anekatempatwisata
Pulau Pramuka sangat terkenal dan menjadi spot para diver di seputaran Jakarta. Selain disebabkan indahnya alam bawah laut yang ada di lokasi pulau Pramuka ini, kegiatan menyelam di pulau ini juga sangat didukung dengan berbagai fasilitas yang sudah tersedia disini, diantaranya tersedianya Dive Center yang lengkap dengan segala perlengkapannya, dan fasilitas pendukung lainnya seperti rumah sakit dimana terdapat dokter ahli khusus yang bisa menangani pasien akibat trauma penyelaman serta fasilitas terapis chamber yang biasa dilakukan para penyelam selesai melakukan kegiatan menyelam (untuk mengeluarkan nitrogen dari dalam pembuluh darah).

Selain itu, pulau Pramuka termasuk dalam kategori pulau berpenghuni dan bukan pulau resort, sehingga di pulau ini bertebaran rumah penduduk dengan berbagai fasilitas perumahan lainnya, sekolah, perkantoran, warung makan, toko-toko, dan sebagainya.

7. Destinasi Spot Diving Pulau Gosong Perak
Wisata Pulau Gosong, Pict. Morning
Pulau Gosong Perak merupakan sebuah pulau yang hanya terdiri dari hamparan pasir yang seakan muncul ditengah lautan. Pulau ini akan menghilang dan tenggelam jika air pasang datang. Eksotisme pulau ini merupakan favorit oleh wisatawan Pulau seribu dan menjadi salah satu spot snorkeling yang paling banyak diminati karena keindahan dan keunikannya. Untuk akom0dasi kita dapat menggunakan fasilitas di Pulau Harapan

8. Destinasi Spot Diving Pulau Paton dan Timur

Pulau Paton dan Timur sangat terkenal untuk para pecinta diving, memiliki kedalaman sampai 32 meter. Pulau Petondan Timur sangat menantang anda buat menjelajah ke alam bawah laut pulau. Dilokasi ini banyak Kapal tenggelam yang sudah ditumbuhi karang berwarna-warni yang menakjubkan.  Untuk fasilitas pendukung anda bisa menggunakan resort Pulau Pantara dan kemudian menyewa kapal menuju Pulau Patondan Timur tersebut.