5 Kuliner Khas Yang Wajib Kamu Cicipi, Saat Wisata Ke Banjarmasin

5 Kuliner Khas Yang Wajib Kamu Cicipi, Saat Wisata Ke Banjarmasin
Kuliner Banjarmasin

Wisata Kuliner  - Kalimantan mempunyai pesona wisata menarik melalui kota-kota besarnya, salah satunya adalah Banjarmasin. Bukan hanya potensi destinasi wisata, namun kota yang terkenal dengan julukan Kota Seribu ini juga mempunyai objek wisata kuliner lezat yang layak untuk anda rasakan.

Seperti halnya kota-kota lain, Banjarmasin juga memiliki kuliner khas yang menawarkan citarasa yang menggugah selera. Bagi anda yang ingin mencicipi langsung kelezatan makanan khas Banjarmasin, berikut merupakan 5 wisata kuliner di Banjarmasin yang wajib anda coba.

Daftar 5 Wisata Kuliner Khas Banjarmasin

1. Wisata Kuliner Lontong Orari Banjarmasin
5 Kuliner Khas Yang Wajib Kamu Cicipi, Saat Wisata Ke Banjarmasin
Wisata Kuliner Lontong Orari Ayam, Banjarmasin
Nama kuliner yang akhirnya diambil dari komunitas ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia) ini berbentuk segitiga lebar dan pipih. Satu porsi full berisi dua lontong. Porsi ini benar-benar kelas berat.

Lontong ini diguyur opor nangka muda. Warna kuahnya tidak sekuning ketupat kandangan, karena bumbunya memang tidak memakai kunyit. Cara makannya mirip dengan ketupat kandangan, yaitu memakai tangan tidak memakai sendok. Buat anda yang tergiur mencoba, dapat menjajal Lontong Banjar yang ada di Rumah Makan Lontong Orari di Jalan Pahlawan (Simpang Kabel), Banjarmasin. Rumah makan ini buka dari pukul 19.00-07.00. Jadi jika tengah malam kita kelaparan, Lontong ORARI akan selalu siap dihidangkan.

2. Wisata Kuliner Ketupat Kandangan Banjarmasin
5 Kuliner Khas Yang Wajib Kamu Cicipi, Saat Wisata Ke Banjarmasin
Wisata Kuliner Ketupat Kandangan Ikan Haruan, Banjarmasin
Menu ini ternyata diciptakan pertama kali oleh masyarakat Kabupaten Kadangan, Kalimantan Selatan. Ketupat kandangan disajikan hanya dengan guyuran kuah santan mirip opor, berwarna kekuningan, ditaburi bawang merah goreng. Cara makannya sangat khas. Sekalipun berkuah, ketupat ini justru harus disantap tanpa sendok, melainkan dengan tangan. Ketupatnya dibelah dua ketika disajikan, lalu dihancurkan dengan tangan.

Beras Banjarmasin memang tidak pulen seperti di Jawa. Ditanak sebagai nasi pun hasilnya seperti nasi pera yang tidak lengket satu sama lain. Sungguh, cara makan yang sangat unik. Ketupat Kandangan semakin nikmat bila disantap dengan tusuk atau sate perut ikan atau telur ikan.
3. Wisata Kuliner Soto Banjar Banjarmasin
5 Kuliner Khas Yang Wajib Kamu Cicipi, Saat Wisata Ke Banjarmasin
Wisata Kuliner Soto Banjar, Banjarmasin
Soto Banjar lebih akrab bagi selera nusantara, tetapi memang paling afdol merasakan soto Banjar di daerah asalnya. Soto Banjar disajikan dengan lontong, kuah soto bening tanpa santan, ditambah dengan perkedel kentang, irisan wortel, irisan telur, dan soun. Soal rasa, Soto Banjar memang leker, sangat nikmat! Aromanya yang kaya rempah, mampu membuat lidah tidak sabar untuk menikmatinya, apalagi bila ditambahi potogan paha ayam kampung.

Semakin komplit rasanya. Selain Soto Banjar, ada juga Sop Banjar. Sebetulnya antara Sop Banjar dan Soto Banjar nyaris tidak ada bedanya. Yang membedakan keduanya hanyalah cara penyajiannya. Kalau Soto Banjar disajikan dengan lontong, sementara sop banjar disajikan dengan nasih putih.

4. Wisata Kuliner Udang Bakar Banjarmasin
5 Kuliner Khas Yang Wajib Kamu Cicipi, Saat Wisata Ke Banjarmasin
Wisata Kuliner Udang Bakar, Banjarmasin
Kalimantan Selatan kaya akan hasil sungainya, mulai dari patin sampai udang. Itulah asyiknya bila berkunjung ke Banjarmasin. Anda bisa puas menikmati santapan beragam aneka ikan sungai. Rugi kalau sesampai di Banjarmasin atau Kalimantan Selatan dan Tengah tidak mencoba udang sungainya! Udang sungai ukurannya besar dan sangat padat (tidak alot), puas sekali menikmati udang 1 porsi (antara 2-4). Udang diolah dengan berbagai cara, tetapi rekomendasi saya coba udang bakarnya!

5. Wisata Kuliner Patin Bakar Dan Pepes Patin Banjarmasin
http://www.travellinkinfo.com/2017/02/kuliner-khas-banjarmasin.html
Wisata Kuliner Ikan Bakar, Banjarmasin
Jenis ikan satu ini memang mudah sekali ditemui di Kalimantan. Tidak heran bila menu ikan patin banyak ditemui di Banjarmasin. Masyarakat di sana paling sering mengolah patin dengan cara dipepes dan dibakar. Untuk patin bakar, dibumbui dengan bumbu kecap yang sampai meresap. Jadi begitu disantap rasa manisnya jelas terasa. Bila anda mencoba ikan patin bakar, anda akan mendapati bagian pinggir kulit patin yang bertekstur kenyal, tetapi tetap nikmat disantap.

Sementara pepes patin atau biasa disebut pesmol patin, dibumbui dengan rempah-rempah khas Kalimantan Selatan plus ditambahi kemangi dan tomat. Paduan yang pas, menciptakan kelezatan yang sempurna.

Semoga bermanfaat
Happytraveling