Pantai Pandawa The Secret Beach di Bali

http://www.travellinkinfo.com/2017/07/pantai-pandawa-bali.html
Pantai Pandawa Bali
Menghabiskan waktu liburan di pulau Bali pasti tidak mengenal rasa bosan, banyak pilihan tempat menarik sebagai Obyek Wisata di Pulau Dewata Bali yang bisa dikunjungi, ada wisata budaya, wisata kulinner, wisata air, dan pastinya wisata pantai. Banyak pantai eksotik yang tersebar di seluruh pesisir pulau Bali, salah satunya adalah pantai Pandawa, pantai berpasir putih lembut yang belakangan makin banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing.

Pantai Pandawa di Bali banyak yang menyebutnya sebagai pantai rahasia atau secret beach, karena lokasinya yang berada di balik perbukitan kapur yang menjulang tinggi, sedangkan warga lokal menyebut pantai Pandawa dengan sebutan Pantai Kutuh karena letak pantai ini di desa Kutuh, yang warganya terkenal dengan penghasil budi daya rumput laut sebagai aktifitas keseharian warganya.

Letak, akses jalan atau rute menuju pantai Pandawa di Bali

Lokasi pantai Pandawa terletak di Bali Selatan, tepatnya di desa Kutuh, kecamatan Kutuh Selatan, kabupaten Badung - Bali. Untuk menuju pantai Pandawa sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri, menggunakan jasa travel, taksi atau sewa kendaraan mobil atau sepeda motor, karena transportasi umum agak sulit. Pantai Pandawa ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari bandara Ngurah Rai.

Untuk menuju ke pantai Pandawa, kita bisa menempuh rute dari arah Pantai Kuta atau bandara Ngurah Rai menuju ke selatan, ke arah Jimbaran atau Uluwatu. Setelah sampai Jimbaran, kita tinggal jalan terus melewati bukit Uluwatu, jalan lurus terus mengikuti jalan sampai kita melewati tempat wisata terkenal di Bali, yaitu Garuda Wisnu Kencana - GWK, kita jalan lurus sampai melewati perempatan jalan, kalau ke kanan menuju pantai Balangan, kalau perempatan lurus terus ke arah Uluwatu, pantai Padang-Padang atau pantai Dreamland, dan kalau ke kiri ke arah Bali Cliff atau pantai Pandawa, jadi ambil jalan belok ke kiri dari perempatan tersebut.

Belok kiri dari pertigaan tersebut dan ikuti jalan hingga sekitar 3-4 km Anda akan menemukan sebuah tikungan menanjak dan papan petunjuk arah ke pantai Pandawa. Belok ke kanan dan ikuti papan petunjuk arah tersebut hingga sekitar 3 km dan lokasi pantai sudah mulai terlihat.

Related Post : 
10 Tempat Wisata Favorit di Bali yang Harus Anda Kunjungi
Destinasi Wisata Populer 'Tanah Lot di Bali

Keunikan dan keistimewaan pantai Pandawa di Bali

Keindahan pantai Pandawa memang sudah disadari oleh penduduk setempat dan beberapa wisatawan, namun karena sulitnya akses untuk masuk kesini, membuat pantai ini sepi pengunjung. Untungnya pemerintah daerah setempat segera tanggap dengan potensi wisata yang dimiliki oleh pantai ini. Kemudian dibangunlah akses jalan yang memudahkan wisatawan menuju ke pantai Pandawa.

Pantai Pandawa memang berada di balik perbukitan kapur. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini, kita akan menemukan tebing-tebing kapur yang tinggi menjulang. Diantara tebing kapur tersebut ada patung dari kelima tokoh Pandawa Lima, yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Sehingga namanya disebut dengan nama pantai Pandawa. Hamparan pasir di pantai Pandawa berwarna putih dan terasa lembut. Air lautnya juga jernih berwarna hijau kebiruan. Lokasinya yang cocok untuk berenang dengan suasana pantai yang sangat tenang.
http://www.travellinkinfo.com/2017/07/pantai-pandawa-bali.html
Pantai Pandawa Bali
Harga tiket masuk dan fasilitas di pantai Pandawa Bali

Jika anda berkunjung ke pantai Pandawa dengan menggunakan sepeda motor, sebelum memasuki area pantai, anda harus membayar tiket masuk ke pantai Pandawa sebesar Rp. 2.000 untuk pengunjung yang menggunakan sepeda motor.

Dari tempat pembelian tiket, hamparan bukit kapur sudah kelihatan berdiri kokoh, karena melihat pemandangan super indah di depan mata, anda pasti tidak meninggalkan kamera untuk mengabadikan keindahan bukit kapur sebelum memasuki pantai Pandawa. Anda juga dapat naik ke atas bukit kapur untuk melihat pemandangan pantai Pandawa dari atas, sungguh pemandangan yang luar biasa memanjakan mata, pantai Pandawa kelihatan begitu luas dengan gradasi air lautnya yang hijau kebiruan.

Setelah puas menikmati keindahan pantai Pandawa dari atas bukit kapur, tujuan berikutnya mendekati lokasi pantai, setelah melewati deretan patung Pandawa lima, kemudian pos keamanan, pengunjung bisa lurus terus ke ujung jalan jika ingin surfing, atau berbelok setengah lingkaran ke kanan menuju ke lokasi parkir kendaraan atau ke pantai.

Pihak pengelolah pantai sungguh serius untuk memanjakan pengunjung pantai Pandawa, tempat parkir disiapkan khusus dengan lahan parkir yang sangat luas, bahkan puluhan bus dan mobil bisa tertampung di lokasi parkirnya, deretan kios souvenir atau cafe tepi pantai juga berjejer untuk memudahkan pengunjung menikmati makan siang sambil menikmati hembusan angin laut di tepi pantai. Bagi yang bermalas-malasan di tepi pantai juga disediakan payung pantai yang berjejer rapi di tepi pantai untuk disewakan.

Di sekitar pantai Pandawa kita juga bisa melihat aktifitas para petani rumput laut, aktifitas pecinta paralayang di atas bukit. Kita juga bisa menyewa sebuah kano untuk menikmati pantai Pandawa, satu kano mampu menampung dua orang. Anda juga diberi fasilitas jaket pelampung, jadi tidak usah takut tenggelam selama berada diatas kano.

Penginapan atau hotel disekitar pantai Pandawa Bali

Banyak sekali pilihan penginapan ataupun hotel jika kita berlibur di Bali, tergantung pilihan kita ingin bermalam di daerah mana. Untuk hotel yang berdekatan dengan pantai Pandawa, wisatawan bisa memilih hotel di daerah Nusa Dua atau Jimbaran yang lokasinya berdekatan dengan pantai Pandawa.

Untuk tempat wisata di Bali yang lokasinya berdekatan dengan pantai Pandawa adalah Bali Cliff, Green Bowl Beach atau pantai di sekitar Nusa Dua. Deretan pantai di Pecatu juga letaknya tidak terlalu jauh dengan pantai Pandawa, seperti pantai Balangan, Pantai Dreamland, pantai Padang-Padang, pantai Suluban atau Pura Uluwatu.