Wisata Populer Ke Pulau Babi di Belitung

Pulau Babi di Belitung
Keindahan Pulau Babi di Belitung - Pulau Belitung adalah salah satu pulau di Propinsi Bangka Belitung yang memiliki potensi wisata yang bisa diandalkan untuk menarik banyak wisatawan domestik maupun international. Obyek Wisata di Pulau Belitung menjadi semakin terkenal dan menjadi buah bibir bagi para pecintra traveling semenjak kesuksesan Film Laksar Pelangi, yang lokasi syutingnya sebagian besar di pulau Belitung. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pulau Belitung mempunyai keindahan alam dan pantai yang membuat semua wisatawan yang berkunjung dibuat berdecak kagum akan keindahannya. Salah satu tempat wisata di di pulau Belitung yang wajib dikunjungi saat berada di Belitung adalah pulau Babi, salah satu pulau kecil yang terpisah dengan pulau utama Belitung.

Wisata Pulau Babi di Belitung

Tempat Wisata di Pulau Belitung sebagian besar berupa pantai dan pulau-pulau kecil yang mempunyai ciri khusus dengan adanya batu granit berbagai ukuran, dari ukuran kecil hingga ukuran super besar yang berjejer rapi di tepian pantai bahkan berserakan beberapa meter dari bibir pantai.


Pulau Babi atau ada juga yang menyebutnya Pulau Kepayang di Belitung merupakan salah satu pulau eksotik yang menjadi tujuan wajib untuk dikunjungi selama kita explore keindahan alam di pulau Belitung, dengan pasirnya yang putih lembut, pohon kelapa juga menghias pulau ini, bebatuan granit di sekitar bibir pantai serta air lautnya yang jernih berwarna hijau kebiruan membuat pulau Babi menjadi tempat yang sangat cocok untuk refreshing menghilangkan penat oleh rutinitas sehari-hari,  bahkan sangat cocok pula bagi para penghobi photo atau photographer untuk hunting photo keindahan alam di Belitung.


Letak, akses jalan atau rute menuju Pulau Babi di Belitung


Pulau Babi bertempat tidak jauh dari Pulau Lengkuas yang terkenal dengan mercusuar di tepi pantainya, dan kita bisa melihat pulau ini dari Pulau Lengkuas secara langsung. Pulau Babi memiliki keindahan yang serupa dengan pulau-pulau kecil lainnya di sekitar Pulau Lengkuas.

Petunjuk arah untuk menuju Pulau Babi, jika kita berasal dari luar pulau Belitung, setelah mendarat di Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan Belitung, kita bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota Tanjung Pandan dengan menggunakan taxi sekitar 30 menit. Di kota Tanjung Pandan ini kita bisa mencari penginapan atau hotel sebelum melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Kelayang atau Pantai Tanjung Tinggi, karena di kedua lokasi pantai ini terdapat kapal atau perahu nelayan yang sengaja disewakan untuk wisata dari pulau ke pulau, salah satunya ke pulau Babi. saat itu saya memilih menyebrang ke pulau Babi dari pantai Tanjung Kelayang, dengan harga sewa perahu Rp. 450.000 sehari, dan kita bisa bebas berkeliling pulau-pulau kecil seperti Pulau Lengkuas, Pulau Burung dan Pulau Babi.

Keunikan dan keistimewaan Pulau Babi di Belitung

Pulau Babi atau Pulau Kepayang adalah tempat wisata di Belitung yang cantik dan eksotis, dihiasi dengan bebatuan granit raksasa yang menyembul dipermukaan pasir putihnya yang indah, belum lagi hutan kecil yang ditumbuhi nyiur pohon kelapa dan pohon rindang lainnya membuat suasana makin sejuk. Pulau ini merupakan salah satu tempat yang indah untuk dijadikan obyek photography. Selain itu, bagi yang senang menikmati keindahan pemandangan dasar laut bisa ber snorkeling ria di pulau ini.


Jernihnya air laut gradasi hijau kebiruan di Pulau Babi Belitung

Saat anda menginjakkan kaki pertama kali di pulau ini, terbersit pertanyaan kenapa nama pulau ini Pulau Babi? sedangkan tidak satupun babi yang anda temui waktu berada di pulau ini, nama Pulau Babi sendiri ada dua versi, pertama dikarenakan dahulu di pulau itu pernah ada peternakan babi. Sedangkan versi yang kedua, konon ada batu granit raksasa yang bentuknya mirip dengan hewan yang bernama babi, maka dinamakanlah pulau tersebut dengan nama Pulau Babi, walaupun jika saat ini anda berkunjung ke pulau ini tidak akan menemukan batu yang dimaksud.

Batu granit beraneka bentuk dan ukuran di Pulau Babi Belitung

Pulau Babi terdiri dari 2 pulau, pulau Babi besar dan pulau Babi kecil, posisi kedua pulau ini saling berdekatan. Dengan pemandangan yang sama-sama indah, hamparan pasir putih, bebatuan granit yang seoalah tertata rapih, air yang jenih serta ikan-ikan yang terlihat dengan jelas didalamnya, membuat kita betah berlama-lama di pulau ini. Sayangnya tidak terdapat fasilitas-fasilitas penunjang wisata di pulau ini, hal ini dikarenakan tidak ada penduduk yang tinggal di pulau ini, dengan kata lain pulau ini tidak berpenghuni. Saat itu saya beruntung menemukan beberapa bintang laut yang terdampar di tepi pantai, tentu saja langsung narsis berphoto ria dengan binatang laut tersebut.

Harga tiket masuk dan Fasilitas Pulau Babi di Belitung

Tidak ada tiket yang harus dibayar dengan kata lain gratis untuk menikmati indahnya Pulau Babi, kita hanya perlu menyewa perahu nelayan untuk mengantar kita agar sampai ke pulau ini. Pulau Babi tidak berpenghuni, tidak ada fasilitas apapun di pulau ini, semua masih sangat alami, jadi sebelum ke pulau ini persiapkan bekal makan atau minim, karena jangan harap menemukan cafe atau rumah makan di pulau ini.

Penginapan atau Hotel dekat Pulau Babi di Belitung

Karena Pulau Babi tidak berpenghuni, untuk akomodasi penginapan atau hotel selama berkunjung ke Pulau Babi, kita bisa memilih hotel di sekitar kota Tanjung Pandan yang merupakan pusat kota di Belitung. Banyak pilihan hotel di kota tersebut, jika menginginkan penginapan atau hotel yang berdekatan langsung dengan pulau Babi, kita bisa memilih Tanjung Kelayang Resort, yang lokasinya berada di tepi pantai Tanjung Kelayang tempat kita menyebrang untuk sampai ke Pulau Babi.

Saat berkunjung ke Belitung, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi, di lokasi pantai tersebut terdapat batu-batu granit berukuran raksasa tempat syuting Film Laskar Pelangi, dan Anda juga bisa berkunjung ke replika SD Laskar Pelangi di Desa Gantong, Kecamatan Gantong Kabupaten Belitung Timur.

#KeepBlogging