-->

Fakta Unik Dibalik Ikan Lumba-Lumba, Mamalia Unik yang sangat Cerdas

Daftar Isi [Tampil]
Fakta Lumba Lumba
Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Faktanya banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air.

Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba. Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam.

Ciri-ciri Lumba Lumba

Berikut ciri-ciri tentang hewan mamalia lumba lumba
  • Lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik berukuran lebih kecil dibandingkan lumba-lumba hidung botol pada umumnya dan secara dari segi ukuran bentuk proporsional memiliki moncong yang lebih besar.
  • Ciri lumba-lumba muda, sirip punggungnya berwarna abu-abu gelap, dan bagian perutnya berwarna sangat abu-abu muda. Semakin menambahnya usia, maka terbentuklah bintik-bintik gelap di bagian perutnya.
  • Lumba lumba memiliki 80 hingga 110 gigi berbentuk kerucut yang tajam. Gigi mereka tidak berfungsi untuk mengunyah makanan, melainkan untuk menangkap dan mencengkeram mangsa

Makanan Lumba-lumba

Jenis makanan lumba-lumba menyesuaikan lokasinya. Untuk yang tinggal di pantai biasa memakan ikan dan invertebrata bawah laut. Sedangkan yang tinggal di lepas pantai biasa memakan ikan dan cumi-cumi.

Fakta Unik Lumba Lumba

1. Paus pembunuh adalah lumba-lumba terbesar

Orca, yang juga dikenal sebagai ikan paus pembunuh, adalah anggota keluarga lumba-lumba terbesar. Orca terbesar yang pernah tercatat panjangnya 32 kaki / 9,75 meter.

2. Lumba-lumba tidak memiliki indera penciuman

Lumba-lumba terkenal karena pendengarannya yang luar biasa, tapi tahukah Anda: mereka tidak memiliki indra penciuman? Lumba-lumba memiliki saluran penciuman, namun kekurangan saraf penciuman.

3. Lumba-lumba terlahir ekornya terlebih dahulu

Tidak seperti mamalia lainnya, lumba-lumba terlahir kaki, atau lebih tepatnya ekornya dulu. Ibu biasanya bergerak ke air dangkal dan dikawal oleh satu atau dua ekor lumba-lumba lainnya, biasanya betina. Segera setelah kelahiran, ibu membantu betisnya ke permukaan untuk napas pertamanya.

4. Lumba-lumba tidak menggunakan giginya untuk dikunyah

Seekor lumba-lumba bisa memiliki antara delapan dan 250 gigi - digunakan untuk menjebak mangsanya, yang kemudian mereka telan utuh. Lumba-lumba botol memiliki antara 80 - 100 gigi, dan senyum yang tak tertahankan.

5. Amerika Serikat, dan Rusia pernah mempekerjakan lumba-lumba tempur

Program Mamalia Laut Angkatan Laut AS dimulai pada tahun 1960 dan dideklasifikasi pada tahun 1992. Angkatan Laut mempelajari bagaimana lumba-lumba menggunakan sonar untuk mendeteksi benda-benda di bawah air, dan melatih mereka untuk mengirimkan peralatan ke penyelam di bawah air dan mengambil benda-benda yang hilang. The A..S.S.R. melakukan program serupa.

Menurut Frontline, lumba-lumba yang dilatih oleh Angkatan Laut Soviet kemudian digunakan untuk terapi dengan anak-anak penderita autistik dan emosional. Pelajari lebih lanjut tentang Program Kelautan Mamalia.

6. Lumba-lumba memanggil satu sama lain

Lumba-lumba mungkin adalah mamalia paling cerdas kedua setelah manusia, dilihat dari ukuran otak-ke-tubuh. Lumba-lumba bisa mengenali dirinya di cermin, dan punya nama unik. Dengarkan lebih banyak tentang apa yang dibicarakan lumba-lumba (lewati tanda lima menit untuk mendengar tentang nama lumba-lumba).

7. Lumba-lumba tidak minum air putih

Lumba-lumba, seperti mamalia laut lainnya, jangan minum air laut yang mereka berenang masuk. Sebaliknya, lumba-lumba menghidrasi dengan air dari makanannya. Darah dan cairan makhluk laut kira-kira sepertiga sama asinnya dengan air laut.

8. Seekor lumba-lumba bisa berenang hingga 29 mil / 46 kilometer per jam

Kecepatan jelajah rata-rata untuk lumba-lumba botol adalah 3-7 mil / 5-11 kilometer per jam - kira-kira secepat manusia dapat berjalan atau berlari. Bila perlu, mereka bisa berenang hingga 20 mil / 32 kilometer per jam. Orcas telah menggunakan kolam renang 29 mil / 46 kilometer per jam.

Nah itulah deretan fakta dibalik ikan lumba-lumba yang juga menjadi penolong bagi manusia disaat dalam kondisi tersesat di tengah laut maupun karamnya di kapal, kerap sekali lumba-lumba menjadi penolong pertama dalam situasi kritis.
Artikel dari berbagai sumber

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fakta Unik Dibalik Ikan Lumba-Lumba, Mamalia Unik yang sangat Cerdas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel