Destinasi Wisata Pulau Gleyang di Karimun Jawa

Destinasi Wisata Pulau Gleyang di Karimun Jawa
Wisata Pulau - Pulau Gleyang terletak di kepulauan Karimun Jawa, dan bukan rahasia lagi kalau Karimun Jawa adalah surga wisata laut di pulau Jawa. Kehidupan bawah laut dengan biotanya yang luar biasa, pantai-pantai berpasir putih nan indah, pulau-pulau kecil yang mempesona termasuk pulau Gleyang ini, serta masyarakat yang ramah menjadi daya pikat taman laut nasional ini. Kepulauan yang termasuk dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut yang banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika kita mengunjungi kepulauan Karimun Jawa, salah satu Tempat Wisata di Karimun Jawa yang wajib di kunjungi adalah pulau Gleyang.

Letak, akses jalan dan rute menuju Pulau Gleyang di Karimun Jawa

Perjalanan ke destinasi wisata Pulau Gleyang di mulai dari terminal Bungurasih Surabaya, bis dari Surabaya ke Jepara berangkat paling malam sekitar jam 21.30, tapi saat itu saya harus berangkat jam 23.00 karena harus menunggu salah satu teman yang baru pulang kerja jam 23.00, karena tidak mendapat bis Surabaya yang langsung ke Jepara, akhirnya menggunakan bis Surabaya - Semarang, selanjutnya bis oper bis mini di Matahari - Kudus atau di Trengguli untuk bisa sampai ke terminal Jepara (jadi kalau tidak mau oper-oper bis untuk menuju Jepara, harus standby di terminal Bungurasih Surabaya paling lambat jam 19.30 supaya mendapat bis yang langsung Surabaya - Jepara)
Bis Surabaya - Semarang yang anda tumpangi berangkat sebelum jam 12 malam dari terminal Bungurasih Surabaya, harga tiketnya sekitar Rp. 75.000 (lupa angka pastinya tapi sekitar segitu) dan mendapat satu kali makan malam di daerah Tuban, selama perjalanan saya berharap bis ini bisa sampai Kudus sebelum jam 7 pagi, karena harus oper bis lagi di Matahari - Kudus atau di Trengguli untuk bisa sampai ke Terminal Jepara, dan kapal yang menyebrang dari Jepara ke Karimun Jawa berangkat jam 09.00 atau bisa lebih awal jika penumpang sudah penuh. Jam 08.10 pagi akhirnya sampai juga di terminal Jepara, perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan becak dari terminal Jepara ke pelabuhan Jepara sekitar Rp. 15.000 perbecak dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Kapal Fery yang menyebrang ke Karimun Jawa berangkat sekitar jam 08.30, lama penyebrangan sekitar 6 jam (kalau Anda ingin lebih cepat bisa menggunakan kapal Express dengan jarak tempuh sekitar 2.5 - 3 jam, dengan biaya sedikit mahal). Sekitar jam 15.30 kapal bersandar di dermaga Karimun Jawa.

Biaya akomodasi, tiket, penginapan atau hotel di Karimun Jawa

Destinasi Wisata Pulau Gleyang di Karimun Jawa
Untuk berwisata ke Karimun Jawa kali ini saya memakai paket tour travel, karena kalau dihitung-hitung biaya bisa lebih irit, karena paket tour ini mengakomodasi perjalanan dari pelabuhan Jepara ke Karimun Jawa sampai balik lagi ke pelabuhan Jepara (sudah termasuk biaya kapal penyebrangan, penginapan, makan, tiket wisata, kapal yang akan mengantar dari pulau ke pulau dan guide), jadi kita tinggal mengeluarkan biaya dari tempat kita berangkat sampai ke pelabuhan Jepara. Paket tour travel tersebut salah satunya akan mengunjungi pulau Gleyang.
Penginapan yang sudah menjadi satu paket dari travel ini, tempat penginapannya di rumah-rumah warga yang sengaja disewakan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Karimun Jawa, jika Anda kurang cocok dengan penginapannya, Anda bisa upgrade ke kamar hotel dengan biaya tambahan yang harus dibayar ke pihak travel atau bisa memesan hotel sendiri.

Google Map