travellinkinfo
Loading...

Kuliner Unik Khas Aceh yang harus anda Cicipi saat berada di Aceh, Gulai Kuah Pliek U

A+ A-
kuliner khas aceh
Gulai Kuah Pliek U

Wisata Kuliner - Pernahkah Anda mencoba kuliner khas aceh gulai plik u? Pasti jawabannya belum kan? Kecuali anda pernah berkunjung ke Aceh ataupun berasal dari Aceh. Kuah plik merupakan kuliner khas Aceh yang kaya akan rempah-rempah dan protein. Soal rasa, yang pasti benar-benar menggugah selera.

Kuah plik  diolah dengan sangat sederhana dan bahan yang diperlukan berupa sayur-sayuran yang banyak dijual di pasar tradisional. Adapun sayur-sayuran yang diperlukan, antara lain, terong hijau, daun melinjo, nangka muda, kacang panjang, buah melinjo, dan kalapa parut. Oleh karena itu, proses pembuatan kuah plik sangat mudah untuk dicoba.

Namun perlu diketahui, yang menjadi pembeda antara kuah plik dengan sayuran lemak lainnya adalah bumbu yang digunakan. Kuah plik wajib menambahkan bumbu utama berupa plik u.  Plik u merupakan kelapa yang telah dibusukkan. Kelapa yang dibusukkan di sini bukanlah kelapa yang sengaja dibiarkan busuk, tetapi daging kelapa parut yang sengaja dibiarkan dalam kurun waktu tertentu agar minyaknya keluar.

Hal ini sama seperti dengan fermentasi tapai. Selanjutnya, daging kelapa parut itu diperas lagi dengan alat tertentu, yakni peunerah ‘alat pemeras minyak’ agar minyaknya benar-benar keluar. Jadilah plik bumbu utama kuah plik. Namun, plik tersebut belumlah dapat dijadikan bumbu utama plik, melainkan harus dikeringkan terlebih dahulu.

Rasa kuah plik saat pertama menyantapnya terasa ada tekstur parutan kelapa. Aroma dari kuah plik ini juga khas karena adanya campuran plik u. Kuah plik sangat cocok di lidah semua usia, anakanak, remaja, dan dewasa. Bila pernah menyantapnya, pasti akan mencobanya kembali.

Untuk mempercantik tampilan dari kuliner unik khas aceh ini, biasanya ibu-ibu rumah tangga yang membuat kuah plik akan menambahkan, kukut, dan udang. Selain daripada itu, jika ingin mencoba kuah plik, akan sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas. Tertarik mencobanya?
pict: @papahgadrie
Wisata kuliner 3125618047649104236
Beranda item

Pencarian Artikel Wisata

Follow by Email

Random Posts

Popular Posts