travellinkinfo
Loading...

Pesona Sunset di Pantai Wediombo, Jogjakarta

A+ A-
Pesona Sunset di Pantai Wediombo, Jogjakarta

Wisata Jogjakarta - Pantai Wediombo memiliki ombak terbaik di pulau Jawa tengah, tapi tentunya bagi masyarakat Jawa Tengah dan Jogjakarta lokasi Pantai G-Land terlalu jauh untuk dijangkau.

Nah, tenang, terdapat pantai alternatif di Jogja yang juga memiliki ombak tak kalah kerennya dari Pantai G-Land lho, yaitu Pantai Wediombo di Gunung Kidul, berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunung Kidul, karakteristik dari Pantai Wediombo lebih mirip dengan pantai di Bali.


Keunikan Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan pantai yang cukup lengkap di Gunung Kidul, karakateristik Pantai Wediombo sedikit berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunung Kidul. Dimana biasanya pantai dihiasi oleh hamparan pasir putih yang luas, Pantai Wediombo malah dihiasi oleh bebatuan di pinggir pantainya.

Bentuk dari Pantai Wediombo layaknya sebuah teluk yang menjadikan ombak disini cukup stabil, Pantai Wediombo juga dikelilingi oleh bukit bukit karst yang menjadi ciri khas pantai selatan. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan disini, mulai dari surfing, snorkeling, memancing hingga hunting foto keren.

Nah, bagi kamu yang tidak bisa surfing, bisa mencoba untuk snorkeling, di kawasan Pantai Wediombo terdapat dua spot snorkeling populer, yang pertama terletak didekat pantai dan bisa kita tempuh dengan berjalan kaki.

Sedangkan yang kedua terletak dibelakang ombak atau tak jauh dari tengah laut, untuk menuju ke spot kedua kita harus menyewa perahu terlebih dahulu. Tak hanya itu saja, selain surfing dan snorkeling ada kegiatan keren lainnya yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pantai Wediombo, yaitu melihat sunset.

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunung Kidul yang menghadap ke selatan, Pantai Wediombo sedikit condong ke barat. Pada bulan tertentu kita bisa melihat matahari tenggelam tepat di garis horizon laut yang menjadikan pemandangan sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, sambil menunggu momen sunset kamu bisa menghabiskan waktu dengan memancing.

Pantai Wediombo tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, melainkan juga menjadi habitat ikan yang sangat cocok bagi kamu pecinta mancing.

Ombak di Pantai Wediombo terbilang cukup besar, jadi sangat berbahaya untuk anak-anak, sebagai alternatifnya terdapat kolam-kolam alami di pinggir pantai yang terbentuk dari bebatuan, kolam alami ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Wediombo.

Selain itu kolam alami tersebut juga dijadikan lokasi berenang favorit oleh wisatawan yang takut untuk berenang ketengah. Setiap tahunnya lokasi wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul juga dijadikan sebagai tempat Upacara Ngalagi, yaitu upacara adat masyarakat setempat sebagai tanda syukur atas hasil panen ikan yang melimpah.

Selain melarung sesaji ke laut, dalam ritual Ngalangi ini juga ada aktivitas menangkap ikan menggunakan gawar (jaring dari pohon wawar). Ikan-ikan tersebut kemudian akan dimasak dan dimakan bersama pada acara kenduri besar.

Fasilitas :

  • Toilet
  • Gazebo
  • Warung
  • Sewa Motor Trail
  • Sewa Tenda
  • Sewa Peralatan Snorkeling
  • Parkir
Harga Tiket Masuk :
  • Tiket masuk: Rp 5.000
  • Parkir motor Rp 2.000: menginap Rp 4.000
  • Parkir mobil Rp 5.000: menginap Rp 10.000
  • Surfing: Rp 100.000 (surf board, pemandu, foto)
  • Snorkeling: Rp 30.000 (lokasi di area pantai), Rp 80.000 (lokasi ke tengah laut dan harus naik kapal. Minimal 6 orang).
  • Sewa motor trail: Rp 100.000
  • Sewa surfboard: Rp 50.000
  • Sewa body boot: Rp 20.000
  • Sewa payung: Rp 15.000
  • Sewa tenda kapasitar 4 orang: Rp 35.000

Akomodasi (Penginapan)

Bagi kamu yang ingin menginap, disekitar kawasan wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul belum terdapat hotel, sebagai gantinya kamu bisa menginap dikawasan Pantai Indrayanti, atau bisa juga mendirkan tenda di pinggi pantai.

Lokasi :

Alamat ; Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta
73 Km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (2 jam 6 menit)
35 Km dari pusat kota Wonosari melalui Jl. Nasional III (1 jam 1 menit)
(perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Tips Berlibur ke Pantai Wediombo Gunung Kidul

Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor karena jalan menuju ke lokasi wisata terbilang cukup sempit.

Untuk kamu yang ingin melihat indahnya Sunset di Pantai Wediombo, datanglah pada bulan November-Mei, karena saat itu matahari lebih condong ke selatan, jadi kita bisa melihat matahari tenggelam dilaut.

Bagi yang ingin surfing atau snorkeling namun tidak mempunyai peralatannya, tenang, di Pantai Wediombo sudah terdapat banyak tempat penyewaan peralatan snorkeling maupun surfing.

Jika kamu tidak ingin menginap, disarankan untuk pulang tidak terlalu malam, karena jalan menuju Pantai Wediombo cukup sepi.

Pict: nasigandulpakbo
Vid: miftakhurridzo





Yogyakarta 1706923137341737212
Beranda item

Pencarian Artikel Wisata

Follow by Email

Random Posts

Popular Posts