-->

Wisata Alam Favorit Air Terjun Montel di Kudus, Jawa Tengah

Air Terjun Montel. Foto: Instagram

Sebelum mengunjungi salah satu tempat wisata favorit di jawa tengah ini, baiknya wisatawan mempunyai bekal informasi tempat wisata air terjun montel yang menjadi spot wisata remaja ini. Sehingga perjalanan wisata ke air terjun montel sempurna dan sesuai perencaraan. Informasi yang dibutuhkan antara lain terkait dengan dimana letak, bagaimana menuju ke objek wisata, keunikan tempat wisata, bekal apa yang harus dibawa, fasilitas, kapan harus mengunjungi, akomodasi di sekitar serta tips wisata air terjun montel.

Informasi wisata air terjun montel

Secara geografis Kudus merupakan Kabupaten dari provinsi Jawa Tengah yang masih kurang dilirik wisatawan. Kudus memang tidak mempunyai banyak ragam tempat wisata yang dapat kita kunjungi. Namun, ternyata di Kudus ada objek wisata alam yang patut anda kunjungi, yaitu Air Terjun Montel.

Air Terjun Montel terletak di Daerah Colo, Kudus, tepatnya di kaki Gunung Muria, yaitu gunung paling terkenal di Kabupaten Kudus.
Foto 2 : @saiffuul
Bisa dibilang Air Terjun Montel merupakan primadonanya wisata alam di Kudus, Air Terjun Montel menjadi wisata alam paling populer di Kabupaten ini yang tak boleh kamu lewatkan.

Karakteristik dari Air Terjun Montel ini tak jauh berbeda dengan Curug Lawe dan Grojogan Sewu, hanya saja Air Terjun Montel lebih kecil.

Suasana di tempat wisata Kudus satu ini bisa dibilang cukup sejuk karena berada di dataran tinggi, ditambah dengan rimbunnya pepohonan dan tanaman hijau yang berada di sekitar air terjun membuatnya terlihat alami.

Air Terjun Montel memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan debit air yang cukup deras, tepat di bawah air terjun terdapat kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi atau sekedar membasuh muka.


Dari tempat parkir kita harus berjalan kaki sekitar 10 menit, ada dua pilihan, kamu bisa naik ojek atau jalan kaki, tapi lebih disarankan jalan kaki saja karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Selain itu terdapat dua jalur yang dapat kita lalui untuk bisa sampai di lokasi air terjun, ketika kamu sampai di tempat parkir (kiri jalan) kamu akan melihat papan petunjuk bertuliskan “jalur alternatif Air Terjun Montel” di sebelah kanan, jika kamu melalui jalur alternatif tersebut, kamu akan sampai di lokasi air terjun dengan melewati sisi sebelah kanan.

Foto 3 : @robbikepet
Sedangkan apabila kamu melewati jalur utama (masih keatas lagi) kamu akan melewati sebelah kiri air terjun.

Air Terjun Montel cukup direkomendasikan bagi pecinta wisata alam atau pecinta fotografi karena pemandangannya yang indah, hanya saja, saat musim liburan Air Terjun Montel akan sangat dipadati oleh wisatawan.

Fasilitas objek wisata alam air terjun Montel :

Fasilitas yang tersedia antara lain area parkir, mushola, warung makan dan kios-kios yang menjual  cenderamata khas Colo, seperti tongkat colo dan kayu pengusir tikus.
  • Warung Makan
  • WC
  • Ojek
  • Tempat Parkir
  • Mushola

Tarif dan Retribusi Air Terjun Montel

Wisatawan akan dikenakan beberapa retribusi di tempat wisata ini berdasarkan hari kunjungan dan spot wisata di air terjun montel, antara lain:
  • Tiket masuk retribusi kawasan colo untuk motor weekday Rp. 3.000 ( 2 orang )
  • Tiket masuk retribusi kawasan colo untuk motor wekeend Rp.4.000 ( 2 orang ) 
  • Tiket masuk retribusi kawasan colo untuk mobil weekday Rp. 2.500
  • Tiket masuk retribusi kawasan colo untuk mobil weekend Rp. 4.000
  • Tiket masuk retribusi kawasan colo per orang di mobil weekday Rp. 1.700
  • Tiket masuk retribusi kawasan colo per orang di mobil weekend Rp. 2.200
  • Tiket masuk retribusi kawasan colo untuk bus Rp. 5.000
  • Biaya harga ojek dari parkiran bawah ke loket wisata Rp. 10.000
  • Biaya parkir mobil di parkiran atas dekat loket Rp. 10.000
  • Biaya parkir motor di parkiran atas dekat loket wisata Rp. 5.000
  • Harga tiket masuk wisata air terjun montel kudus Rp. 7.500
  • Biaya harga ojek dari loket wisata ke dekat air terjun montel  Rp. 5.000
  • Biaya bilasan Rp. 2.000

Akomodasi (Penginapan)

Adapun akomodasi yang ada adalah Graha Muria yang dibangun Pemerintah Kabupaten Kudus sebagai tempat peristirahatan, penginapan, dan ruang pertemuan.

Tips Berlibur ke Air Terjun Montel Kudus :

  1. Waktu terbaik berkunjung ke Air Terjun Montel adalah saat hari biasa, sebab saat liburan biasanya akan banyak sekali wisatawan yang berkunjung.
  2. Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  3. Datanglah saat pagi untuk merasakan udara yang masih sejuk dan suasana yang lebih nyaman.
  4. Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.

Demikianlah sekilas informasi pendukung wisata alam tentang objek wisata air terjun montel di Jawa Tengah.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel