Kuliner Aceh, Sambal Udang Rebon / Udeng Sabè Teupeh

Kuliner Aceh
Kuliner Aceh Sambal Udang Rebon / Udeng Sabè Teupeh
Tempat wisata favorit di aceh sangat banyak untuk bisa di jelajahi, dengan potensi wisata pantai, alam, adat dan kebudayaan. Namun dibalik itu aceh juga kaya dengan kuliner khas yang berbeda-beda tiap daerahnya, dan mempunyai ciri khas serta cita rasa yang berbeda.

Aceh dulu pernah dikenal dengan kerajaan islam terbesar di Asia dari masa Malikussaleh sampai ke Sultan Iskandar Muda. Saat itu taklukkan nya hampir seluruh benua asia, sehingga perdagangan saat itu sangat ramai. Tidak hanya perdagangan, sisi perkembangan islam juga berdatangan pendakwah dari Arab dan sekitarnya. Dengan Ramainya pengunjung yang berdatangan ke Aceh, secara otomatis mempengaruhi adat dan istiadat di Aceh bersifat multikultural.

Kuliner di Aceh pun memiliki banyak ragam rasa makanan dan racikan masakan. Sering disebut juga  dalam bahasa lokal "Peunajoh Raja" yang bermaksud hidangan para raja-raja.

Kuliner Aceh kali ini yang tidak kalah rasanya dengan kuliner lainnya yaitu sambal udang rebon atau Udeng Sabè Teupeh (bahasa aceh)Udeng sabè teupeh atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ‘udang rebon digiling’ merupakan makanan yang mengundang selera pada saat makan siang. Bahan baku pembuatannya pun sangat terbatas, yaitu, cabai, bawang, udang rebon, belimbing, dan garam.

Baca juga:
Resep Gulai Kuah Pliek U

Udang rebon yang dijadikan sambal harus terlebih dahulu dikeringkan. Selanjutnya, udang tersebut digongseng sebelum digiling bersama dengan bumbu dapur lainnya. Untuk menjaga cita rasa yang khas, udang rebon yang dipilih dijadikan sambal, haruslah udang rebon yang baru dijemur. Selain udang rebon, teri juga cocok dibuat serupa apabila tidak ada udang rebon.


Keunikan Sambal Udang Rebon / Udeng Sabè Teupeh


Ibu-ibu rumah tangga di Aceh sering membuat kuliner ini untuk bekal makan siang suami yang berkeja di ladang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, udeng sabè teupeh kian diminati oleh semua kalangan, sehingga makanan ini masuk dalam menu makanan di restoran.

Ada kenikmatan tersendiri sehingga banyak kalangan menyukai udeng sabè teupeh. Hal ini disebabkan udeng sabè teupeh ini memilik cita rasa yang unik, pada saat pertama kali lidah mencicipi makanan ini, pastilah rasa asam, pedas, dan bercampur gurih menjadi satu pada sambal udang tersebut.

Dijamin setelah menyantap udeng sabè teupeh  pasti makan siangnya akan lebih dari satu porsi.


Bahan - bahan Sambal Udang Rebon


  • 15 buah cabe rawit
  • 6 siung bawang merah
  • 1 ons udang pukul campur udang kering
  • 6 buah belimbing wuluh
  • Garam secukupnya


Langkah Pembuatan


  1. Siapkan bumbu sambal, buang kepala udang nya dan goreng udangnya
  2. Giling cabai rawit kasar. Bubuhi garam secukupnya.
  3. Masukkan bawang giling kasar.
  4. Masukkan udang giling kasar.
  5. Masukkan belimbing potong2 giling kasar.
  6. Sambal sudah siap dihidangkan
Selain Kuliner khas aceh sambal rebon ini, masih banyak kuliner khas aceh lainnya yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Aceh. Seperti kuliner berikut ini yaitu Kue Meusekat, Dulunya kue ini dijadikan kuliner utama dalam penyambutan tamu kerajaan. Kue manis dan yang di ukir dengan motif aceh ini, dewasa ini sering di sajikan saat ada hajatan dan hari-hari besar islam serta pada saat hari pernikahan.

Demikianlah Artikel resep kuliner aceh sambal udang rebon / Udeng Sabè Teupeh. Bila anda berkunjung ke aceh anda bisa mencicpi kuliner unik satu ini.