Tips Wisata Bagi Penyandang Cacat/Disabilitas yang akan Melakukan Perjalanan Wisata

Tips Wisata Bagi Penyandang Cacat

Disabilitas seharusnya tidak menghentikan Anda dari berwisata, namun cara berwisata saja yang berbeda. 3 (tiga) tantangan utama untuk bepergian dengan penyandang cacat adalah - Transportasi, Toilet, dan Akomodasi. Travellink akan memberikan Tip Perjalanan dan saran yang akan membantu dalam petualangan perjalanan anda berikutnya.

Jangan terpaku pada seberapa mudahnya sebuah tempat diakses, fokuslah pada semua aktivitas yang bisa Anda lakukan!

Bagaimana Merencanakan Perjalanan bagi Disabilitas


Ketika bepergian dengan disabilitas atau bepergian dengan orang cacat, hal terpenting untuk liburan yang lancar adalah perencanaan yang benar. Jangan berlebihan dan rencanakan liburan Anda dengan matang, semua akomodasi dan transportasi Anda harus dipesan sebelum Anda meninggalkan rumah.

Related Artikel:
15 Tips Wisata yang Harus Anda Ketahui Sebelum Bepergian ke Luar Negeri
13 Tips Traveling Murah Untuk Kamu yang Minim Budget

Anda harus meneliti aksesibilitas pilihan transportasi dan akomodasi, dan juga untuk kegiatan yang direncanakan. Ajukan pertanyaan tentang akses ke gedung, jumlah langkah, seberapa lebar pintu dan lift dan apakah ada akses mudah dari parkir mobil. Dan untuk akomodasi, tentunya tanyakan apakah ada toilet dan kamar mandi yang bagi penyandang disabiltas, dan apakah ada cukup ruang di kamar untuk kursi roda.

Saat menghubungi tempat, Anda harus spesifik menanyakan tentang keterbatasan Anda sendiri, sehingga berbagai opsi dapat diberlakukan untuk memenuhi kebutuhan. Tempat terbaik untuk mendapatkan informasi adalah dari wisatawan lain yang pernah melakukannya sebelumnya. Kalau tidak, Anda harus mencoba pusat informasi wisata lokal.

Pastikan Anda mengemas semua obat penting dan perlu, dan membawa serta resep yang diperlukan. Pastikan juga Anda mengemas ekstra peralatan medis atau pribadi yang mungkin Anda perlukan.

Bagaimana Memilih Transportasi yang Tepat bagi Penyandang Disabilitas


Salah satu kesulitan terbesar ketika bepergian dengan disabilitas adalah memilih transportasi yang tepat dan terutama naik dan turun angkutan umum. Setelah merencanakan rencana perjalanan, Anda perlu meneliti opsi di antara lokasi atau kota.

Cara terbaik untuk menemukan transportasi yang dapat diakses adalah berbicara dengan "costumer servis" atau penanggung jawab 'pelanggan kebutuhan khusus'. Mereka akan dapat memberikan informasi yang tepat tentang opsi transportasi.

Naik pesawat bisa menjadi pengalaman yang menakutkan!

Saat Anda memesan tiket, beri tahu maskapai penerbangan keterbatasan Anda dan pertimbangan khusus harus diberikan. Pastikan untuk memeriksa dengan maskapai untuk memastikan memiliki toilet yang dapat diakses sebelum memesan penerbangan jarak jauh.

Banyak orang penyandang cacat akan lupa mencari transportasi terbaik bersama-sama, dan akan mengambil liburan pesiar - baik pesiar sungai atau kapal pesiar besar. Dengan cara ini, semua barang bawaan akan tetap berada di satu tempat, Anda tidak perlu menemukan restoran atau toilet yang dapat diakses, dan banyak kegiatan dibawa kepada Anda.

Pilihan bagus lainnya adalah:

Menyewa van kemping yang dapat diakses kursi roda
Ikuti liburan kereta - sebagian besar kereta ideal dengan akses mudah dan toilet yang mudah diakses.
Menemukan Toilet yang Dapat Diakses.

Perencanaan dan penelitian sangat penting untuk menemukan toilet yang dapat diakses. Banyak toilet mengatakan bahwa mereka dapat diakses, padahal sebenarnya tidak. Jangan mencari jalan yang sulit! Bertanya di pusat informasi wisata untuk informasi terkini.

Tempat untuk mencari toilet yang dapat diakses adalah di museum atau galeri seni, restoran cepat saji, atau di stasiun kereta api modern. Beberapa pelancong akan merencanakan kegiatan apa yang mereka lakukan atau atraksi yang mereka lihat setiap hari di mana mereka dapat menemukan toilet yang dapat diakses.

Akomodasi Terbaik


Akan sulit untuk menemukan akomodasi yang sempurna ketika bepergian, kecuali jika Anda bersedia membayarnya. Penelitian sangat penting sebelum Anda pergi untuk menemukan tempat yang dapat diakses.

Hotel yang bagus akan memiliki tempat parkir yang dapat diakses yang memiliki akses mudah ke hotel. Mereka biasanya akan memiliki lift dan bahkan layanan porter. Sebagian besar akan memiliki restoran atau layanan makanan di tempat untuk akses mudah. Pastikan Anda memberi tahu akomodasi saat memesan tentang keterbatasan Anda, peralatan apa yang mungkin Anda miliki, dan bantuan apa yang mungkin Anda perlukan.

Ide yang bagus adalah tinggal di akomodasi di lokasi sentral. Akan lebih mudah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lokal dan tempat-tempat wisata ini akan dekat. Anda bahkan mungkin dapat melakukan perjalanan sehari jauh dari kota. Dengan cara ini Anda menghindari kebutuhan untuk memindahkan semua barang bawaan Anda lagi.

Kiat dan Saran Lainnya

Jika Anda berada di kursi roda dan meminta seseorang untuk mendorong Anda, ambil kursi manual. Ini akan memakan waktu lebih sedikit daripada kursi listrik dan tidak perlu diisi ulang.

Izinkan keluarga atau pengasuh Anda untuk berlibur juga. Biarkan mereka melakukan kegiatan yang mereka pilih. Dengan cara ini mereka akan ingin bepergian dengan Anda lagi dan itu mungkin memberi setiap orang waktu yang diperlukan terpisah.

Bersihkan kursi roda dan servis sebelum Anda pergi. Pastikan telah memeriksa baterai dan semua komponen bergerak berfungsi dengan baik. Teliti juga siapa yang bisa Anda hubungi jika Anda mengalami gangguan besar di jalan.

Jika Anda memiliki kursi roda listrik, bawa adaptor perjalanan cadangan agar Anda tidak ketahuan.

Nah itulah Tips Wisata Bagi Penyandang Cacat atau disabilitas yang hendak melakukan wisata. Pada dasarnya memang untuk melakukan dan mendapatkan wisata yang berkesan harus melalui penelitian dan perencanaan yang matang tentang objek wisata yang akan dikunjungi. Selamat berwisata...!