15 Tips Wisata yang Harus Anda Ketahui Sebelum Bepergian ke Luar Negeri

Tips Wisata yang Harus Anda Ketahui Sebelum Bepergian ke Luar Negeri

Bepergian bisa jadi mengasyikkan atau membuat frustrasi, tergantung pada perjalanan yang di alami. Namun, jika Anda sepenuhnya siap untuk perjalanan, maka semuanya dapat menyenangkan dan meninggalkan pengalaman kesan pada objek wisata yang dikunjungi luar negeri.

Berikut adalah 15 tips wisata yang harus Anda ketahui sebelum bepergian ke luar negeri. Hal ini sangat disarankan kepada Anda untuk membahas dan mempelajari semuanya sebelum merencanakan perjalanan Anda. Perjalanan anda akan terasa tidak nyaman bila mengabaikan beberapa tips perjalanan ini, dan betapa pentingnya perencanaan untuk memastikan perjalanan yang sukses dan menyenangkan.

Related Artikel:
7 Tips Bila Anda Mau Travel Gaya Backpacker

1. Hindari mengenakan apa pun yang mengandung logam saat bepergian melalui portal pemeriksaan keamanan. Hal-hal seperti pakaian, perhiasan, atau aksesori lain yang mengandung logam harus dihindari.

2. Paspor yang valid diakui secara internasional sebagai dokumen perjalanan. Beberapa negara memerlukan visa untuk mengakses. Jika Anda memerlukan visa, persiapkan dua bulan sebelumnya untuk menghindari membayar biaya tinggi untuk situasi darurat.

3. Jika Anda bepergian dengan seorang anak yang memiliki hak asuh, pastikan memiliki paspor untuk anak itu juga. Jika anak itu bukan milik Anda, pastikan membawa dokumen yang ditandatangani dan disahkan dari orang tua.

4. Biasakan diri anda dengan tujuan. Temukan budaya, makanan, hukum, dan sebagian besar hindari bahaya yang diketahui.

5.  Ambil tindakan pencegahan untuk menghindari menjadi target kejahatan. Jika menjadi korban kejahatan, hubungi petugas konsuler untuk menyelesaikan masalah.
Hindari bepergian ke negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara Anda.

6. Biasakan diri Anda dengan kondisi di tempat tujuan yang mungkin memengaruhi kesehatan. Pastikan memeriksa asuransi kesehatan di luar negeri. Jika berencana untuk tinggal lama, dapat mempertimbangkan untuk membeli polis jangka pendek untuk melindungi anda di sana.

7. Konsultasikan dengan dokter sebelum membawa obat atau mengisi resep. Bawalah surat dari dokter jika perlu. Selalu masukkan obat ke dalam tas jinjing yang memudahkan untuk diambil.

8. Untuk orang-orang yang memakai kacamata / lensa kontak, disarankan untuk membawa kacamata tambahan atau membawa lensa kontak yang bisa dibuang bersama anda. Selalu letakkan kacamata atau lensa kontak di tas akses yang dengan mudah diraih.

10. Pastikan memiliki fotokopi paspor, kartu kredit, atau barang impor lainnya saat bepergian. Simpan satu set salinan ini di rumah.

11. Jika anda bepergian dengan hewan peliharaan anda, cari tahu sebelumnya untuk mengetahui apakah Anda diizinkan membawa serta hewan peliharaan anda. Jika anda diizinkan, dapatkan beberapa tips bepergian dengan hewan peliharaan dari dokter hewan.

12. Wisatawan cacat harus mencari tahu standar aksesibilitas di negara-negara tertentu. Saat membuat reservasi, beri tahu agen perjalanan tentang keadaan anda dan dapat meminta kursi roda dibawa ke gerbang pada saat kedatangan anda di Bandara maupun hotel atau tempat penginapan.

13. Bagi orang yang mengadopsi anak di luar negeri, anda perlu mendapatkan visa imigrasi untuk anak itu di negara adopsi.

14. Jangan membawa terlalu banyak uang tunai untuk perjalanan anda, tetapi pastikan anda memiliki cukup uang jika terjadi keadaan darurat. Hindari meletakkan semua uang anda di satu tempat.

15. Cari tahu barang apa yang bisa atau tidak bisa anda bawa pulang setelah kembali ke negara asal anda.

Singkatnya, seseorang harus merencanakan dengan baik untuk berwisata ke luar negeri. Mengetahui tips wisata di atas sebelum bepergian ke luar negeri mungkin telah meringankan kendala-kendala yang akan dihadapi saat berwisata di luar negeri.