6 Cara Memilih Tas Gunung Serta Fitur Kelengkapannya yang Harus Dimiliki

Tas Gunung Consina

Tas gunung atau tas carrier perlengkapan penting dalam kebutuhan mendaki gunung. Dengan tas ini kita bisa menyimpan berbagai barang bawaan karena kapasitasnya yang lebih besar dari tas biasa.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis tas carrier yang bisa kita beli dengan mudah, tapi untuk menjamin kualiatasnya tentu diperlukan ketelitian. Nah, di bawah ini ada beberapa cara dalam membeli dan memilih tas carrier yang baik untuk melakukan kegiatan pendakian.

1. Pilih Merek/Brand yang Sudah Terjamin Kualitasnya

Semakin populernya kegiatan mendaki gunung, kini juga semakin menjamurnya produsen-produsen tas gunung yang mematok harga cukup bersaing.

Tapi, agar kamu tidak menyesal, sangat disarankan untuk membeli tas gunung dari produsen yang sudah terkenal kualitasnya seperti Eiger, Consina, Rei, Deuter dan masih banyak lagi.

Walaupun cukup mahal, namun produk dari brand-brand diatas sudah teruji kualitasnya.

2. Pilih Sesuai Fungsi Utama
Apa tujuanmu membeli tas gunung ? untuk mendaki gunung atau sekedar traveling biasa? Sebelum memutuskan untuk membeli tas carrier, perhitungkan terlebih dahulu tujuan utamamu membeli tas carrier.

Pilih lah sesuai dengan fungsi utama, Karena setiap tas carrier memiliki fungsi masing-masing.

3. Kapasitas Tas Gunung

Selain fungsi, kapasitas tas gunung juga menjadi salah satu faktor yang harus kamu perhatikan.

Kapasitas tas gunung ini akan menyesuaikan seberapa lama pendakian yang kamu lakukan, jika cukup lama tentu kamu harus memiliki tas gunung berkapasitas besar bukan?

4. Berat Badan dan Tinggi

Jika kamu memiliki berat badan dibawah rata-rata atau kurus, lebih disarankan untuk menggunakan tas gunung berkapasitas medium.

Walaupun hal ini tidak menjadi faktor utama, namun juga harus kamu perhatikan karena tidak semua orang memiliki kekuatan yang sama.

Dan jika kamu memiliki tinggi badan dibawah rata-rata, pilihlah tas yang tidak terlalu tinggi juga.

5. Pilih Tas Carrier yang Ringan Tapi Kuat

Tidak semua tas gunung yang kuat memiliki berat yang ringan, jadi sebelum membeli tas gunung, cobalah angkat tas tersebut, apakah beratnya cukup ringan atau sudah berat walaupun tidak ada isinya.

Sebab, jika tas gunung tersebut cukup berat, maka akan bertambah berat jika sudah terisi barang. Sebaliknya, tas gunung yang ringan juga tidak selalu kuat, jadi pintar pintarlah dalam memilih.

6. Memiliki Fitur Cukup Lengkap

Nah, inilah salah satu faktor terpenting dalam memilih tas gunung, selain faktor-faktor diatas, pastikan juga tas gunung yang kamu pilih memiliki fitur yang cukup lengkap.


Fitur yang harus ada di miliki tas gunung adalah :


Cover Bag

Tidak semua tas gunung memiliki cover bag bawaan, walaupun kita bisa membelinya secara terpisah, tapi alangkah lebih baik jika kamu membeli tas gunung yang sudah lengkap dengan cover bagnya.

Memiliki Banyak Kantong
Tas gunung yang baik adalah yang memiliki banyak kantong, kantong-kantong ini bisa kita isi dengan botol minum atau makanan ringan yang dapat kita ambil sewaktu-waktu, jadi tidak perlu membuka reslesting utama.

Tali Pengatur Atas

Tas gunung yang sudah terisi penuh, bagian atasnya cenderung menggelantung ke belakang, karena itu pastikan tas gunung pilihanmu memiliki tali pengatur atas yang terletak diantara puncak bantalan bahu atas dan badan ransel.

Tali Bahu atau Bantalan Bahu

Pilihlah bantalan bahu yang empuk tapi tidak kempes jika ditekan, dan juga terdapat tali webbing yang dihubungkan ke bagian atas ransel.

Tali Pinggang

Tali pinggang merupakan salah satu komponen terpenting dalam tas gunung, karena sebagian besar berat tas akan ditopang oleh tali pinggang ini. Karena itu pilihlah tali pinggang yang empuk dan nyaman.

Tali Dada
Tali dada adalah tali yang menghubungkan antara kedua bantalan bahu, tali ini berfungsi menjaga bantalan bahu agar tetap di tempatnya.

Rangka Dalam atau Besi Alumunium

Dalam tas carrier modern, kini sudah terdapat besi alumunium yang menjaga bentuk tas agar tetap tegak supaya tas tetap stabil dengan punggung kita. Pilihlah tas gunung yang memiliki double frame atau dua besi alumunium.

Bantalan Punggung

Pilihlah bantalan punggung yang nyaman ketika bersentuhan dengan punggung kamu, juga pastikan bantalan punggung tersebut dapat menyerap keringat dan empuk.

Nah, itulah tips memilih tas gunung yang baik sebelum anda membeli. Untuk masalah style bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.