Air Terjun Coban Talun, Wisata Alam Indah yang Tersembunyi di Kota Batu Malang

Wisata Batu Malang, Coban Talun
Lokasi : Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336, Indonesia
Koordinat : Klik
Harga Tiket Masuk : 10.000
Buka/Tutup : 07.00 - 17.00 WIB
Wisata terdekat: Museum Angkut + Movie Star Studio, Taman Selecta

Kota Wisata Batu malang di daerah ini terdapat banyak sekali tempat wisata fantastis dan membuat pengunjung berdecak kagum mulai dari wisata kuliner, sejarah, taman hingga wisata alam, nah berikut ini salah satu objek wisata alam favorit adalah Air Terjun Coban Talun. Meskipun masih kalah pamor dengan Coban Rondo, tapi pemandangan alam di tempat wisata ini sangat memukau bagi wisatawan yang telah berkunjung kesini.
Wisata Batu Malang Coban Talun
Air Terjun Coban Talun, Foto: Instagram

Coban Talun berada di Bumi Perkemahan kaki gunung Arjuno - Welirang sebelah barat, kota wisata batu malang. Air terjun Coban Talun ini bisa dibilang masih cukup natural karena memang tak terlalu dikenal layaknya objek wisata air terjun lainnya di Kota Wisata Batu maupun di Malang.

Coban Talun dikelilingi oleh tebing-tebing besar dengan panorama hijau yang sangat asri dan alami, menjadikan pemandangan yang dapat menyegarkan bagi wisatawan. Air Terjun yang diperkirakan 50 meter ketinggian ini memiliki Aliran air cukup deras apabila musim hujan, airnya juga cukup jernih dan segar, tepat di bawah air terjun terbentuk sebuah kolam kecil yang dapat pengunjung gunakan untuk membasuh muka, keunikan lainnya yang wisatawan akan dapatkan yaitu apabila cuaca sedang cerah tak jarang dapat melihat pelangi, seperti di Air Terjun Kabut Pelangi.
Hutan Pinus Coban Talun. Foto : @ramadhanyabd
Namun, sebelum pengunjung dapat menikmati panorama Coban Talun, pengunjung lebih dahulu harus melewari jalur yang cukup sulit untuk dapat sampai di lokasi.

Wisatawan akan berjalan sekitar 30-60 menit dengan melewati jalan setapak yang bila saat musim hujan akan sangat licin. Perjalanan menuju lokasi akan melewati sungai, hutan pinus dan melewati lokasi bumi perkemahan, dalam perjalanan akan di temukan percabangan yang apabila kekanan maka akan menuju ke bagian atas Coban Talun dan jika ke kiri wisatawan menuju bagian bawah air terjun.

Dalam perjalanan yang terasa berat dan penuh tantangan ini,  namun di balik itu sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhkan indahnya pemandangan Bumi Perkemahan Coban Talun, juga akan menikmati segala keasrian dari hutan tropis. Rasa lelah akan terbayar lunas setelah sampai di lokasi air terjun, suara deburan dan segarnya air akan langsung membuatmu bersemangat kembali.

Coban Talun sangat layak dikunjungi bagi anda yang menyukai wisata berbau adventure, dan objek wisata Coban Talun juga tidak seramai wisata air terjun lainnya di Malang, jadi sangat pas untuk bersantai bersama alam.

Di lokasi wisata ternyata wisata Coban Talun sudah didukung dengan fasilitas penunjang yang cukup lengkap, seperti terdapatnya WC, tempat parkir, Mushola dan warung untuk kita beristirahat sambil makan siang.
Wisata Alam Malang
foto : @herdiyanto_tito

Penginapan Coban Talun


Sejauh ini belum terdapat hotel ataupun jenis penginapan lainnya disekitar kawasan wisata Coban Talun, sebagai gantinya kamu bisa berkemah di Bumi Perkemahan Coban Talun, atau kamu dapat mencari penginapan di pusat Kota Batu.

Tips Berlibur Ke Coban Talun


  • Siapkan fisikmu terlebih dahulu, sebab kita akan dipaksa berjalan kaki dengan jalur yang cukup berat untuk sampai di lokasi air terjun.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama motor.
  • Jalan menuju ke Coban Talun tidak terlalu baik karena terdapat beberapa bagian yang rusak.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Coban Talun adalah pagi-siang hari.