Tips Bagi Wisatawan yang Pertama Kali Berkunjung ke Bali

Siapa yang tidak tahu tentang tempat wisata di Bali, dengan berbagai sudut yang di kemas menjadi terasa sangat spesial dan penuh kesan tentunya membuat setiap orang berkeinginan berknjung ke pulau dewata ini.

Pantai Jimbaran Bali
Sunset di Pantai Jimbaran, Bali. Foto : Instagram
Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun ramai berkunjung ke daerah ini. Akhir-akhir ini beberapa perusahaan film dunia juga mengambil bali sebagai salah satu tempat dalam pembuatan film mereka.

Bagi anda yang mempunyai rencana untuk berlibur ke Bali, artikel kali akan membahas tentang tips dan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bali:


Waktu terbaik untuk berlibur di Bali


Bali mempunyai banyak jenis atau tematik yang bisa menjadi pilihan anda. Sehingga untuk berkunjung ke Bali kapanpun anda berencana berlibur bisa anda lakukan. Banyak ragam dan kegiatan yang dapat anda nikmati diantaranya mulai dari pantai, pura, museum, hingga air terjun.

Disarankan bagi anda yang ingin lebih menikmati wisata pantai di Pulau Dewata ini sebaiknya anda berkunjung saat musim kemarau dan saat bukan musim liburan. Jika anda datang saat musim liburan (peak season), tempat wisata di Bali sangat ramai pengunjungnya dari berbagai negara dan lokal. Selain anda tidak dapat menikmati liburan anda, saat itupun harga harga akan naik.


Penginapan


Untuk Penginapan ramai para wisatawan akan menuju ke Bali bagian selatan, karena memang pusat wisata paling banyak di pulau dewata, pengunjung dapat mencari penginapan terdekat di sekitar Kuta dan Legian.

Jalan raya kuta dan jalan raya tuban, wisatawan akan mendapatkan banyak penginapan murahWisawan disini dituntut kejelian dalam memilih tempat penginapan yang cocok, atau anda dapat meminta rekomendasi dari sopir taksi atau jasa transportasi untuk mengantar ke penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan wisata anda.

Namun jika anda mempunyai budget, tidak menyukai keramaian, anda dapat mencari penginapan di sekitar daerah seminyak atau di ubud, seminyak adalah sebuah daerah dimana terdapat banyak sekali private resort, dan ubud sangat cocok bagi kamu yang menyukai suasana alam.



Transportasi


Transportasi merupakan kebutuhan vital saat berwisata, dan menjadi point penting bagi traveller / wisatawan dalam melakukan riset sebelum berkunjung ke tempat wisata. Nah, di Bali terkenal dengan nama bemo, tapi bagi kamu yang baru pertama kali berlibur di pulau bali, anda disarankan untuk menyewa mobil plus dengan sopirnya.

Hal ini untuk memudahkan anda saat berkunjung ke objek wisata agar tidak tersesat, terlebih lagi anda bisa meminta bantuan saran sopir, dimana saja tempat menarik yang harus dikunjungi.

Atau jika kamu ingin merasakan sensasi berbeda, anda dapat menyewa motor, berkeliling Bali menggunakan motor memang sebuah pilihan tepat, karena motor dapat menerobos macet, jadi kita mempunyai waktu lebih untuk berkunjung ke objek wisata, namun tentunya jika kamu sudah tahu jalannya.


Kuliner


Diantara banyak nya tempat kuliner dibali, Pantai Jimbaran adalah Salah satu tempat populer untuk kuliner. Pantai jimbaran terkenal dengan gurihnya kuliner seafood, dan Pemandangan pantai baharinya pun akan membuat wisatawan berdecak kagum. Ramai para wisatawan berkunjung menjelang sore hari, untuk menikmati sunset yang menambah daya tarik lokasi ini.


Bagaimana jika anda menginjak sajen?


Sesajen merupakan hal familiar yang akan anda temukan jika anda berkunjung ke Bali. Sajen yang sering diletakkan di depan pintu masuk, jika kamu dengan tidak sengaja menginjak atau menendang sajen ketika berjalan cukup katakan "maaf". Tapi anda harus terbiasa dengan adat dan kebiasaan masyarakat bali ini dengan menghindarinya karena sajen merupakan sebuah persembahan suci bagi masyarakat di Bali.

Nah itulah beberapa tips berlibur ke bali, Jika kamu punya tips lainnya, silahkan berkomentar di bawah ini!