Visa Australia Haram Untuk Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Visa - Ingin jalan-jalan ke Australia? Hal itu memungkinkan terwujud jikalau kau tidak mempunyai catatan jelek di pengadilan. Namun jikalau kau mempunyai catatan kriminal, utamanya sebagai pelaku kekerasan dalam rumah tangga, jangan harap dapat mendapat visa Australia.

Dalam peraturan terbaru yang diterbitkan pemerintah Australia, calon pemohon visa yang terbukti secara aturan menjadi pelaku kekerasan dalam rumah tangga, tidak akan diizinkan untuk masuk ke Australia. Peraturan ini telah ditandatangani Menteri Imigrasi David Coleman dan berlaku semenjak 28 Februari silam.

“Jika kau pernah divonis atas tindak kekerasan terhadap perempuan atau anak-anak, kau tidak akan diterima. Dimanapun terjadinya agresi kekerasan tersebut, apapun hukuman yang dijatuhkan, Australia tidak memperlihatkan toleransi untuk pelaku kekerasan dalam rumah tangga,” ujar Coleman menyerupai dikutip SBS.

Visa Australia

Aturan ini memperpanjang daftar aturan terkait tindak kejahatan yang dapat menghambat siapapun untuk mendapat visa negeri Kanguru ini. Sebelumnya, pemerintah Australia dapat menolak memperlihatkan visa apabila pemohon gagal dalam ujian aksara atau pernah dipenjara setidaknya sampai 12 bulan.

Warga negara Indonesia membutuhkan visa untuk dapat masuk ke Australia. Untuk kepentingan wisata, Visitor Visa (Subclass 600) Tourist Stream ialah tipe visa yang paling cocok. Visa ini berlaku selama 12 bulan, dan membolehkan kau mengunjungi Australia seberapa banyakpun yang kau mau, asalkan masing-masing kunjunganmu tidak melebihi 3 bulan. Harga visa ini 135 AUD ( 1.4 juta IDR).

Untuk dapat mendapat visa ini, selain tidak mempunyai catatan kriminal, ada sejumlah tips yang dapat kau ikuti, yaitu:
  • Miliki asuransi kesehatan
  • Miliki bukti keuangan yang cukup meyakinkan. Kalau contohnya kau berencana mengeluarkan 100 AUD (1 juta IDR) setiap harinya dan kau akan mengunjungi Australia selama 10 hari, pastikan kau mempunyai 1,000 AUD dalam tabunganmu. Prinsipnya, semakin terang bukti kalau kau tidak akan kehabisan uang di sana, semakin tinggi kemungkinan permohonan visamu diterima.
  • Miliki planning perjalanan yang cukup jelas. Tidak perlu terlalu detail, tetapi kalau kau mempunyai bukti menyerupai tiket pesawat atau bukti pembookingan hotel, lebih baik kau lampirkan dengan dokumen-dokumen lainnya.

Nah, yang ingin jalan-jalan ke Australia, atau ke penjuru dunia sekalipun, perlakukan semua orang dengan hormat dan perilaku terbaik kamu, ya! Setuju?