17 Destinasi Wisata Di Gorontalo Yang Tidak Kalah Menarik Untuk Liburan

Kalau Aceh populer dengan julukan Serambi Mekkah maka Gorontalo dikenal dengan julukan Serambi Madinah. Provinsi Gorontalo dulunya merupakan bab dari provinsi Sulawesi Utara hingga pada tahun 2006 menjadi provinsi tersendiri.

Buat kau para pecinta resort pantai niscaya sudah tidak ajaib lagi dengan Pulo Cinta Eco Resort. Nah, Pulo Cinta ini termasuk dalam wilayah Gorontalo lho. Selain itu, masih banyak pula tempat-tempat wisata di Gorontalo lain yang sanggup kau kunjungi dan tentunya tidak kalah menarik dengan destinasi wisata di provinsi lain.

1. Benteng Otanaha


Benteng Unik Di Atas Bukit Image credit: @adimukti

Benteng yang berada di atas puncak bukit ini menunjukkan panorama Gorontalo 360 derajat. Meski hanya menyisakan dinding dasar, benteng ini masih terkesan kokoh. Untuk mencapai bangunan benteng di atas bukit kau perlu mendaki setidaknya 351 anak tangga dengan kemiringan 60 derajat. Di puncaknya kau sanggup menikmati pemandangan Teluk Tomini serta Danau Limboto yang mempesona.


2. Taman Laut Olele


Pesona Alam Bawah Laut Gorontalo. Credit: @m.r.w16 (kiri), @rickyrky (kanan)

Dari namanya, sudah sanggup ditebak kalau tempat wisata di Gorontalo ini merupakan arena bermainnya pecinta snorkeling dan diving. Taman Laut Olele berada di lokasi Pantai Olele yang berpasir putih dan basah jernih. Banyak sekali spot penyelaman favorit di Taman Laut Olele. Salah satu yang jadi daya tarik yaitu keberadaan coral endemik yang bentuknya ibarat dengan lukisan Salvador Dali sehingga disebut Salvador Dali coral. Penasaran ibarat apa bentuknya? Yuk, liburan ke sini.


3. Pulo Cinta


Resort Ala Maldives Di Gorontalo. Image credit: @monicaevarini (kiri), @luxurybackapcking (kanan)

Tempat yang satu ini memang sedang happening di sosial media. Bagaimana tidak? Tempatnya ibarat sekali dengan resort glamor yang ada di Maldives. Pulo Cinta terletak di Teluk Tomini dan merupakan pulau dengan hamparan pasir putih yang luas. Di sini dibangun sebuah eco-resort yang menunjukkan sensasi menginap di tepian pantai. Sebuah pengalaman yang tentunya harus kau coba setidaknya sekali seumur hidup.

4. Pulau Saronde


Menyepi Di Pulau Pasir Putih. Foto: @edhygusmayanto (kiri), @fajarnasution (kanan)


Serupa tapi tidak sama dengan Pulo Cinta, Pulau Saronde juga mempunyai pantai berpasir putih yang aduhai. Bedanya, di sini kau sanggup menemukan pulau dengan daratan dan sanggup kau jadikan tempat berkemah lho. Seru sekali bukan? Tidak hanya snorkeling tapi kau juga sanggup naik banana boat hingga belanja buah tangan khas Gorontalo.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5. Pantai Botubarani


Berkenalan Dengan Hiu Paus. Image credit: @cungkring

Bukan sekedar pantai biasa, Pantai Botubarani menunjukkan pengalaman mengunjungi pantai yang unik. Di pantai ini kau tidak hanya sekedar sanggup bersantai di bibir pantai tapi juga berkenalan dengan hius paus yang menyambangi tempat perairan Gorontalo. Wisata hiu paus ini tergolong destinasi wisata di Gorontalo yang masih baru. Sampai bulan Juni 2018, tercatat ada delapan hiu paus yang hidup sejauh 30 meter dari garis Pantai Botubarani. Kapan lagi sanggup melihat hiu paus dari jarak dekat?


6. Pemandian Air Panas Lombongo


Relaksasi Badan Dan Jiwa Di Pemandian Air Panas Lombongo. Image credit: @ryanfjr

Berlokasi sekitar 17 km dari Kota Gorontalo, kau sanggup merilekskan badanmu di pemandian air panas Lombongo. Sebenarnya, di sini terdapat dua kolam alami dengan air panas dan air dingin. Kolam air panasnya dipercaya sanggup menyembuhkan banyak sekali macam penyakit. Jika tidak ingin berendam, kau sanggup berjalan-jalan di sekitar area pemandian yang sejuk dan asri. Pemandiannya dikelilingi pemandangan dengan suasana pedesaan yang sangat indah juga bakal bikin kau betah berlama-lama di sini.


7. Indahnya Teluk Tomini Dari Bukit Cinta


Cantiknya Teluk Tomini Dari Bukit Cinta. Image credit: @indiraratna

Melihat Teluk Tomini dari ketinggian? Kenapa tidak? Bukit Cinta yaitu salah satu tempat wisata di Gorontalo yang jadi favorit para anak muda. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Botubarani. Di sini terdapat kemudahan gardu pandang dengan latar belakang Teluk Tomini yang cantik. Selain Teluk Tomini kau juga sanggup melihat pemandangan Kota Gorontalo lho. Menyenangkan sekali bukan?


8. Masjid Kubah Emas Walimah


Masjid Kubah Emas Walimah. Image credit: @sitihardiyanti_bola (kiri), @moh_tio (kanan)

Masjid yang terletak di bukit ini merupakan salah satu tempat wisata di Gorontalo yang bertema religi. Selain itu, kau juga sanggup berfoto di area kolam masjid dengan latar belakang pemandangan alam Gorontalo yang mempesona. Lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, menciptakan masjid ini hening dan jauh dari keramaian. Jika ingin berkunjung kemari, pastikan untuk tetap menjaga ketenangan ya.


9. Bukit Layang


Berkemah Sambil Menikmati Kota Gorontalo Dari Ketinggian, Bukit Layang. Image credit: @nasruljh


Berbeda dengan Bukit Cinta yang menyajikan pemandangan Teluk Tomini, Bukit Layang khusus menghadirkan suasana dan pemandangan kota Gorontalo dari ketinggian yang tidak kalah cantiknya. Ketinggiannya sekitar 700 meter di atas permukaan laut, jauh lebih tinggi dari Bukit Cinta. Untuk menuju ke puncak bukit kau perlu sedikit trekking ringan. Kamu pun juga sanggup berkemah di atas bukit untuk berburu indahnya pemandangan matahari terbit di Kota Gorontalo.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

10. Desa Terapung Suku Bajo, Desa Torosiaje

Desa Terapung Suku Bajo, Desa Torosiaje
Image credit: @suryadi.sulthan

Meski lokasinya cukup jauh dari sentra Kota Gorontalo, sekitar 7 jam perjalanan darat. Namun desa tradisional Torosiaje ini sayang untuk dilewatkan begitu saja. Desa ini mempunyai keistimewaan berada terapung di atas pantai. Rumah-rumahnya dibentuk dengan sederhana dari material kayu. Desa ini banyak didominasi oleh suku Bajo yang masih mempertahankan nilai-nilai kearifan suku Bajo khususnya saat melaut.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

11. Sejuknya Pesantren Alam Desa Adat Bubohu


Sejuknya Pesantren Alam Desa Adat Bubohu. Image credit: @opan._ (kiri), @christienre (kanan)

Nah, kalau desa yang satu ini lebih dikenal sebagai desa wisata religius. Karena di desa ini ternyata dijadikan tempat para santri berguru ilmu agama Islam. Namun alasannya yaitu terdapat bentuk pondokan yang unik serta suasana pedesaan yang menenangkan, desa ini kerap dikunjungi para wisatawan sekedar untuk menjernihkan pikiran. Di desa inilah terdapat lokasi Masjid Kubah Emas Walimah yang terkenal.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

12. Pantai Biluhu


Menyusuri Pantai dengan Tebing Megah, Pantai Biluhu. Image credit: @lecka_smenkqiuw

Perjalanan ke pantai berbukit ini cukup menantang. Kurang lebih satu jam perjalanan dari sentra Kota Gorontalo, kau harus melewati jalanan dengan tanjakan yang berkelok. Namun, perjalanan itu akan terbayar lunas sesampainya di Pantai Biluhu. Pantai ini cukup hening dengan pemandangan tebing setinggi 100 meter yang menjulang megah di bibir pantai. Selain itu kau juga sanggup menikmati alam bawah maritim Pantai Biluhu yang masih terjaga. Dijamin tidak akan rugi melancong kemari.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

13. Danau Limboto


Berburu Senja Nan Syahdu Di Danau Limboto. Image credit: @apin_suleman

Danau Limboto yaitu salah satu danau terbesar di Sulawesi sekaligus tempat wisata di Gorontalo yang sudah usang terkenal. Danau ini merupakan muara dari lima sungai yang ada di Gorontalo. Di sini kau sanggup mengamati kehidupan para nelayan tradisional sekaligus menikmati hasil tangkapannya. Banyak warung yang tersedia di sekitar Danau Limboto menunjukkan sajian kuliner khas Gorontalo yang unik dan tidak ada duanya. Jangan lupa tiba pada waktu senja untuk menikmati suasana syahdu Danau Limboto ya!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

14. Pulau Diyonumo


Bukit Savana Bak Permadani Di Pulau Diyonumo. Image credit: @yusni_mustafa

Seperti pulau yang tidak berpenghuni pada umumnya, susukan menuju ke pulau Diyonumo ini memakan cukup banyak waktu. Kurang lebih total 3.5 jam waktu yang diharapkan untuk menuju pulau ini dari sentra Kota Gorontalo. Di sini kau sanggup memancing, berkemah dan hidup ala survivor. Sekilas memang pulau ini nampak ibarat pulau terpencil pada umumnya, pantai pasir putih, air jernih, dan hutan. Namun cobalah menaiki bukit kecil di pulau ini maka kau akan menemukan hamparan padang rumput dan pemandangan yang luar biasa mempesona.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

15. Air Terjun Taludaa


Megahnya Pancuran Air Terjun Taludaa. Image credit: @mailbiga

Air terjun dengan ketinggian 42 meter dan lebar kurang lebih 15 meter ini merupakan salah satu riam terbesar di Gorontalo. Di sekitar area riam terdapat tempat agrowisata dimana kau sanggup menemukan aneka pohon buah tropis ibarat nangka, durian, dan langsat. Untuk menuju ke lokasi riam kau perlu berjalan sejauh 2 kilometer dari area pintu masuk tempat agrowisata. Namun perjalananmu tidak akan terasa lelah alasannya yaitu pemandangan sepanjang jalan yang menakjubkan.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

16. Air Terjun Didingga


Air Terjun Didingga
Menikmati Sejuknya Percikan Air Terjun Didingga. Image credit: @marina_soraya_lubis

Nah, riam yang satu ini sangat unik alasannya yaitu airnya melewati dinding batuan berwarna hitam legam yang eksotis. Air jernih putih yang turun tampak kontras dengan dinding kerikil berwarna hitam. Meski harus berjalan sejauh tiga kilometer untuk menuju lokasi air terjun, namun dijamin kau tidak akan menyesal tiba kemari.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

17. Air Terjun Yang Menenangkan, Air Terjun Ayuhulalo


Air Terjun Yang Menenangkan, Air Terjun Ayuhulalo. Image credit: @bayuhanafi._

Satu lagi riam di Gorontalo yang harus kau kunjungi, namanya Air Terjun Ayuhulalo. Meski tidak semegah Air Terjun Taludaa dan Didingga, namun Air Terjun Ayuhulalo ini tetap menarik untuk dikunjungi. Apalagi panorama alam sekitarnya yang masih asri akan menciptakan pikiran dan jiwamu seolah segar kembali.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Sudah kebayang kan gimana serunya liburan ke Gorontalo? Yuk, tunggu apalagi, segera rencanakan liburanmu berikutnya ke Bumi Maleo, Gorontalo.