6 Kedai Dan Warung Kopi Legendaris Indonesia Yang Wajib Disinggahi Pecinta Kopi

Indonesia Sebagai salah satu negara dengan penghasil kopi terbanyak di dunia, Indonesia mempunyai jenis kopi khas nusantara yang beragam. Mulai dari Sabang hingga Merauke, kopi-kopi di Indonesia juga mempunyai kualitas yang tidak perlu diragukan lagi akan kenikmatannya.

Bagi pecinta kopi, berlibur menjelajahi Indonesia rasanya akan terasa kurang lengkap bila belum singgah ke kedai atau warung kopi legendarisnya. Selain alasannya cita rasa dan aroma kopinya yang sangat khas serta tidak pernah berubah dari masa ke masa, nuansa kedai atau warung kopi tersebut biasanya sukses membawa pengunjungnya bernostalgia menyerupai sedang melintasi lorong waktu ke jaman dahulu.

Mau tahu dimana saja kedai dan warung kopi legendaris yang akan memperkaya rujukan kulinermu?


Solong Ulee Kareng Coffee, Aceh


Solong Uleee Kareng Coffee
Solong Uleee Kareng Coffee. Foto: Instagram
Usianya tak muda lagi, menciptakan warung kopi berjulukan Solong Uleee Kareng Coffee ini menjadi salah satu yang paling populer. Uniknya nama “Solong” sendiri merupakan nama panggilan dari sang pemilik warung ini, Muhammad Solong atau Abu Solong. Hingga kini, warung kopi ini masih terus eksis dan bertahan di bawah naungan penerusnya yaitu Cak Nawi.
Image credit: @areeeeend
Secangkir kopi penuh kenikmatan mungkin kata-kata yang tepat untuk menggambarkan cita rasa kopi di Solong Ulee Kareng Coffee. Jenis kopi yang dipakai ialah kopi robusta yang dicampur dengan bahan-bahan unik menyerupai gula, mentega, dan biji jagung. Racikannya yang sempurna, menciptakan kekayaan cita rasanya sanggup dirasakan mulai dari seruputan pertama.
Image credit: @sandiuno
Alamat: Jalan T. Iskandar Muda No.13-14,Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Aceh

Jam buka: Setiap hari, 06.00 AM – 11.00 PM

Harga: Mulai dari 7,000 IDR



Kedai Massa Kok Tong, Pematang Siantar


Bagi pecinta kopi kental, pekat, dan pahit maka sangat disarankan untuk mengunjungi kedai kopi berjulukan Kedai Massa Kok Tong. Didirikan semenjak tahun 1925, kedai kopi ini berdiri berkat seorang perantau asal negeri Tiongkok berjulukan Lim Tee Kee. Dari dulu hingga kini, kedai kopi ini masih berdiri di tempat yang sama di Jalan Cipto No 115, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.
Kualitas kopi di Kedai Massa Kok Tong
Image credit: @massakoktong.adammalik

Kualitas kopi di Kedai Massa Kok Tong sudah terkenal di kalangan para pecinta kopi. Bahkan untuk menciptakan cita rasa yang khas, sang pendiri sendirilah yang menentukan biji kopi terbaik hingga meraciknya. Berkat kesuksesannya, kini kedai kopi ini berhasil mempunyai pabrik pengolahan kopi sendiri dan membuka cabangnya di daerah lain.

Image credit: @massakoktong.adammalik
Alamat: Jl. Cipto No.115, Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

Jam buka: Setiap hari, 06.30 AM – 11.30 AM

Harga: Mulai dari 8,000 IDR



Warung Kopi Ake, Belitung


Berkat film Laskar Pelangi, nama Belitung semakin dikenal oleh banyak orang. Tidak heran kan bila kini Belitung menjadi salah satu daerah favorit wisatawan untuk berlibur. Namun siapa sangka dibalik kekindahan serta keeksotisan alamnya, daerah ini mempunyai sebuah kedai kopi yang sangat legendaris berjulukan Warung Kopi Ake.


Warung Kopi Ake, Belitung
Image credit: @sohib_nature
Warung Kopi Ake telah berjualan kopi semenjak tahun 1922 dan menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan dalam hal kuliner. Keaslian cita rasa kopi ini tak pernah berubah dari dulu hingga kini alasannya masih memakai peralatan yang sama dalam proses menciptakan kopi berupa gentong air, katel, alat penyulingan air, dan teko air. Jika berkunjung ke warung ini disarankan untuk merasakan sajian andalannya menyerupai kopi susu dan teh susu yang sangat nikmat.


Image credit: @belitungtour

Alamat: Jl. KV Senang 57, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Jam buka: Setiap hari, 07.00 AM – 00.00 AM

Harga: Mulai dari 6,000 IDR



Kedai Es Kopi Tak Kie, Jakarta



Kedai Es Kopi Tak Kie
Image credit: @indiedo
Di balik hingar bingarnya dan kemajuan kotanya, di Jakarta kau sanggup menemukan sebuah daerah dengan nuansa Tionghoa yang masih eksis berdiri berjulukan Glodok. Di daerah ini pula terdapat salah satu kedai kopi terkenal yang seringkali diliput media sebagai salah satu kedai kopi legendaris berjulukan Kedai Es Kopi Tak Kie yang sangat direkomendasikan bagi pecinta kopi.


Image credit: @sandybudimansyah
Berbagai macam pilihan jenis kopi ditawarkan di Kedai Es Kopi Tak Kie menyerupai kopi robusta dan arabika yang berasal dari Lampung, Sikidang, hingga Toraja. Kopi hitam dan kopi susu merupakan sajian andalan yang dibentuk dengan resep turun temurun semenjak kedia ini dibuka tahun 1927. Tak hanya soal rasa, interior bangunan ini juga masih mempertahankan bangunan usang yang kaya akan dengan nuansa Tionghoa dan nostalgia jaman dahulu.

Image credit: @gagaldiett

Alamat: Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, Pinangsia, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 06.30 AM – 00.30 PM

Harga: Mulai dari 3,000 IDR



Warung Kopi Purnama, Bandung



Image credit: @warungkopipurnama
Banyak orang bilang bila kota kembang, Bandung, merupakan kota dengan manusia muda yang penuh dengan kreativitas. Kota ini juga menjadi salah satu kota favorit bagi warga Jakarta yang ingin menghabiskan liburan final pekan. Alasannya tak lain alasannya banyaknya destinasi wisata, taman terbuka, mall, restoran, dan kafe yang sanggup dikunjungi ketika di Bandung.
Image credit: @fnyhydeist
Salah satu hal yang kini makin menjamur ialah coffee shop atau kedai kopi yang makin hari makin banyak pilihannya dan baru. Namun dibalik banyaknya kedai kopi yang kekinian, Warung Kopi Purnama masih banyak diminati oleh para pecinta kopi. Kedai yang sudah berdiri semenjak tahun 1930-an, warung kopi ini memakai biji kopi dari asal sang pemilik yaitu Medan sebagai materi utamanya. Agar makin lengkap, pesanlah roti srikaya yang mempunyai rasa sangat khas dan cocok untuk menemani kopimu.
Image credit: @thufeilnotdrawing
Alamat: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam buka: 06.30 AM – 10.00 PM

Harga: Mulai dari 10,000 IDR



Warung Kopi Phoenam, Makassar


Dari Sulawesi, kau sanggup menemukan sebuah warung kopi legendaris yang sudah ada semenjak tahun 1946 berjulukan Warung Kopi Phoenam. Warung kopi yang didirikan oleh Liong Thay Hiong ini pertama kali dibuka di Makassar dan kini telah mencapai kesuksesannya dengan membuka cabangnya di Jakarta dan Surabaya.
Image credit: @myfunfoodiary
Kopi khas Toraja yang dikenal akan kenikmatannya dipilih sebagai biji kopi yang dipakai sebagai materi utama. Selain hal itu, diam-diam kenikmatan dari secangkir kopi buatan warung ini ada pada air seduhannya. Berbeda dengan warung atau kedai kopi lainnya, di tempat ini air seduhan kopi sudah disiapkan semenjak dini hari yang menciptakan rasa lebih nikmat.
Image credit: @aviv_insight
Alamat: Jl. Jampea No.5E, Pattunuang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam buka: Setiap hari 08.00 AM – 06.30 PM

Harga: Mulai dari 5,000 IDR


Terdiri dari bermacam-macam budaya, suku, dan daerah, menciptakan hasil olahan alam menyerupai kopi di Indonesia juga beragam. Hal inilah yang menciptakan kekayaan cita rasa khas nusantara kopi Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dengan mengunjungi 6 kedai dan warung kopi legendaris tersebut, kau akan tahu bahwa kualitas kopi negara kita tidak kalah dengan negara lain. Pergilah dan rasakan pribadi kenikmatan dari secangkir kopinya!