Cara Biar Aman Dari Serangan Ular Ketika Di Camping Hutan

Cara Biar Aman Dari Serangan Ular Ketika Di Hutan

Gunung - Bertemu ular ketika melaksanakan perjalanan di hutan atau ketika melaksanakan aktifitas menyerupai camping tentu sesuatu yang sangat tidak diinginkan terjadi kecuali anda sedang berburu ular atau pawang ular.

Hal ini masuk akal mengingat resiko ancaman yang sanggup terjadi kalau terkena sanggup ular. Sebenarnya yang menciptakan orang takut dengan ular selain sanggup nya yakni lantaran keberadaan ular yang sulit untuk dilihat ketika di hutan, tiba-tiba saja sudah di depan atau erat sepatu.

Saat akan menyerang biasanya ular akan menciptakan tubuhnya berbentuk spiral dengan kepala sedikit terangkat ditambah lagi dengan mengeluarkan bunyi desis yang kuat, ular cobra malah akan menciptakan kepala nya hingga posisi vertical sebagai tanda ia akan menyerang.

Walau demikian  ular hanya menyerang kalau merasa terganggu, merasa terpojok atau dalam keadaan terancam. Digigit ular hanya sanggup disembuhkan dengan serum anti racun oleh para medis, jadi sangat mengerikan kalau anda hingga digigit ular apalagi ular dengan sanggup yang mematikan di tengah rimba hutan yang pastinya jauh dari rumah sakit.

Baca Juga:
Tips Apa yang harus dilakukan ketika tersesat digunung

Untuk menghindari gigitan ular ada baiknya anda mengetahui sifat – sifat ular terlebih dahulu yang bekerjasama dengan cara beliau memangsa, antara lain :
  • Ular mempunyai sensor panas di kepalanya untuk mendeteksi mangsa melalui panas tubuh.
  • Ular mencium amis memakai pengecap termasuk amis mangsanya, makanya ular sering  menjulurkan lidahnya keluar, kemudian apa fungsi hidung ular! :D
  • Ular sangat sensitive terhadap gerakan. 
Photo Ig. @rarajavarha7

Di Negara kita ada sekitar 250 – 300 jenis ular tetapi hanya 6 – 8 persen saja yang berbisa, jadi sebetulnya jangan terlalu takut ketika bertemu dengan ular, namun lantaran paradigma yang berkembang di masyarakat seolah – olah hampir semua sanggup ular mengakibatkan kematian, hal ini lah yang menciptakan masyarakat salah bertindak ketika bertemu ular atau melaksanakan penanganan yang tidak sempurna ketika di gigit ular yang justru malah memperparah keadaan korban gigitan ular.

Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Bertemu Ular


Pertama - yang harus anda lakukan ketika berhadapan dengan ular yakni jangan panik apalagi pribadi mengambil langkah seribu. Memang, susah - susah mudah untuk jangan panik ketika berpas-pasan dengan ular.

Tetapi percayalah gerakan ular jauh lebih cepat dari gerakan kaki anda, jangankan untuk langkah yang keseribu berhasil, dilangkah pertama saja kemungkinan besar kaki anda juga sudah berhasil dipatuknya. Dan ular sanggup mencium amis mangsanya lewat kepanikan. Makanya jangan panik berlebihan ketika berpas-pasan dengan ular.

Kedua - jangan melakukan gerakan impulsif ketika bertemu ular, walaupun anda bergerak untuk menjauh bukan untuk melumpuhkannya tetapi ular akan membacanya sebagai ancaman, ini akan menciptakan anda diserang oleh ular. Maka, sebaiknya tetap membisu ketika bertemu ular apalagi anda kebetulan berada di posisi yang tidak menguntungkan menyerupai tidak mempunyai senjata apapun sebagai pertahanan.

Ketiga - perhatikan arah tubuh anda, arah tubuh ketika bertemu dengan ular yang siap menyerang yakni tetap berhadapan dan jangan menyamping, jarak minimal 1,5 meter, lantaran mata ular berada disamping jadi penglihatannya tidak cantik untuk melihat ke depan.

Lalu perhatikan gerakan ular biasanya ia akan menggerakkan tubuh atau kepalanya ke arah samping mangsanya untuk sanggup melihat, kalau sudah demikian imbangi gerakan ular, sambil perlahan bergerakan mundur hingga jaraknya dirasa sudah cukup aman. (sumber. sangfajar.com)

Anda dapat melanjutkan perjalanan, ketika ular sudah pergi atau ambil jalan lain memutar kalau ularnya tetap tinggal di arah tempat anda. Tak perlu mengambil resiko dengan mengusir apalagi membunuhnya kecuali anda lapar lantaran kehabisan logistik.

Cara Agar Tenda Aman Dari Ular Saat Camping


Kalau bertemu ular di jalan dan terjadi lantaran tidak sengaja berpas-pasan atau kebetulan anda yang tidak sengaja lewat dekat sarangnya, maka bertemu ular ketika melakukan camping dapat jadi lantaran tanpa sadar anda yang mengundangnya. Oleh lantaran itu untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal perlu anda perhatikan biar aktifitas camping anda kondusif dari ular, antara lain :

Pertama - Jangan mendirikan tenda di area yang lembab dan semak belukar.

Ular sangat menyukai daerah lembab dan semak. Lokasi dekat tumbuhan bambu, pohon tumbang dan ilalang yang tinggi menjadi daerah favorit bagi ular. Bahkan sering membuat sarang untuk bertelur. Sebaiknya pilih lokasi yang cukup kering lebih bagus lagi yang terkena sinar matahari.

Kedua - Jangan ada sisa masakan di sekitar tenda.

Usahakan lokasi tenda selalu dijaga kebersihannya. Sisa masakan dapat mengundang tikus, cacing dan sejenisnya untuk datang, binatang – binatang ini dapat mengundang datangnya ular ke lokasi tenda camping anda.

Ketiga - Api membuat ular takut untuk mendekat.

Membuat api unggun disekitar tenda selain sanggup menghangatkan tubuh dan memasak, api juga sangat efektif untuk mencegah ular dan bukan hanya ular tetapi juga untuk binatang – binatang lain untuk mendekat.

Keempat - Daripada menghalau ular melalui fisiknya lebih baik memanfaatkan indra penciumannya.

Ular sangat tidak menyukai amis menyengat yang tak biasa berada di alam liar, seperti amis parfum, kapur barus dan obat pembasmi serangga lantaran sanggup sangat menggangu indra penciumannya sehingga sangat dihindari oleh ular. Upaya dengan meletakkan kapur barus di sudut – sudut tenda sanggup mencegah ular untuk datang.

Penggunaan garam tidak efektif untuk mencegah ular, garam hanya efektif untuk binatang dengan kulit berlendir menyerupai pacet, lintah, cacing, siput dan sejenisnya, sedangkan kulit ular tidak berlendir tetapi kering dan bersisik.

Demikianlah beberapa tindakan yang dapat anda lakukan ketika bertemu ular ketika melaksanakan perlajanan di alam bebas dan cara biar tenda aman dari gangguan ular ketika camping, semoga bermanfaat.