-->

5 Faktor dalam Menentukan Jenis Sepatu Yang Paling Cocok Untuk Mendaki Gunung

Daftar Isi [Tampil]
Gambar sepatu gunung

GunungSepatu Gunung merupakan perlengkapan mendaki yang juga sangat penting dan utama. Kesalahan dalam menentukan jenis sepatu dapat membuat anda sangat tidak nyaman mendaki gunung, bahkan dapat mebuat kaki terluka.

Sepatu gunung mempunyai desain lebih kokoh dari pada sepatu sport atau sepatu untuk kebutuhan casual atau fashion. Saat ini banyak sekali merek sepatu gunung dan masing-masing memiliki kelebihan oleh karena itu anha harus cermat dalam menentukan sepatu yang paling sesuai untuk kebutuhan mendaki gunung. Penentuan pilihan dapat dilihat dari desain, warna dan 
bahan yang kuat agar saat mendaki gunung terkendala dengan kerusakan.

Sebelumnya anda harus mengenali dulu bagian dari sepatu, jenis dan fungsi bagian masing – masing sehingga dapat menambah referensi dalam memilih sepatu.

Jenis, Fungsi dan Bagian dari Sepatu Naik Gunung

1. Outsole

Bersentuhan dengan permukaan tanah, fungsinya yaitu menunjukkan traksi antara kaki dan permukaan tanah,batu dll.

2. Insole

Bagian yang berkenaan langsung dengan telapak kaki. Insole yang nyaman akan menciptakan kaki juga makin terasa nyaman untuk memijak.

3. Midsole

Bagian ini terletak antara Outsole dan Insole. Berfungsi sebagai peredam antara kaki dengan permukaan bidang yang akan dilalui.

4. Padding engkel

Bagian yang persis mengenai engkel kaki, berkhasiat untuk melindungi engkel kaki.

5. Lidah Sepatu

Bagian ini berkhasiat untuk melindungi kaki kepingan atas.

6. Upper

Bagian yang melindungi permukaan kaki termasuk kepingan engkel kaki. Khusus untuk sepatu yang waterproof, kepingan ini yaitu yang menciptakan sepatu gunung menjadi anti air.

7. Rubber toe bumper

Bagian terdepan dari sepatu, tepatnya di jari-jari kaki. Fungsinya melindungi dan meredam ujung kaki dari dampak terkena benturan kerikil atau benda keras lain.

8. Backstray

Fungsinya melindungi tendon achiles belakang kaki dan melindungi jahitan sepatu kepingan belakang yang memungkinkan friksi lantaran terkena batuan atau benda keraslainya.

Faktor Penting Dalam Menentukan Sepatu Gunung

Untuk soal kekuatan, sepatu gunung rata-rata di disain memang harus kuat, mengingat beratnya medan yang akan dilalui, apalagi sepatu dengan merk yang sudah cukup terkenal. Pertimbangan utama dalam menentukan sepatu gunung sebetulnya yaitu soal kenyamanan. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan dalam menentukan sepatu.

1. Memiliki Sol Medium

Outsole atau sol sepatu, untuk ukuran medan pendakian di Indonesia sol dengan tingkat kekerasan medium yang paling disarankan. Soft sol sangat manis dipakai di permukaan yang keras ibarat bebatuan dan hard sol baik dipakai di tanah becek.

Tetapi untuk ukuran jalur pendakian di gunung – gunung Indonesia dengan kombinasi jalur bebatuan keras, tanah lembek hingga berlumut medium sol pilihan yang terbaik. Untuk bahan terbaik yaitu dari karet atau sintetis dengan permukaan sol bergerigi atau tidak gampang terpeleset.

2. Sepatu Berleher Tinggi


Ada 3 jenis leher sepatu yaitu berleher pendek, sedang dan berleher tinggi. Untuk jenis pendakian yang cukup terjal apalagi dalam waktu yang lama pilihan terbaik yaitu sepatu berleher tinggi lantaran akan melindungi mata kaki dan kaki secara keseluruhan dari cedera.

Sepatu leher pendek tidak melindungi mata kaki tetapi masih nyaman dipakai untuk olahraga outdoor atau pendakian – pendakian ringan yang tidak begitu terjal. Sedangkan sepatu dengan leher sedang tidak melindungi mata kaki secara keseluruhan, sudah layak dipakai tetapi masih dapat menimbulkan kaki cedera pada jalur yang cukup terjal.

3. Waterproof

Kaki yang berair lantaran rembesan dari sepatu tentu menciptakan kaki bahkan kondisi tubuh jadi tidak nyaman apalagi anda harus berjalan seharian dalam kondisi tersebut dan kondisi ini dapat membuat resiko cedera semakin besar.

Menjaga kaki tetap kering sangat penting salah satunya dapat mencegah hipotermia dikala mendaki di cuaca sedang sangat dingin. Oleh lantaran itu sebaiknya pilih sepatu yang sudah waterproof.

4. Lebihkan Satu Nomor dalam memilih Ukuran

Sebaiknya lebihkan satu nomor dari ukuran sepatu yang biasa anda pakai, contohnya ukuran sepatu anda 40 maka untuk sepatu gunung sebaiknya 41, hal ini berfungsi untuk tetap membuat ujung jari kaki dan tumit tetap nyaman dikala melalui medan tanjakan atau turunan yang terus menerus. Dengan melebihkan satu ukuran akan mengurangi resiko ujung jari dengan ujung sepatu yang membuat ujung jari kaki anda sakit.

5. Bobotnya Cukup Ringan

Mungkin diawal-awal anda masih cukup nyaman memakai sepatu yang sebetulnya cukup berat, tetapi akan terasa tidak nyaman bahkan sangat menggangu dikala anda mulai menanjak dengan medan terjal. Oleh lantaran itu pilihlah sepatu yang mempunyai bobot cukup ringan.

Demikianlah 5 hal yang harus diperhatikan dikala menentukan sepatu gunung, singkatnya poin yang perlu anda ingat dikala sedang menentukan sepatu untuk kegiatan mendaki gunung. Kcuali jenis sepatu untuk kebutuhan di medan khusus mungkin akan berbeda pertimbangannya.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Faktor dalam Menentukan Jenis Sepatu Yang Paling Cocok Untuk Mendaki Gunung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel