5 Cara dalam Memilih Lokasi dan Mendirikan Tenda Saat Mendaki Gunung


Tips Gunung - Saat mendaki gunung atau camping di hutan pengetahuan ihwal lokasi yang aman untuk mendirikan tenda sangat penting, hal ini alasannya yakni anda akan tinggal atau bermalam di area tersebut. Kesalahan dalam menentukan lokasi dapat berakibat fatal. Resikonya mulai dari yang sederhana menyerupai kurang nyaman ketika beraktifitas disekitar tenda, tidak dapat tidur, hingga yang dapat mengancam nyawa.

Dibawah ini beberapa panduan yang dapat anda pelajari ihwal cara menentukan lokasi mendirikan tenda yang benar, antara lain:

1. Permukaan Tanah yang Datar
Sabaiknya mendirikan tenda di tanah yang datar supaya lebih nyaman ketika tidur didalam tenda, namun kawasan datar tersebut harus anda pastikan terlebih dahulu bukan di kawasan cekungan yang berpotensi terjadi genangan air ketika hujan turun.

2. Lokasi Tenda Aman Dari Potensi Bahaya Sekeliling

Daerah datar mungkin tidak terlalu sulit ditemukan ketika dihutan apalagi yang anda butuhkan untuk tenda tidak begitu besar. Namun menemukan kawasan datar yang kondusif dan aman untuk mendirikan tenda membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam ihwal potensi ancaman ketika dihutan. Beberapa lokasi yang sebaiknya anda hindari untuk medirikan tenda :
  • Jangan mendirikan tenda terlalu akrab dengan lajur pendakian, tentu saja selain mengganggu pendaki lain juga akan sangat mengganggu kenyamanan anda ketika tidur atau beraktifitas disekitar tenda.
  • Jangan mendirikan tenda di jalur hewan
  • Jangan mendirikan tenda dibawah pohon mati, hal ini untuk menghindari potensi jatuhnya cabang pohon kering jawaban angin atau lain sebaginya.
  • Jangan mendirikan tenda terlalu rapat dengan tebing alasannya yakni bebatuan dari atas tebing dapat saja jatuh sewaktu-waktu. Jangan juga mendirikan tenda di atas tebing alasannya yakni angin kencang dapat menciptakan tenda roboh dengan mudah.
  • Jangan mendirikan tenda terlalu akrab dengan sungai, hal ini untuk menghindari aneka macam potensi ancaman yang sewaktu-waktu dapat saja terjadi menyerupai banjir atau luapan air yang dapat tiba tiba-tiba selain itu binatang juga akan turun ke sungai untuk minum.
  • Jika harus mendirikan tenda di tempat yang lembab dan bersemak, bersihkan dahulu area tersebut alasannya yakni tempat menyerupai itu biasa menjadi tempat favorit binatang beracun menyerupai limpan, kalajengking, ular dan sejenisnya. Perhatikan juga area bebas dari sarang serangga menyerupai sarang semut dan lebah alasannya yakni dapat sangat menggangu anda.
  • Memilih lokasi sebelah watu besar atau pepohonan hidup yang tidak terlalu tinggi sangat baik untuk santunan tenda dari angin dari pada di area yang sangat terbuka.

Photo by IG @tyafani
3. Perhatikan Arah Pintu Tenda
Posisikan pintu tenda searah dengan arah angin jangan berlawanan, dengan demikian anda akan lebih terlindungi ketika beraktifitas di depan tenda menyerupai menciptakan api atau memasak, lagipula tempat yang sangat berangin udara dapat menjadi lebih dingin.

4. Buat Saluran Air Disekeliling Tenda

Buat parit – parit kecil di sekeliling tenda untuk menampung air dari flysheet atau terusan untuk mengarahkan air supaya tidak ke tenda. Bila diharapkan tabur garam besar sekeliling tenda untuk menghindari binatang menyerupai lintah, pacat dan cacing tetapi tidak termasuk ular.

5. Jaga Kebersihan Tenda

Jaga kebersihan tenda terutama dari makanan yang anda bawa atau dari sekitar lokasi tenda, sebaiknya jangan sisakan makanan yang anda buat. Tanam atau buang ke sungai sisa makanan menyerupai tulang ikan dan sejenisnya alasannya yakni busuk busuk dapat mendatangkan binatang menyerupai babi atau tikus dan binatang tersebut dapat mengundang binatang pemangsa lain menyerupai harimau untuk datang.

Demikianlah beberapa cara menentukan lokasi untuk mendirikan tenda dengan aman, semoga bermanfaat.