Cara Menentukan Senter yang Cocok Untuk Para Petualang Mendaki Gunung

Senter Naik Gunung

Salah satu sumber cahaya mudah yang kita punya ketika berada di alam bebas yaitu senter. Senter sangat bermanfaat selain untuk penerangan, senter juga dipakai untuk signaling dalam kondisi darurat.

Oleh sebab itu masuk akal saja bila senter juga termasuk dalam salah satu perlengkapan dalam survival kit. Saat ini banyak sekali jenis senter yang ada dipasaran dengan banyak sekali merek dan keunggulan. Mulai dari senter emergency, medis, penyelam juga untuk para petualang mempunyai senter yang sesuai dengan kegiatan mereka.

Baca: Cara Berpakaian yang Sempurna Dikala Mendaki Gunung

Untuk para petualang ada beberapa tips dalam menentukan senter yang paling sesuai kebutuhan, diantaranya yaitu :

Gambar Head lamp Naik Gunung


Menentukan Jenis Senter


Ada dua jenis senter yaitu senter yang dipegang pakai tangan atau yang digantung dikepala (headlhamp). Kedua jenis senter tersebut mempunyai keunggulan masing – masing tergantung kegunaannya. Untuk anda yang tidak ingin ribet ketika menjelajah dapat menentukan headlhamp alasannya lebih leluasa untuk bergerak. Namun untuk ketika ini senter yang normalnya dipegang juga sudah dapat di gantung di helm atau ujung senjata dengan menambahkan dudukan diperalatan tersebut.

Pilih Berdasarkan Jenis Baterai 


Baterai senter ada yang jenis sekali pakai ada yang dapat di charge ulang, pilihlah yang paling sesuai kebutuhan, namun untuk kebutuhan camping dalam waktu yang usang disarankan menentukan baterai sekali pakai, alasannya anda tinggal menyiapkan beberapa baterai cadangan untuk memakai senter dalam waktu yang lama. Namun ada sebagian pendaki yang menentukan senter menurut merek, hal ini juga tak ada yang salah, toh ada harga ada kualitas, selama sesuai dengan kebutuhan.

Multifungsi


Beberapa jenis senter telah menyediakan fitur – fitur suplemen ibarat pengaturan intensitas cahaya, hingga dapat memberi sinyal SOS. Selain itu pertimbangan merek juga sangat besar lengan berkuasa terhadap kualias, namun merek terbaik biasanya berbanding lurus dengan harga yang akan dikeluarkan.

Melihat kegunaan yang sangat penting dalam pendakian gunung, senter merupakan salah satu peralatan gunung yang harus dibawa pada setiap aktifitas naik gunung. Beberapa tips diatas semoga akan menjadi pertimbangan bagi pendaki.