Lokasi Panjat Tebing Di Banda Aceh Dan Aceh Besar


Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh besar yakni dua wilayah dari Propinsi Aceh yang terletak sempurna di ujung Pulau Sumatera dan Banda Aceh merupakan ibukota dari Propinsi Aceh. Kota Islam tertua di Asia Tenggara ini berbatasan pribadi dengan Selat Malaka dan Samudera Hindia.

Kabupaten Aceh Besar sebelah barat yang berbatasan pribadi dengan Samudera Hindia banyak terdapat tebing – tebing curam di sepanjang pesisirnya, disini terdapat daerah karst yang sudah cukup terkenal yaitu di desa Naga Umbang, Lhoknga.

Bagi seorang pemanjat tebing daerah karst merupakan salah satu tempat yang paling dicari sebab sudah niscaya banyak terdapat tebing yang umumnya sangat layak untuk dipanjat. Selama berdomisili di Banda Aceh penulis sering memanjat di beberapa lokasi di daerah ini.

Dari beberapa tempat yang menjadi favorit para pemanjat, penulis akan membahas 3 (tiga) lokasi panjat yang paling terkenal di Banda Aceh dan Aceh Besar yang tentunya juga sanggup menjadi acuan bagi pembaca yang kebetulan berada di daerah ini dan ingin memanjat disini.

Lokasi Panjat Tebing Mata Ie


Lokasi pertama yang paling terkenal di Banda Aceh ada di daerah Mata Ie - Aceh Besar, hampir 90 persen pemanjat daerah ini niscaya pernah menjajal tebing disini. Letaknya sekitar 200 meter dari tempat rekreasi bak pemandian mata ie, kalau dari sentra kota hanya membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk ke lokasi

Jikalau memakai sepeda motor anda sanggup pribadi memarkir kendaraan sempurna di bawah tebing.

Lokasi Tebing Mata Ie

Jalur Untuk Panjat Tebing


Selain lokasi yang gampang dijangkau yang menciptakan tebing ini cukup terkenal yakni sebab tingkat kesulitannya (grade) yang tidak begitu berat juga tinggi jalur yang tidak begitu signifikan hanya sekitar 8 hingga 10 meter saja dan mempunyai satu jalur panjat. Walaupun tebing ini sangat cocok untuk pemanjat pemula tapi banyak juga pemanjat yang harus mencobanya berkali-kali sebelum risikonya berhasil menuntaskan jalur. 

Jalur Panjat di Tebing Mata Ie
Hampir setiap ahad lokasi ini dikunjungi oleh pemanjat dari FPTI Banda Aceh ataupun dari FPTI Aceh Besar untuk latihan dan berguru panjat tebing alam. Jalur panjat ditebing ini sanggup dipanjat dengan system top rope, lead ataupun trad climbing. Maka tidak heran banyak pemanjat – pemanjat hebat yang lahir dan mahir dari tebing ini.

Jalur Untuk Bouldering


Bersebelahan dengan lokasi panjat tebing diatas terdapat sebuah kerikil besar yang juga cukup terkenal sebagai tempat bouldering di daerah ini. Sebuah kerikil yang cukup besar bahkan di salah satu sisinya mempunyai ketinggian mencapai 4 meter sanggup di kategorikan Highball Bouldering. Permukaan kerikil yang bervariasi membentuk jalur panjat yang terbilang lengkap di kerikil ini, mulai dari blank, over hang, roof, dan slab ada di kerikil ini.

Menjajal Jalur Boulder di Mata Ie
Penulis sangat menyukai tempat ini dan paling sering kemari baik bersama sahabat ataupun sendiri, bahkan pernah menghabiskan waktu satu hari penuh hanya untuk menuntaskan satu jalur boulder saja disini. Dengan sedikit kreatifitas hampir setiap sisi kerikil ini sanggup dijadikan jalur panjat (baca; problem) untuk bouldering.


Koordinat Lokasi Tebing Mata Ie Di Google Map




Lokasi Tebing Lampuuk


Lokasi tebing lampuuk masuk dalam salah satu daerah wisata pantai andalan di Kabupaten Aceh Besar. Lokasi wisata ini mempunyai garis pantai sekitar 5 kilometer, dengan pasir putih dan air berwarna biru kehijauan, oleh sebab itu daerah yang satu ini hampir selalu ramai dikunjungi terutama di hari-hari libur. Berjarak lebih kurang 20 kilometer dari sentra kota Banda Aceh. Lokasi tebing dikawasan ini terletak dibagian paling ujung pantainya.

(Lokasi Tebing Lampuuk)

Tinggi tebing di lokasi ini sekitar 30 meter dengan panjang tebing lebih dari 100 meter. Terdapat beberapa jalur panjat disini dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Dilokasi ini juga terdapat jalur panjat yang dibentuk oleh Komunitas Panjat Tebing Merah Putih pimpinan kang Tedi Ixdiana yang merupakan cuilan dari 1000 jalur panjat tebing untuk Indonesia.
(Menjajal Tebing Lampuuk)
Banyak para pemanjat terutama dari komunitas pecinta alam yang sering melaksanakan olahraga panjat tebing atau bouldering di daerah ini. Untuk menyiasati ramainya pengunjung yang tiba penulis sendiri lebih sering kesini bersama teman-teman justru di hari-hari kerja sebab relatif sepi jadi tidak terganggu oleh pengunjung yang ingin berwisata. Selain memanjat untuk kepuasan pribadi anda juga akan menerima bonus berupa suasana pantai yang sangat indah dikawasan ini.

KOORDINAT LOKASI TEBING LAMPUUK DI GOOGLE MAP


Lokasi Panjat Tebing Pucok Krueng


Lokasi ini berada di dikawasan Lhoknga Aceh Besar, Berjarak lebih kurang 4 kilometer dari jalan utama Lhoknga di belakang Pabrik Semen Andalas. Pucok Krueng yakni sebuah hulu sungai yang bermuara ke pantai lhoknga, jadi area ini yakni titik pertama munculnya sumber air sungai di daerah tersebut.

Di beberapa titik lokasi daerah ini banyak terdapat tebing – tebing tinggi khas daerah karst yang layak panjat namun hanya beberapa lokasi saja yang telah mempunyai jalur dikarenakan jalan masuk menuju ke lokasi beberapa titik tebing masih sangat sulit.

Lokasi Tebing Pucok Krueng
Jalan menuju ke lokasi tebing sanggup dilewati oleh sepeda motor untuk kendaraan beroda empat hanya sanggup dilewati oleh satu jalur kendaraan saja jadi masih harus sangat berhati - hati, namun karena track menuju ke lokasi masih berbatu menciptakan perjalanan terasa panjang apalagi di ekspresi dominan penghujan tetapi sebagai gantinya anda akan disuguhkan pemandangan yang tidak mengecewakan memanjakan mata disepanjang jalan anda akan melihat lahan perkebunan warga, persawahan dan pemikiran sungai yang masih alami. Pada hari libur lokasi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan tidak jarang juga wisatawan abnormal kerap terlihat berkunjung untuk menikmati keindahan alam disini.

Lokasi tebing pucok krueng sangat cocok untuk aktifitas swimming, camping, kayaking, caving dan rock climbing. Mengingat hampir semua lokasi dikawasan ini terdiri dari tebing terjal, goa dan pemikiran sungai. Selain jalur lead dan bouldering disini juga terdapat tebing untuk multi picth dan bagi yang ingin mencicipi sensasi terjun pribadi ke air sesudah memanjat juga ada jalur untuk deep water solo (dws). Penulis sendiri sering kesini bukan hanya untuk memanjat tetapi terkadang hanya untuk menikmati keindahan alam dikawasan ini. Selalu ada hal gres yang sanggup di explorasi disini. Bagi komunitas panjat tebing ataupun pencinta alam lokasi ini sering dijadikan tempat latihan pemantapan keahlian teknik panjat tebing.

KOORDINAT LOKASI TEBING PUCOK KRUEN DI GOOGLE MAP