Manfaat Mendaki Gunung Bukan Dari Segi Kesehatan



Membahas manfaat mendaki gunung dari segi kesehatan tentu sudah sangat dipahami oleh sebagian besar orang bahkan bagi mereka yang tak suka mendaki sekalipun. Bagaimana tidak ketika tracking dengan aneka macam variasi medan di gunung dengan udara yang masih sangat segar tentu hal ini akan memberi banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.


Oleh lantaran itu saat ini akan di bahas manfaat mendaki gunung dari sisi yang lain selain dari segi kesehatan. Langsung saja dibawah ini ada dua manfaat utama yang bisa anda peroleh dari mendaki gunung antara lain :

Melatih Mental Dan Kemandirian


Tak ada yang mewaspadai mental seorang pendaki gunung, ini bisa anda lihat sendiri bagaimana mental sobat atau senior anda yang sering mendaki. Bukan tanpa alasan seorang pendaki gunung punya mental yang besar lengan berkuasa salah satunya lantaran mendaki gunung yaitu acara yang menciptakan orang keluar dari zona nyamannya. Sangat sulit untuk untuk menyesuaikan diri dengan liarnya alam dan mendaki yaitu salah salah satu caranya.

Mendaki gunung akan menciptakan mental anda lebih besar lengan berkuasa lantaran mau tak mau anda akan dipaksa untuk melawan semua ketakutan yang menciptakan anda tidak nyaman selama pendakian dan di tingkat yang lebih tinggi justru gunung menjadi tempat mereka menemukan ketenangan dan kenyamanan.

Namun untuk di level ini, gunung punya caranya sendiri untuk menyeleksi mana pendaki yang menganggap gunung sebagai teman dan mana yang hanya sekedar untuk bersenang-senang.

Saat mendaki gunung anda dipaksa untuk mengurus diri anda sendiri bahkan untuk BAB pun anda harus memilih lokasi dan mencari tempat sendiri, apalagi untuk hal-hal mendasar yang lainnya.

Oleh lantaran itu mendaki membuat anda lebih berdikari dan memang dalam kenyataannya di kehidupan sehari-hari pendaki yaitu salah satu orang yang paling bisa menikmati hidup dan jarang mengeluh dengan kerasnya hidup.

Foto Ig. @candydyna

Cinta Alam Cinta Negeri


Disadari atau tidak dengan mendaki gunung akan menciptakan anda lebih mengerti arti cinta alam dan cinta negeri, bagaimana tidak dengan eksklusif berada di alam bebas dengan segala pesonanya rasa cinta akan alam akan tertanam di hati jadi bukan hanya sebagai suplemen di bibir saja.

Anda akan merasa murung bahkan murka ketika melihat alam dirusak, dan hal ini hanya bisa dimengerti oleh mereka yang sudah mencicipi betul betapa nyaman dan bermaknanya ketika berada di alam bebas. Namun perlu di ingat juga cinta alam bukan berarti anda selalu harus mendaki atau melaksanakan acara di alam setiap ahad atau bulannya. Tidak mendaki pun anda sudah cinta alam minimal tidak ada tunas pohon yang mati terinjak ketika anda melaksanakan pendakian.

Kalau anda sudah mendaki beberapa gunung atau bisa juga pernah berkunjung ke goa atau gerojokan di kawasan anda, niscaya anda akan sangat gembira dengan kawasan anda, lantaran bagaimanapun bisa mencicipi sendiri punya makna lebih dalam daripada hanya mendengar dari orang lain. Oleh lantaran itu dengan anda sering mendaki dengan sendirinya akan menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Demikianlah dua alasan penting mengapa anda harus mendaki gunung dilihat bukan dari segi kesehatan, sangat banyak manfaat lainnya dari mendaki gunung. Namum perlu di ingat ketika melaksanakan acara di alam bebas apapun jenisnya tidak hanya mendaki gunung pastikan safety mekanisme menjadi prioritas utama. Belajar dari yang lebih senior atau bergabung ke komunitas pendaki gunung yaitu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan mendaki.