Menyaksikan Gerhana Bulan Total Tahun 2018 Dari Kota Lhokseumawe Aceh Utara


Menikmati rabu malam ini tepatnya tanggal 31 Januari 2018 bagi penulis dan beberapa teman lainnya menjadi sangat istimewa alasannya ialah sempurna pada malam ini terjadi salah satu fenomena alam yang dapat dikatakan jarang terjadi yaitu gerhana bulan total, yang membuatnya istimewa ialah kita dapat menikmati 3 fenomena sekaligus yaitu Super Moon, Blue Moon dan Gerhana Bulan Total dan semua fenomena tersebut dapat disaksikan tanpa alat bantu atau dapat pribadi disaksikan dengan mata telanjang.

Dua tahun yang kemudian tepatnya Rabu 9 Maret 2016 penulis juga menyempatkan diri untuk menyaksikan fenomena alam yang juga sangat jarang terjadi yaitu Gerhana Matahari Total yang ketika itu juga melintasi Negara kita dan hanya terjadi 350 tahun sekali ditempat yang sama. Sebuah kepuasan tersendiri dapat menyaksikan sekaligus mendokumentasikan kedua fenomena alam tersebut.

BACA JUGA : MENGAMATI FENOMENA GERHANA MATAHARI DARI BUKIT GOA JEPANG LHOKSEUMAWE


Kembali ke gerhana bulan total malam ini, dari beberapa sumber yang penulis baca, gerhana bulan dengan 3 fenomena sekaligus ini terakhir terjadi 152 tahun silam yaitu tahun 1866, tentu ini menambah uniknya gerhana bulan total malam ini. Super Moon ialah dimana bulan purnama tampak lebih besar dan lebih terperinci dari purnama biasanya tepatnya 14% lebih besar dan 30% lebih terang, Blue Moon ialah purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan kalender dan yang tiga ialah Gerhana Bulan Total.

Menyaksikan gerhana bulan tepatnya dari kota Lhokseumawe Aceh Utara sambil menikmati beberapa gelas kopi bersama teman – teman menciptakan malam ini terasa sangat istimewa, oia gerhana bulan malam ini terjadi dalam beberapa tahap di mulai pada pukul 18.48 wib, mulai awal total pada pukul 19.52 wib, puncak totalnya terjadi pada pukul 20.30 wib, final total pada pukul 21.08 wib dan gerhana berakhir pada pukul 22.11 wib.