Perlengkapan Mendaki Gunung Yang Paling Prioritas

Perlengkapan Mendaki Gunung

Saat mendaki gunung ada beberapa peralatan yang harus dibawa, semua peralatan tersebut tentunya dipakai biar anda siap menghadapi setiap kemungkinan yang terjadi sehingga pendakian dapat berjalan sesuai sasaran yang direncanakan. Gunung bukan daerah rekreasi tanpa persiapan yang matang gunung dapat membunuhmu, oleh alasannya itu persiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Mempersiapkan perlengkapan dikala mendaki gunung juga mengajarkan anda untuk komitmet terhadap keputusan yang anda buat.

Misalnya dikala masih dibawah sobat – sobat anda akan mendaki memakai sepatu gunung sementara anda cukup percaya diri hanya memakai sandal gunung. Oke kalau perjalanan kondusif lancar tanpa kendala, tetapi kalau terjadi hal-hal yang tidak dinginkan dengan kaki anda tentu ini sangat disayangkan dan yang paling apes yaitu teman-teman lain yang ikut terhambat dan harus mendengar semua keluhan anda cuma gara-gara keputusan anda menyepelekan memakai sepatu dikala masih dibawah.

Oleh alasannya itu jangan mengangap remeh perlengkapan dikala mendaki tetapi jangan pula berlebihan dalam membawa peralatan, utamakan peralatan yang memang benar-benar akan dipakai saja. Peralatan mendaki itu terbagi dua yaitu peralatan perorangan menyerupai pakayan, sleeping bag dll dan peralatan kelompok menyerupai tenda, peralatan masak dll. Berikut ini beberapa peralatan langsung paling preoritas berdasarkan penulis yang harus bawa dikala mendaki :


Perlengkapan prioritas Mendaki Gunung

Jaket atau Baju Hangat


Sangat terasa deritanya ketika diserang cuaca cuek di gunung baik dalam diperjalanan atau dikala beraktifitas di camp site. Jaket berdasarkan penulis menjadi preoritas paling utama. Sebaiknya gunakan jaket water proof atau tahan air, jaket water proof berbeda dengan jas hujan. Jaket berfungsi untuk menjaga suhu badan sehingga sangat mempunyai kegunaan untuk menimimalisir kemungkinan terjangkit hipotermia.

Sepatu


Setelah jaket penggunaan sepatu menjadi preoritas selanjutnya, sepatu tidak hanya mempunyai kegunaan sebagai pelindung tapak kaki dari medan terjal dikala mendaki, sepatu juga berfungsi untuk mengamankan kaki dari gigitan binatang kecil berbisa dalam perjalanan. Penggunaan sepatu yang sempurna sangat kuat pada lancarnya perjalanan. Medan tanjakan dan turunan terang sangat menyiksa kaki, oleh alasannya itu untuk mendaki sebaiknya jangan gunakan sepatu yang tidak nyaman dalam waktu yang usang alasannya medan yang berat dapat melukai kaki anda.

Sleeping Bag


Preoritas selanjutnya yaitu Sleeping bag atau kantung tidur yang perlu di bawa dikala mendaki. Pilih sleeping bag sesuai ukuran anda jangan terlalu besar ataupun sebaliknya. Saat tidur badan lebih simpel diserang suhu cuek alasannya badan tidak beraktifitas menyerupai biasa dan sleeping bag sangat efektif untuk menangkal hal tersebut. Sleeping bag juga kerap dipakai untuk mengatasi hipotermia pada pendaki.

Bagi penulis langsung hanya dengan 3 jenis perlengkapan diatas sudah cukup percaya diri dikala diajak mendaki dengan catatan; peralatan kelompok, logistic, atau peralatan lainnya sudah ditanggung beres oleh anggota yang lain. Namun demikian bergotong-royong ada 2 jenis peralatan lagi yang wajib dibawa walaupun sangat dihindari penggunaannya yaitu :

First Aid Kit


Bisa berupa kotak kecil atau tas kecil yang berisi obat-obatan langsung dan obat – obatan darurat untuk cedera umum yang mungkin terjadi dikala digunung. Obat – obatan langsung yaitu obat- obatan untuk penyakit yang sudah anda derita yang sewaktu-waktu dapat saja kambuh menyerupai contohnya anda menderita asam lambung atau asma maka obat – obatan untuk penyakit tersebut wajib dibawa. Kedua yaitu obat – obatan darurat (P3K) juga sangat penting menyerupai obat luka berdarah, antibiotic dan lain sebagainya.

Survival Kit


Dari pada first aid kit, penggunaan survival kit yaitu yang paling tidak diinginkan oleh para pendaki hal ini alasannya jikalau sudah dipakai berarti anda sudah tersesat atau kalaupun tidak anda niscaya sudah dalam keadaan darurat. Seperti yang sudah diterangkan diatas, walau dihindari penggunaannya tetapi kedua perlengkapan tersebut wajib dibawa dikala mendaki alasannya anda tak akan pernah tau situasi terburuk apa yang dapat saja menimpa anda dikala digunung.  

Sebenarnya kalau mau di urut ada berbagai peralatan mendaki contohnya untuk perlengkapan langsung mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki belum lagi logistic dan juga peralatan kelompok. Namun di artikel ini hanya membahas beberapa peralatan paling prioritas versi penulis saja. Untuk perlengkapan secara umum yang harus dibawa dikala mendaki akan dibahas di artikel yang lain.