Manfaat dan Dampak Negatif Minum Kopi bagi Kesehatan

Manfaat dan Dampak Negatif Minum Kopi bagi Kesehatan

Bagi sebagian orang minum kopi sudah menjadi gaya hidup yang tak sanggup dilepas dari kebiasaan sehari-hari, masuk akal saja alasannya ialah kopi berbagai manfaatnya, dan penikmat kopi sudah niscaya mencicipi manfaat dari mengkonsumsi kopi setiap hari.

Apalagi kualitas kopi Indonesia yang memang sangat nikmat dan sudah mendunia. Namun selain manfaat kopi kalau di konsumsi secara berlebihan juga tidak baik, berikut beberapa manfaat dan ancaman kopi yang harus anda ketahui.


Manfaat Kopi


Kopi Mengandung Banyak Nutrisi

Dalam segelas kopi mengandung :

Riboflavin (Vitamin B2) : 11% of the RDA.
Pantothenic Acid (Vitamin B5) : 6% of the RDA.
Manganese and Potassium : 3% of the RDA.
Magnesium and Niacin (B3) : 2% of the RDA.

(RDA ialah abreviasi dari Recommended Dietary Allowance, yaitu estimasi jumlah nutrisi atau kalori per hari yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh).


Segelas kopi setara dengan 1.8 gram serat. Jumlah konsumsi serat yang direkomendasikan ialah 20-38 gram.

Walapun terlihat tidak signifikan, tetapi sebagian orang mengkonsumsi kopi lebih dari segelas perhari tentu ini akan meningkatkan jumlah nutrisi mengkonsumsi kopi.


Kopi Meningkatkan Kinerja Dan Performa

Kafein yang terkandung di dalam kopi sanggup menigkatkan level andrenalin di dalam darah dan andrenalin menciptakan badan siap dipakai secara intens. Kafein menciptakan sel lemak (fat cell) menghancurkan lemak badan kemudian dilepas ke darah sebagai energy.

Oleh alasannya ialah itu kafein sanggup meningkatkan performa fisik rata-rata 11-12%. Minum kopi sebelum latihan sanggup meningkatkan endurance (daya tahan) hal ini juga sanggup membantu anda tampil baik selama latihan bahkan dalam kondisi kurang tidur. Dua gelas kopi sanggup mengurangi rasa sakit sebanyak 48% pada otot sehabis berolahraga.

Kopi Dapat Mengurangi Resiko Beberapa Penyakit Berbahaya

Kopi punya banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya sanggup mencegah penyakit parkinson, menangkal diabetes, kopi hitam yang besar lengan berkuasa juga sanggup membunuh kuman perusak gigi (namun efek ini akan hilang bila ditambah gula atau susu). Mengurangi resiko beberapa jenis kanker, mengurangi resiko terkena encok, dan masih banyak lagi manfaat kopi untuk kesehatan.

Dampak Negatif Minum Kopi

Minum kopi berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini masuk akal namanya juga berlebihan, segala yang berlebihan niscaya berbahaya begitu juga dengan kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi memang bermanfaat tetapi bila berlebihan kafein akan memberi efek yang tidak baik bagi tubuh, alasannya ialah kafein juga sanggup mengakibatkan insomnia, gampang gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

Berlebihan minum kopi sanggup melemahkan daya tahan tubuh, ini alasannya ialah kafein dalam kopi sanggup menyerap vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kopi juga sanggup menciptakan anda cepat kehilangan cairan didalam tubuh, minum juga air putih sehabis kopi akan lebih baik.

Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong

Beberapa dampak negatif minum kopi dalam keadaan perut kosong antara lain :

1. Meningkatkan asam lambung, walau pahit kopi juga mengandung asam, minum kopi dikala perut kosong sanggup mengkatkan kadar asam lambung, asam lambung sanggup merusak lambung bila didiamkan tanpa diisi apapun apalagi ditambah kopi.

2. Mengganggu perembesan nutrisi, minum kopi dikala perut kosong juga menciptakan badan kekurangan magnesium dan kekurangan magnesium sanggup menimbulkan beberapa problem kesehatan lain.

3. Minum kopi dikala perut kosong juga sanggup mengakibatkan dehidrasi, sering buang air kecil mengakibatkan badan kehilangan cairan secara drastis. Dehidrasi menciptakan badan lemas, sakit kepala bahkan pingsan.

4. Selain itu minum kopi dikala perut kosong juga menimbulkan “terbuangnya” hormon korsitol atau hormon stress pribadi pada ajaran darah, risikonya badan haus akan asupan gula, sulit berfikir jernih dan menggangu teladan tidur apalagi sambil memandangi foto mantan.

Minum kopi segelas perhari sudah baik, namun kalau merasa kurang sanggup 2-3 gelas perhari masih baik, jangan berlebihan. Lebih nikmat minum kopi di warung kopi bareng teman-teman, selain mendapatkan manfaat kopi, juga dapat wi-fi gratis, kan tidak mengecewakan apalagi bagi anda yang tergolong fakir kuota.