Tugas Leader, Navigator Dan Sweeper Dalam Mendaki Gunung

Pendakian Gunung

Gunung - Salah satu kunci suksesnya sebuah pendakian yaitu menciptakan perencanaan yang matang, dengan demikian dibutuhkan team yang sudah tau apa yang harus dilakukan, bahkan untuk kondisi terburuk sekalipun. Dalam satu team pendaki penunjukan seorang untuk posisi leader, navigator dan sweeper sangat penting, berikut ini akan dijelaskan kiprah dan fungsi dari masing-masing posisi tersebut.


Definisi Leader dalam Pendakian Gunung


Leader yaitu orang yang bertanggung jawab pada suksesnya sebuah pendakian, pengambil keputusan, pemimpin dalam suatu kelompok pendakian, dan orang yang memastikan sebuah pendakiann berjalan dengan sukses. Suksesnya sebuah pendakian ukurannya bukan saja puncak tetapi yang lebih penting yaitu dapat membawa seluruh anggota team turun dengan selamat. Sebenarnya di setiap pendakian sudah niscaya ada leadernya walaupun sebelumnya tidak ditunjuk secara langsung, tetapi dalam perjalanannya niscaya ada satu orang yang sadar ataupun tidak sudah berperan dalam posisi tersebut.


Baca Juga:
Tips Bagi yang pertama kali mendaki gunung


Adapun kiprah seorang leader yaitu :


  1. Memberikan informasi wacana gunung yang akan didaki serta semua planning dan scenario yang akan dilakukan hingga suksesnya pendakian. Ia memberitahu apa boleh dan dilarang dilakukan ketika mendaki.
  2. Leader juga mempersiapkan peralatan dan melaksanakan investigasi terhadap barang yang akan dibawa, leader harus memberitahu peralatan apa saja yang harus dibawa jauh-jauh hari sebelum mendaki semoga persiapan peralatan benar-benar matang dan sesuai rencana.
  3. Leader juga harus dapat memastikan seluruh anggotanya dapat selamat hingga kembali kerumah masing-masing.

Tugas Navigator dalam Pendakian Gunung


Tugas utama dari navigator yaitu memastikan seluruh anggota team berjalan dijalur pendakian yang semestinya. Makara navigator yaitu penunjuk arah semoga team tidak tersesat. Navigator akan selalu berkoordinasi dengan leader sebagai pengambil keputusan, biasanya berjalan paling depan, navigator juga bertugas menyidik rute pendakian, Ia juga jadi penentu irama pendakian dapat cepat ataupun lambat. Oleh alasannya itu navigator selain dari team anggun juga dari kalangan masyarakat sekitar gunung yang sudah hapal mati dengan medan yang akan dilewati.



Tugas Sweeper dalam Pendakian Gunung


Kalau leader dan navigator biasa didepan atau bersama rombongan sebagai pembuka jalur maka sweeper yaitu penutupnya. Sweeper yaitu orang yang berjalan paling belakang dalam pendakian, tugasnya memastikan tidak ada barang atau pendaki yang tertinggal.


Walau terlihat santai dan menyenangkan tetapi posisi ini bahu-membahu menuntut fisik yang kuat, bukan itu saja seorang sweeper terkadang harus merangkap sebagai medis yang selalu sigap membantu, mengobati atau menjaga anggotanya di perjalanan.

Sedangkan untuk anggota lainnya yang hanya mengikuti pendakian disebut Follower, posisi follower dapat dimana saja tetapi harus didepan sweeper.


Nah itulah Tugas Leader, Navigator Dan Sweeper dalam sebuah tim pendakian, sehingga suatu pendakian akan mencapai tujuan yang diharapkan bersama.