Syarat dan Ketentuan Pengajuan Visa Belajar

Apa itu Visa Belajar, Seperti Apa Syarat dan Ketentuan PengajuannyaSiapa yang tidak ingin sekolah di luar negeri? Hampir bisa dipastikan setiap orang punya keinginan kuliah di luar negeri guna dapatkan pendidikan yang lebih baik. Dan tentunya merasakan  pengalaman hidup yang beragam di negeri orang.

Bagaimana Pengajuan Visa Belajar

Mungkin kamu adalah salah satu diantara mereka yang ingin belajar di luar negeri. Belajar di universtas negara asing bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai biaya sendiri, beasiswa hingga sponsorship. Semua ada jalannya masing-masing, tinggal pilih dan lakukan seoptimal mungkin.

Selain mempersiapkan diri untuk belajar di luar negeri dengan kepintaran otak,  hal lain yang perlu kamu siapkan adalah syarat dokumen untuk bisa ikut dan diperbolehkan belajar. Salah satu yang penting dan tidak boleh diabaikan adalah Visa Belajar.

Definisi Visa Belajar


Lalu, apa itu visa belajar? Visa jenis ini secara umum tidak lah berbeda dengan visa lainnya. Yang mana memberikan izin bagi warga asing untuk tinggal di suatu negara tertentu yang bukan merupakan negaranya sendiri. Tanpa mengantongi visa tersebut, tentu kamu akan dianggap sebagai pelajar ilegal di luar negeri sana.

Seperti namanya yang sudah jelas tertera, Visa Belajar ditujukan khusus pagi para pelajar. Dimana selain dari pada yang ditentukan, yaitu belajar,  kamu tidak boleh melakukan aktifitas lain seperti bekerja, melakukan bisnis atau berperilaku sebagai seorang diplomat.

Walau pada negara tertentu ada aturan bagi pelajar untuk bekerja, tapi ini harus berupa aktiftas sampingan, bukan yang utama. Dimana kamu tidak boleh bekerja lebih dari jam yang ditentukan. Presentasi jam kerja dan belajar ditentukan berbeda oleh aturan tiap negara. Contoh di Belanda hanya boleh bekerja 10 jam per minggu.

Cara Memperoleh Visa Belajar


Banyak orang yang menyangka bahwa cara membuat visa belajar itu  hal yang mudah. Karena kenyataannya saat ini banyak negara-negara di luar sana yang sangat menyambut baik warga negara asing untuk tinggal dan belajar di sekolah atau universitas negara mereka.

Pada prakteknya kemudahan dalam pengajuan pembuatan visa sangatlah relatif, tergantung syarat dan ketentuan  yang berlaku. Dan kamu harus tetap taat dan penuhi semua persyaratannya. Walaupun kamu sudah diterima di universtas sekalipun, bukan jaminan otomatis dapat visa belajarnya.

Namun begitu bagi kamu yang ingin belajar di luar negeri dan takut tidak dapat mendapatkan visa dengan mudah, jangan khawatir karna hal tersebut bisa disiasati dengan baik. Semua ada cara dan aturannya. Seperti berikut ini adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa mendapatkan visa belajar tersebut.
  • Memiliki paspor yang masih berlaku, minimal 6 bulan.
  • Bukti penerimaan belajar di universitas atau sekolah yang dituju.
  • Bukti kesanggupan biaya atau dana yang akan diperuntukan untuk membayar studi di negara tersebut (Jika belajar dengan biaya sendiri)
  • Bukti beasiswa / sponsor kuliah anda
  • Bukti Asuransi Kesehatan (Dibeberapa negara ini wajib)
  • Membayar biaya permohonan visa sesuai ketentuan yang berlaku
  • Mengisi formulir pengajuan visa (Dibeberapa negara formulir dan prosedur pembuatan visa dilakukan secara online)
Jadi kembali ke pertanyaan : Apa itu visa belajar dan bagaimana untuk mendapatkannya? Mendapatkannya tentu harus dengan memenuhi semua persyaratan yang ada. Namun, persyaratan yang telah dijelaskan di atas tentu tidaklah mutlak untuk setiap negara, karena biasanya beda negara akan berbeda juga persyaratannya dalam memberikan visa kepada pelajar asing.

Contoh Syarat Pembuatan Visa Belajar di Negara Belanda


Berikut contoh persyaratan pengajuan visa dan ijin tinggal jika kamu ingin belajar di Belanda dikutip dari situs IND.nl :
  1. Terdaftar dan diterima pada sekolah atau univesitas di Belanda.
  2. Mempunyai paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan.
  3. Mengikuti kuliah full time, bukan part time study.
  4. Mempunyai uang yang cukup untuk jangka waktu satu tahun. Uang harus mencukupi kebutuhan hidup sesuai standar hidup di Belanda.
  5. Bebas dari hukuman kriminal, tidak terlibat dalam terorisme, dan tidak melanggar HAM.
  6. Mempunyai Asuransi Kesehatan di Belanda. Setiap warga negara dan orang yang tinggal di Belanda wajib punya asuransi kesehatan.
  7. Di Belanda kamu harus langsung periksa kesehatan, utamanya penyakit TBC, pada instansi kesehatan di pemerintah kota setempat. Nama Instansinya adalah GGD.

Tips Pembuatan Visa Belajar


Jadi alangkah lebih baiknya untuk mempelajari terlebih dulu prosedur-prosedur permohonan pengajuan visa di negara yang akan dituju agar kamu tidak salah langkah dalam menyiapkan visa untuk belajar di luar negeri. Kamu bisa simak tips-tips membuat visa belajar berikut ini.

1. Telah mengantongi surat keterangan diterima atau terdaftar di sekolah yang akan dituju

Hal ini menjadi penting, karena akan sulit untuk membuat sebuah visa belajar jika belum jelas-jelas diterima sebagai pelajar di sebuah sekolah atau universitas di negara yang akan dituju.

2. Mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan dengan teliti

Banyak sekali dari mereka yang gagal untuk mendapatkan visa belajar karena berkas-berkas dokumen yang kurang lengkap. Untuk mengurangi hal tersebut sudah sepantasnya kamu mempersiapkan berkas-berkas secara teliti agar tidak ada yang ketinggalan dan nantinya menghambat proses pembuatan visa.

Perlu diperhatikan juga bahwa dokumen itu perlu dilegalisir. Dan pada kebanyakan kasus harus diterjemahkan ke bahasa negara tujuan, atau paling tidak bahasa Inggris.

Dengan uraian diatas diharapkan pengajuan pembuatan visa belajar menjadi semakin mudah. Ajukan dengan tenang dan penuh ketelitian tanpa tergesa-gesa dan penuh perhitungan.