6 Pilihan Jenis Makanan Yang Tepat Setelah Olahraga

Jenis Makanan Yang Tepat Setelah Olahraga

Banyak yang beranggapan mengonsumsi makanan usai berolahraga, justru akan menyia-nyiakan hasil kerja keras dari aktivitas membakar kalori dan lemak. Nyatanya tubuh tetap memerlukan asupan makanan bernutrisi untuk mengembalikan energi yang terkuras selama berolahraga. Asal kamu bisa menentukan pilihan makanan setelah olahraga yang tepat, tubuh akan tetap prima dan takkan merusak dietmu.

Maka dari itu, kamu wajib tahu apa saja yang baik untuk disantap setelah berolahraga agar usahamu tak sia-sia. Pilih jenis makanan yang kaya akan protein, vitamin, karbohidrat baik, dan nutrisi yang berguna mengembalikan stamina tubuh.

Beberapa contoh makanan ini bisa menjadi pilihan santapan sesudah berolahraga:



1. Salmon


Salmon adalah salah satu sumber protein yang juga kaya akan asam lemak Omega-3. Protein merupakan salah satu hal penting bagi kesehatan tubuh karena dapat mengatur metabolisme tubuh, membantu proses pembentukan otot, dan membentuk zat antibodi. Kamu bisa menikmati salmon lewat sajian Steak Salmon yang disajikan bersama sayuran atau Pasta Salmon.

2. Ikan Tuna


Sama halnya dengan salmon, tuna merupakan sumber protein yang baik dan mengandung protein yang menjaga jaringan tubuh agar berfungsi dengan baik. Selain itu protein dalam tuna juga membantuk pembentukan hormon, enzim, kolagen, dan menjaga jaringan otot dalam tubuh. Selain itu ikan tuna juga rendah akan lemak.


Sepiring steak tuna dan sayuran. (Foto: Shutterstock)

3. Daging Ayam


Sepiring grilled chicken breast yang disajikan bersama mixed vegetables selain sedap juga dapat mengembalikan kembali energi yang terkuras. Jangan lupa juga memilih cara memasak daging dada ayam agar tak mengandung ekstra kalori dan lemak berlebihan. Pilih masakan daging ayam yang dikukus atau pan-fried.



4. Sayuran Hijau


Kangkung sawi hijau, kale, brokoli, dan bayam adalah beberapa contoh sayuran hijau baik dikonsumsi sebagai makanan setelah berolahraga. Sayuran hijau merupakan sumber kalori kaya gizi dan vitamin yang juga mengandung mineral dan enzim yang mampu membantu menghilangkan lemak.

Baca Juga:
6 Cara Menjalankan Pola Hidup Sehat untuk Turunkan Berat Badan


Sayuran hijau juga bisa disajikan bersama biji-bijian. (Foto: Shutterstock)


5. Buah-buahan


Buah-buahan dengan kandungan karbohidrat juga baik dikonsumsi usai membakar kalori. Misalnya pisang, apel, nanas, dan kismis. Jika ingin lebih bervariasi, kamu bisa memadukan buah-buahan dengan yogurt dan kacang-kacangan.


6. Oatmeal


Untuk mempersiapkan makanan setelah olahraga, kamu bisa juga membuat overnight oat saat malam sebelumnya dengan berbagai macam rasa. Tambahkan berbagai bahan lain seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Selain itu oatmeal juga bisa diolah menjadi sajian gurih – misalnya bubur oatmeal dengan campuran sayuran.